Wisata Snorkeling dan Diving Terbaik di Bali

Keelokan Alam Bawah Laut di Bali

Pulau Bali yang merupakan ikon wisata Negara Indonesia ini memang tidak pernah berhenti menghadirkan daya pikat untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pulau ini terkenal dengan banyak tempat wisata baik itu wisata alam, budaya, maupun seni. Salah satu yang hal istimewa yang menjadi daya tarik Bali bagi wisatawan mancanegara adalah keindahan alam bawah lautnya. Menyelam ke dasar laut untuk melihat aneka ragam spesies flora maupun fauna di dalamnya tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi di Pulau Bali sendiri memiliki banyak spot diving yang tersebar di seluruh pulau Dewata ini. Bagi pemula dan belum pernah diving sebelumnya tak perlu khawatir karena beberapa spot dapat digunakan untuk para pemula yang belum memiliki sertifikat penyelam sekalipun.

Spot Snorkeling dan Diving Terbaik di Bali

Berikut ini beberapa spot-spot untuk wisata snorkeling dan diving terbaik di Bali yang wajib kamu coba untuk  melihat  keelokan alam bawah laut di Pulau Dewata ini:

  1. Pantai Tanjung Benoa

Tak hanya bagi penyelam profesional, tempat ini sangat cocok bagi pemula bahkan yang belum pernah diving sama sekali. Kita bisa merasakan sensasi menyelam sambil berjalan atau dikenal dengan ‘Sea Walker’. Kita hanya cukup menggunakan helm kaca khusus yang telah disiapkan tanpa perlu repot-repot membawa tabung oksigen. Tak perlu khawatir dengan teknik pernafasan karena kita bisa bernafas seperti biasanya selayaknya ketika berada di darat. Tanjung Benoa memiliki kedalaman mencapai 7 meter dan kita akan dimanjakan dengan pemandangan taman laut, koral, terumbu karang, serta berbagai spesies ikan di dalamnya. Kita pun juga bisa snorkeling atau menyelam tipis-tipis di sini.

  1. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben merupakan salah satu spot wisata snorkeling dan diving terbaik di Bali yang menjadi populer sejak kedatangan fotografer Amerika yang membuat dokumentasi alam bawah laut pantai ini. Lokasi penyelaman di Pantai Tulamben ini disebut dengan istilah Bali Reef Divers. Salah satu daya tarik spot penyelaman di Tulamben ini adalah karena keberadaan bangkai kapal Usat Liberty yang sejak tahun 1942 sudah karam di laut ini. Lokasi Pantai Tulamben cukup dekat dengan wilayah Karangasem. Selain untuk menyelam, keindahan alam bawah laut Tulamben juga memikat daya tarik pasangan yang ingin melakukan foto pre wedding session.

  1. Pantai Sanur
Baca juga:  Pesona Malam di Wisata Tugu Talawi Sawahlunto

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal dan memiliki lokasi penyelaman yang diberi nama ‘Sanur Sea Walker.’ Sama halnya dengan Tanjung Benoa, kita juga bisa merasakan menyelam di Bali meskipun belum pernah menyelam dan tidak mempunyai sertifikat selam sebelumnya. Dari segi fasilitas bisa dibilang tidak selengkap yang di selatan Bali, termasuk taman lautnya yang tidak terlalu luas. Hati-hati ketika ombak besar datang pada musim-musim tertentu dapat membuat pandangan kita ke bawah laut agak terganggu. Jadi benar-benar harus diperhatikan waktunya jika tertarik diving di sini.

  1. Spot Diving Nusa Lembongan

Spot Diving Nusa Lembongan disebut-sebut sebagai surganya tempat penyelaman bagi para penyelam profesional maupun pecinta snorkeling. Sayangnya, kita harus memiliki sertifikat khusus jika ingin menyelam di tempat ini. Terdapat beberapa spot yang cukup terkenal seperti Blue Corner, Lembongan Bay, dan Mangroves. Daya tarik yang cukup memikat selain keindahan alam bawah lautnya adalah atraksi berenang bersama ikan Pari Manta dan mola-mola yang jinak serta terumbu karang yang indah.

  1. Spot Nusa Penida dan Ceningan

Siapa yang tak mengakui keindahan alam Nusa Penida dengan eksotisme alam bawah lautnya. Spot di Nusa Penida dan Nusa Ceningan ini merupakan habitat ikan Pari Manta dan Mola-Mola yang jumlahnya sangat banyak. Kita harus memiliki sertifikat penyelam profesional terlebih dahulu baru bisa menyelam di spot ini. Beberapa spot yang wajib kalian coba adalah Manta point, Batu Abah, Crystal Bay, Ceningan wall, Pura Mas Gading, dan masih banyak lagi.

 

Keindahan alam bawah laut memang selalu menghadirkan pemandangan yang mempesona yang akan membuat kita ketagihan untuk mendatanginya lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.