Wisata Pantai Baruna – Paduan Epik Keindahan Pantai dan Ilalang

PANTAI BARUNA, mungkin nama pantai ini cukup asing di telinga anda. Pantai Baruna adalah salah satu pantai baru di Semarang dan memang belum terlalu dikenal masyarakat. Namun begitu, keindahan yang ditawarkan pantai Baruna tidak kalah menkjubkan bila dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Semarang. Pantai ini juga dikenal dengan sebutan Pantai Sangklak dan Pantai Nyamuk.

Lokasi Pantai Baruna berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Emas. Bila anda datang dari arah Pantai Marina maka anda harus berbelok ke kiri setelah menemukan lampu merah. Setelah itu anda hanya perlu berjalan sedikit dan anda akan menemukan sebuah gapura yang mirip dengan bangunan khas Bali, kemudian akan ada petunjuk arah berupa papan yang bertuliskan Pantai Baruna.

Tahukah anda, bahwa Pantai Baruna menyimpan sebuah sejarah menarik. Di sini terdapat monument yang dibangun pasca gugurnya ratusan tentara Jepang dalam pertempuran selama lima hari di Semarang. Monumen Ketenangan ini sengaja dibangun oleh pemerintah Jepang untuk mengenang para tentaranya yang tewas dan dibuang ke Banjir Kanal Barat, dengan harapan mereka yang gugur bisa tenang di keabadian. Monument ini bertuliskan huruf kanji, dan konon katanya monument ini juga dibuat sejajar denagn ibu kota Jepang yaitu Tokyo, ini akan terlihat jika ditarik garis lurus ke arah utara. Hal ini dilakukan dengan maksud agar arwah para tentara ini bisa kembali ke tanah kelahiran mereka, Jepang.

Keunikan Pantai Baruna adalah keberadaan padang ilalang yang luas. Bagi anda yang mencari pantai dengan kelembutan pasir dan air yang jernih, mungkin pantai ini tidak cocok. Tetapi keindahan Mahakarya Tuhan ini di saat sore menjelang, mungkin akan membuat anda terpukau, kilauan air laut serta indahnya padang ilalang yang berpadu dengan sinar matahari senja semakin menambah Pesona Pantai Baruna, sangat cantik sekali.

Bagi anda yang hobi memancing, anda juga bisa menyalurkan hobi anda di pantai ini, sembari menyaksikan aktifitas para nelayan yang mengayuh perahu-perahu kecil mereka. Jika anda beruntung dan cuaca cerah maka anda bisa menyaksikan Keindahan Pantai Baruna dengan airnya yang berwarna hijau toska. Tidak salah kiranya jika pantai ini mejadi salah satu spot favorit bagi para pecinta dunia fotografi.

Jika anda belum pernah datang ke pantai ini, mungkin ada baiknya anda membeca dan mempelajari beberapa rute berikut ini. Ada beberepa rute yang bisa anda lalui jika ingin menikmati indahnya pantai Baruna, yaitu:

  1. Rute dari Bandara Ahmad Yani, anda bisa melewati:
Baca juga:  Wisata Alam Menarik di Thailand

Arah Tenggara lalu ke jalan Bandara Jend. Ahmad Yani, lalu ke jalan Bunderan Kalibanteng lalu ke jalan Pantura,  lalu ke jalan RE. Martadinata lalu belok kiri , setelah itu belok kanan dan Pantai Baruna.

 

  1. Rute dari Stasiun Tawang:

Jalan Tawang lalu ke jalan Ronggowarsito lalu ke jalan Pantura, lalu ke Panggung Lor , dan Pantai Baruna.

 

  1. Rute dari Stasiun Poncol:

Arah timur laut lalu ke jalan Imam Bonjol lalu ke jalan Grobogan, lalu belok kiri setelah hotel Singapore, setelah itu belok kiri ke jalan Layur, lalu belok kanan setelah ke jalan Komodor Laut Yos Sudarso, lalu jalan Pantura kemudian belok kanan, setelah itu belok sedikit ke kanan dan Pantai Baruna.

 

  1. Rute dari terminal bus:

Arah timur lalu ke jalan Kaligawe Raya, setelah itu ke jalan Padi Raya lalu belok kiri setelah Indrogrosir Semarang, setelah itu ke jalan Wolter Monginsidi lalu ke jalan Pantura, setelah itu menuju Panggung Lor dan Pantai Baruna.

Anda yang berasal dari luar kota dan menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa rute yang bisa anda lewati:

  1. Rute dari Yogyakarta:

Jalan Laksda Adi Sucipto – jalan raya Solo – jalan raya Jogjakarta-Solo – jalan Mpu Sedah – jalan Klaten-Ngupit – jalan raya Jatinom-Boyolali – jalan raya Tulung-Ngangkruk – jalan Sonoloyo-Ngangkruk – jalan raya Boyolali-Semarang – jalan Semarang-Surakarta – jalan lingkar selatan Salatiga – jalan tol Ungaran-Bawen – jalan tol Tembalang-Ungaran – jalan tol Tanjungmas-Srondol – Panggung Lor – Pantai Baruna.

  1. Rute dari Magelang:

Jalan Majapahit – jalan Pahlawan – jalan A. Yani – jalan raya Grabag-Magelang – jalan Semarang-Yogyakarta – jalan Kalimas ke Secang –jalan Semarang-Yogyakarta – jalan tol Ungaran-Bawen – jalan tol Tembalang-Ungaran – Panggung Lor – Pantai Baruna.

Itulah rute-rute yang bisa anda tempuh untuk menuju ke Pantai Baruna. keindahan pantai Baruna dengan segala keunikannya bisa anda nikmati hanya dengan membayar Harga Tiket Pantai Baruna sebesar Rp. 3000,- saja. Sangat murah sekali bukan?

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Baruna dengan segala keunikannya. Anda para pecinta sunset, tidak ada salahnya mencoba menikmatinya dari spot yang berbeda, Pantai Baruna. Dijamin akan ada kesan tersendiri yang anda dapatkan saat kembali dari pantai ini. Bagi anda pecinta dunia fotografi, anda mungkin bisa mengeksplor dan menemukan spot foto terbaik disini. Selamat berpetualang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.