Wisata Menarik di Pulau Bintan

Bintan, Permata di Barat Indonesia

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan pulau kecil di bagian barat Negara Indonesia ini. Wisata di Pulau Bintan mungkin masih tergolong baru dan sekarang menjadi saingan bagi pulau Batam yang sebelumnya menjadi penyuplai terbesar jumlah kunjungan wisata asingnya. Pulau ini memiliki keelokan panorama dan keindahan alam yang luar biasa yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke tempat ini. Kita akan menemukan banyak resort wisata mewah dan tempat-tempat wisata alam keren di sini. Pulau yang secara administratif terletak di kepulauan Riau ini memiliki 3 ribu pulau kecil yang tersebar di sekitarnya dan membentang dari Malaka hingga Laut Cina Selatan.

Rekomendasi Wisata Menarik di Pulau Bintan

Berikut ini beberapa tempat wisata Pulau Bintan yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi karena keindahan alamnya yang begitu cantik dan indah dipandang mata:

  1. Lagoi Bay atau Teluk Lagoi

Tempat wisata Lagoi Bay merupakan tempat wisata yang paling populer di Pulau Bintan dan bahkan dijuluki sebagai miniaturnya Singapura karena memiliki pantai berpasir putih yang luas dan banyak dijumpai resort seperti halnya di kawasan Marian Bay. Bahkan segala transaksi di berbagai resort di pulau ini pun menggunakan mata uang dollar lantaran banyaknya pengunjung yang datang di pantai ini. Perkembangan pariwisati di pulau ini sangatlah pesat dan bahkan sama populernya dengan Bali bagi wisatawan mancanegara.

  1. Pantai Trikora

Pantai Trikora ini identik dengan batu-batu granit yang besar dan indah seperti halnya di Belitung sehingga bisa dikatakan Pantai Trikor ini merupakan secuil refleksi Pulau Belitung. Pantai Trikora terletak di pesisir timur Pulau Bintan dan menampilkan pemandangan lengkap dan menakjubkan. Kita pun bisa melakukan kegiatan-kegiatan menarik seperti snorkeling atau menikmati pemandangan dan hembusan angin di bawah pondok-pondok kecil yang disediakan.

  1. Pantai Beralas Pasir
Baca juga:  Pantai Ngebum - Pesona Pesisir Pantai Utara yang Eksotis

Bagi yang hobi snorkeling dan menyelam Pantai Beralas Pasir ini adalah surganya. Pulau yang tak berpenghuni ini terletak di Teluk Bakau, Bintan. Terdapat banyak resort di sekitaran Teluk Bakau dan Trikora. Agar lebih berhemat, jangan lupa untuk ikut paket wisata yang ditawarkan oleh agen trip daripada mengambil paket wisata yang ditawarkan oleh resort-resort yang ada.

  1. Hutan Mangrove

Selain terkenal dengan wisata pantainya yang indah, terdapat pula kawasan hutan mangrove untuk tempat ngadem yang menjadi favorit para wisatawan. Bahkan hutan mengrove yang terdapat di Pulau Bintan ini menjelma menjadi hutan mangrove terbesar serta terlengkap di Asia Tenggara. Kita bisa melihat pemandangan hutan bakau dengan berkeliling menggunakan perahu yang disewakan resort atau agen tur lokal. Berbagai aneka satwa seperti monyet, burung, dan ular bisa kita temukan di sini.

  1. Danau Biru

Danau Biru awalnya merupakan tempat penambangan pasir yang kemudian disulap menjadi tempat wisata. Bahkan hingga kini penambangan pasir pun masih tetap berlangsung. Air yang mengisi cekungan-cekungan hasil proses penambangan tersebut membentuk sebuah danau yang berwarna biru ketika cuaca cerah. Tempat ini sangat menarik dan cocok untuk dijadikan spot foto yang instagrammable.

  1. Air Terjun Gunung Bintan

Selain pantai dan danau, terdapat pula air terjun dengan aliran airnya yang indah serta udara di sekitarnya yang sejuk. Air terjun Gunung Bintan ini berlokasi di Kecamatan Teluk Bintan yang berjarak 53 kilometer dari Tanjungpinang. Untuk masuk ke kawasan wisata ini pun cukup dengan merogoh kocek Rp 10.000,00 per orang. Di sekeliling air terjun terdapat pepohonan yang hijau nan rindan dan menyejukkan mata.

Tempat-tempat wisata Pulau Bintan memang menyajikan pemandangan yang menakjubkan dan akan membuat kita berdecak kagum.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.