Wisata Mangrove Lombok; Cara Terbaik Nikmati Alam Lombok

Seakan tak pernah habis dijamah, Wisata Lombok terus saja menebar pesona keindahan alamnya yang menawan. Apalagi bagi anda para traveller yang suka mencari suasana baru untuk dinikmati. Ditambah dengan semakin canggihnya peralatan memotret mulai dari kamera hp, kamera DSLR, go pro, atau yang lebih keren dengan adanya drone. Tentunya anda akan semakin gatal mencari tempat-tempat eksotis untuk mendokumentasikan keindahannya. Tempat eksotis tersebut banyak anda temukan di Wisata Lombok

Bila anda seorang traveller yang ingin menjamah Pulau Lombok, ada satu eco-tourism yang wajib anda kunjungi. Adalah Wisata Hutan Mangrove yang ada di Gili Sulat, tempat yang pas bagi anda yang mencari keindahan alam yang alami dari Wisata Lombok. Untuk mengenal lebih dekat dengan Hutan Mangrove Gili Sulat, mari kita simak ulasannya.

Lokasi dan Rute

Berlokasi di sebuah pulau kecil bernama Gili Sulat, tepatnya di Desa Sambelia, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju lokasi mangrove, pertama anda harus sampai di Dusun Transad, Desa Labuhan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Dari dusun tersebut anda perlu menyewa kapal untuk melanjutkan perjalanan menuju Hutan Mangrove Gili Sulat yang merupakan salah satu Wisata Lombok. Perjalanan menggunakan kapal motor ini memakan waktu kira-kira 1 jam.

Untuk mencapai Dusun Transad masih terbilang sulit untuk dijangkau. Mengingat masih jarang ditemukan transportasi umum menuju Dusun Transad. Anda disarankan menyewa kendaraan dari rental atau membawa kendaraan pribadi dari Kota Mataram. Jarak tempuhnya sekitar 85 km atau waktu tempuh sekitar 1 setengah jam. Namun tidak perlu khawatir karena perjalanan anda tidak akan membosankan, jalur yang akan anda lewati pun menyuguhkan nuansa alam Lombok yang menawan.

 

                Nuansa Alam

Baca juga:  4 Tempat Wisata di Sibolga yang Aduhai Indahnya

Pulau Gili Sulat terkenal memiliki spesies mangrove terlengkap se Asia Tenggara. Namun Hutan Mangrove di Gili Sulat inibelum banyak diketahui wisatawan domestik maupun asing. Fasilitas dan sarana yang disediakan pun masih terbatas, sehingga pengunjung lebih memilih datang ke Gili Kondo di sebelah timurnya.

Gili Sulat adalah pulau kecil dekat Pulau Lombok yang menjadi tempat favorit berbagai spesies burung. Spesies-spesies burung yang beragam inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Mendengar kicauan burung yang beragam di hutan mangrove membawa sensasi tersendiri yang nyaman.

Tidak hanya di langit, nuansa alam yang indah juga anda dapatkan jika melongok kebawah. Anda akan melihat akar-akar yang menonjol keluar dan eksotis, menarik untuk dipotret. Apalagi ada banyak ikan yang dapat dilihat di perairan tersebut.

Aktivitas dan Biaya

Bagi anda yang ingin menyegarkan diri, atau punya hobi menyelam, Wisata Hutan Mangrove di Gili Sulat ini menyediakan peralatan snorkeling untuk disewa. Peralatan snorkeling ini dapat anda sewa di Labuhan Pandan dengan harga sewa yang terjangkau yakni 25.000 rupiah. Dengan harga sekian anda bisa mendapatkan jaket pelampung, fins, dan masker. Tapi jika anda khawatir karena tidak bisa renang, atau hanya sekedar ingin menikmati pemandangan, maka anda bisa menyewa kano dengan harga sewa 15.000 rupiah per orang.

Dengan menggunakan kano ini, anda dapat lebih leluasa menyusuri hutan mangrove ini. Menyusuri lorong-lorong hutan mangrove membuat anda merasakan sensasi seakan anda sedang menyusuri hutan Amazon. Anda tidak perlu khawatir tersesat, karena semua lorong yang ada d hutan mangrove ini tembus mengarah ke pantai. Anda dapat sekalian mengintip keindahan terummbu karang yang dapat dilihat dari kano, karena airnya yang jernih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.