Wisata Lombok Mandalika: Kawasan Ekonomi Khusus Baru Kebanggaan Indonesia

Wisata Lombok Mandalika

Wisata Lombok Mandalika | Sumber: blogspot.com

Mandalika, yang baru-baru ini dikenal dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan daerah wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat. Kawasan yang memiliki luas 1.034 hektare ini merupakan kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini disebut-sebut merupakan Wisata Lombok saingan berat Bali dalam hal pariwisata. Penasaran dengan kawasan wisata Lombok Mandalika ini? Mari kita simak ulasannya.

Sejarah

Dibalik keindahan alam Wisata Lombok Mandalika, ternyata ada kisah ironis yang melatar belakanginya. Nama Mandalika berasal dari cerita rakyat  dari Suku Sasak yang terkenal di Pulau Lombok. Alkisah diceritakan bahwa ada seorang putri dengan paras cantik yang bernama Mandalika. Putri tersebut harus bersemadi karena dia menjadi rebutan banyak laki-laki yang ingin mempersuntingnya. Namun pada akhirnya Putri Mandalika lebih memiih untuk menjatuhkan dirinya ke laut, dan kemudian hilang terbawa ombak. Hal ini dilakukan karena putri tersebut tak mau ada konflik yang muncul akibat siapapun pilihannya nanti.

Nuansa Alam

Struktur geografis kawasan Wisata Lombok Mandalika terdiri dari beberapa pantai dengan dilatar belakangi bukit yang indah dan subur. Pantai mandalika sendiri merupakan fitur unggulan yang dimiliki KEK Mandalika. Pantai tersebut memiliki air laut yang sangat jernih dengan angin sepoi-sepoi yang memanjakan anda. Di daerah Mandalika ini juga menyediakan resort penginapan yang beroperasi di sekitar pantai. Karena itu lokasi ini sering dipilih untuk pasangan bulan madu, liburan keluarga, dan lan sebagainya. Resort tersebut sangat nyaman dengan pemandangan indah pantai di depan dan bukit hijau dengan ratusan pohon di belakang. Nuansa ini mampu menciptakan suasana damai yang nyaman.

Aktivitas

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika merupakan kawasan pariwisata yang tidak hanya menyajikan satu objek wisata. Tetapi objek wisata unggulan Wisata Lombok ini adalah pantainya yang indah. Gugusan pantai yang berjajar di kawasan Mandalika ini semuanya indah dan unik. Jadi aktivitas terbaik di kawasan Mandalika ini adalah menjelajahi pantainya. Pantai-pantai tersebut antara lain adalah Tanjung Aan, Pantai Seger, Gerupuk, dan Serenting. Seluruh pantai kawasan Mandalika ini aman untuk aktivitas keluarga anda, dan memiliki karakteristik yang mirip antar satu sama lain. Ada pantai yang menyediakan ombak yang besar untuk anda yang punya hobi berselancar. Pantai Ubrug misalnya, menjadi tempat favorit untuk dikunjungi para peselancar.  Bagi yang tidak suka berselancar, ada juga pantai dengan ombak yang cukup tenang dengan pemandangan yang tak kalah indahnya.

Baca juga:  Eksotisme Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Tidak hanya menawarkan keindahan alam, Mandalika juga menawarkan budaya setempat untuk dipelajari. Budaya Mandalika yang terkenal adalah Festival Bau Nyale. Acara lokal yang berbau budaya ini adalah acara yang cukup seru untuk diikuti. Bahkan festival ini memperbolehkan para turis untuk turut meramaikannya. Dan sekedar tambahan info, Festival Banyu Nyale ini dilaksanakan pada bulan Februari.

Harga Tiket

Harga tiket masuk pantai di kawasan mandalika adalah 10.000 rupiah untuk mobil, dan 5.000 rupiah untuk motor. Harga pada tiap pantai cenderung sama karena memang karakteristik yang ditawarkan pantai-pantai tersebut serupa. Dan bagi anda yang ingin menjelajahi Mandalika menggunakan motor, disediakan tempat persewaan motor dengan harga sewa yang cukup terjangkau yakni 50.000 rupiah per hari.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, pertama-tama anda harus menuju kota Mataram. Kota ini dapat dicapai dengan pesawat atau dengan kapal feri bagi anda yang dari Bali. Selanjutanya anda perlu menuju terminal bus Mandalika. Dari sana anda hanya perlu menumpang minibus menuju tempat wisata terdekat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pastikan untuk membawa uang yang cukup jika anda ingin meyewa kamar hotel atau vila. Anda juga dapat memesan terlebih dahulu menggunakan aplikasi tertentu untuk booking hotel atau vila tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.