Wisata Halal Di Afrika Selatan

Muslim di Benua Afrika kini tidak hanya bisa anda temui di Afrika Utara. Meski minoritas, banyak juga umat muslim yang berada di Afrika Selatan. Kabarnya, Islam di Afrika Selatan ternyata disebarkan oleh ulama dari Indonesia, yaitu Makasar. Karena itulah Kehidupan Muslim Di Afrika Selatan kental dengan budaya Indonesia. Beberapa kosa kata dan makanan Indonesia pun akan anda jumpai di Afrika Selatan. Salah satu wisata dengan nuansa Islam yang bisa anda kunjungi adalah Cape Town. Kota ini merupakan salah satu kota dengan komunitas Islam besar, ada sekitar 20 persen warga di kota ini beragama Islam. Di kota ini anda bisa menikmati panorama indah dari ketinggian, dan anda juga bisa melihat beberapa kawanan pinguin.

Untuk Wisata Halal Di Cape Town anda bisa berkunjung ke beberapa tempat bernuansa Islam serta  melakukan aktivitas Islam. Salah satunya adalah berziarah ke Makam Syeikh Yusuf yang berada di Kampung Macassar, tepatnya berada di sebuah bukit yang menghadap di Macassar . Dilihat dari namanya, makam ini memang makam seorang syeikh dari Indonesia, dan makam inilah yang menjadi salah satu bukti kedekatan Indonesia dengan Afrika Selatan.

Hadirnya Islam di Afrika Selatan memang memiliki hubungan yang erat dengan sejarah di Insonesia. Belanda mengirim budak- budak, tahanan politik dan tahanan perang dari Indonesia pada abad ke 17 sampai pertengahan abad ke 19 unruk dipaksa bekerja dan diasingkan supaya tidak mengganggu rencana VOC menguasai Indonesia.

Syeikh Yusuf adalah salah satu yang diasingkan ke Afrika Selatan, tepatnya di sebuah lokasi di luar Cape Town bersama keluarga dan pengikutnya. Ia adalah keponakan raja Goa sekaligus bangsawan dari Makasar. Tempat itupun akhirnya menjadi tempat pertemuan para budak yang diasingkan, hingga akhirnya terbentuklah komunitas muslim pertama di Afrika Selatan. Kini tempat itu dinamakan Macassar.

Baca juga:  Fakta Menarik Pulau Mauritius Afrika

Selain itu masih banyak lagi komunitas – komunitas muslim yang terbentuk di Afrika Selatan oleh orang-orang Indonesia, seperti orang Jawa, Ambon, Sumatra, Tidore dan lainnya. Bukan hanya oleh Indonesia, komunitas muslim di sana kini mulai di bentuk oleh orang India dan ada beberapa migrasi dari muslim Afrika Utara.

Untuk wisata kulinernya sendiri tentu anda tidak akan kesulitan menemukan makanan halal di sana. Kebanyakan restoran di Cape Town menggunakan bahan – bahan halal seperti daging sapi, daging kambing dan domba. Banyak pula makanan Indonesia yang nantinya akan anda jumpai di sana.

Beberapa tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi di Cape Town antara lain adalah Table Montain, sebuah gunung yang tidak seperti gunung-gunung pada umumnya, karena gunung ini memiliki permukaan yang datar, tingginya hanya mencapai 3 meter saja. Di sana anda bisa menikmati pemandangan kota tepatnya dari cable car. Lalu anda juga bisa mencoba kuliner Afrika Selatan di Franschhoek yang tentunya dengan berbagai pilihan menu makanan halal. Ada juga Simon’s Town, di sana anda bisa melihat sekumpulan pinguin dari ketinggian. Kemudian anda juga bisa berbelanja oleh-oleh di Mariners Wharf.

Demikianlah ulasan mengenai Wisata Halal Di Afrika Selatan. Semoga sedikit informasi di atas dapat memberikan wawasan dan berguna bagi anda. Bangga menjadi bagian dari Indonesia dan bangga menjadi bagian dari Islam. Tetap jaga nama baik Indonesia dan jaga nama baik Islam. Selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.