Wisata Alam Dan Rekreasi Keluarga Di Tlogo Putri Kaliurang

Bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional yang berlibur ke Kota Yogyakarta, tentu tak asing lagi dengan Kaliurang. Hawanya yang sejuk dan dingin acapkali menjadi tujuan para wisatawan yang ingin ‘ngadem’ di Yogyakarta. Banyak hotel dan penginapan yang tersedia di daerah ini mengingat banyaknya wisatawan yang semakin ramai dari tahun ke tahun.

Hal ini menjadi motivasi bagi pengelola wisata setempat untuk mengembangkan fasilitas dan akses wisata di daerah ini. Ada beberapa tempat wisata yang bisa menjadi pilihan pengunjung ketika berlibur ke Kaliurang seperti Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Wisma Kaliurang, gardu pandang dan pos pengamatan Merapi, Goa Jepang, dan tak ketinggalan Tlogo Putri.

Tlogo Putri Kaliurang

Sumber: primahapsari.com

Wisata Tlogo Putri Kaliurang

Sumber: dolanjajan.com

Wisata Alam Tlogo Putri Kaliurang

Sumber: dolanjajan.com

Apa yang menarik dari Tlogo Putri Kaliurang? Tlogo Putri Kaliurang terletak di kawasan lereng selatan merapi dan satu komplek dengan Bukit Plawangan dan bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan pribadi arahnya lurus ke utara menyusuri Jalan Kaliurang. Tidak perlu khawatir bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi karena bisa memilih menggunakan angkutan umum trayek Jogja-Kaliurang dan berhenti di terminal Kaliurang. Tak jauh dari terminal kita akan sampai di Tlogo Putri.

Tlogo Putri Kaliurang menjadi wisata yang cocok untuk semua kalangan baik untuk anak-anak, remaja, maupun orang tua karena tempat wisata ini memadukan wisata air dan wisata alam dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Sleman. Terdapat sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air, serta beberapa wahana permainan seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat-jungkit, dan beberapa permainan lainnya dihadirkan di tempat wisata ini.

Tak ketinggalan banyaknya penjual yang menjual makanan khas atau kuliner daerah sekaligus souvenir atau kerajinan tangan khas daerah juga terdapat di kawasan wisata ini. Kita bisa memilih Tlogo Putri Kaliurang baik sekedar untuk duduk bersantai melepas kepenatan dengan melihat keindahan alam serta lalu lalang orang maupun untuk menikmati wahana permainan yang ada. Apalagi jika membawa anak-anak dan keluarga, tentu tempat ini sangat tepat untuk menjadi pilihan dengan fasilitas-fasilitas menarik yang disediakan.

Baca juga:  Daftar Losmen Murah Di Jogja Untuk Para Wisatawan

Jangan kaget jika tiba-tiba ketika sedang berjalan atau duduk-duduk bersantai menikmati makanan tiba-tiba ada seekor atau segerombolan monyet yang merebut makananmu. Tapi tenang saja monyet-monyet tersebut tidak akan mengganggu, mungkin merebut makanan karena mereka lapar saja. Sebelum memasuki loket tiket, kita akan melewati kawasan yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan kuliner.

Setelah membeli tiket, kita bebas akan memilih untuk menikmati fasilitas wisata yang mana. Jalur tracking dibuat senyaman mungkin yang memungkinkan kita berjalan kaki sambil melihat keindahan alam di sepanjang jalur baik di sebelah kanan maupun kiri. Setelah berjalan beberapa waktu kita akan sampai di obyek wisata Kaliadem atau Kalikuning, Watu Kemloso, dan Air Terjun Tlogo Muncar.

Bahkan jika beruntung, kita bisa melihat pertunjukan seni seperti jathilan, campursari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebuah panggung yang berada di Tlogo Putri dan gratis bagi yang ingin melihatnya. Kawasan wisata yang lengkap bukan?

Spot-spot foto di tempat ini pun sangat banyak dan menarik tapi tak membuat kita bosan untuk mengambil foto meskipun banyak. Harga tiket masuknya pun sangat murah sekali. Cukup dengan membayar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Wah, cukup jauh juga ya selisihnya. Tapi semuanya akan terbayar dengan keindahan alam yang ada. Jadi jangan sampai lewatkan untuk mampir ke Tlogo Putri jika berkunjung ke Kaliurang. Apalagi bagi penduduk asli Yogyakarta, jangan sampai ketinggalan untuk meramaikan dan berkunjung ke tempat wisata ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.