Tips Travelling Sendiri Agar Aman

Beberapa orang memilih untuk travelling sendiri atau dikenal dengan solo travelling karena alasan tertentu. Mereka cenderung menyukai tantangan dan tidak mau ribet menyesuaikan dengan banyak orang dalam satu tim perjalanan. Selain itu mereka ingin menguji seberapa besar kemandirian dan kebijaksanaan mereka ketika mengambil keputusan sendiri dalam perjalanan. Banyak hal positif yang didapat ketika melakukan solo travelling seperti mencoba tantangan baru, mengalahkan rasa takut, belajar untuk lebih mandiri, waktu yang lebih fleksibel, lebih bebas ketika mengeksplor suatu tempat, lebih mengenal diri sendiri, banyak bertemu dengan teman baru, dan masih banyak lagi.

Tips Travelling Sendiri

Sumber: traveling.indonesiaflight.id

Namun, solo travelling juga memiliki resiko tersendiri apalagi ketika solo travelling tidak ada teman atau orang yang menemani ketika mengambil keputusan. Belum lagi jika harus berinteraksi dengan orang asing di tempat baru tentu membutuhkan keberanian yang lebih. Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan sendiri tentu bisa memudahkan dan meminimalisir resiko yang mungkin bisa saja terjadi. Berikut ini tips travelling sendiri yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk memudahkan perjalanan ketika sendiri agar lebih aman.

Tips Travelling Sendiri – Sebelum Berangkat

Ada hal-hal yang harus dilakukan dan disiapkan sebelum berangkat ke tempat tujuan agar solo travelling lebih aman, mudah, dan menyenangkan. Persiapan yang ada juga ditujukan untuk menghindari resiko dalam perjalanan.

  • Informasikan kepada keluarga, teman, atau sahabat terdekat mengenai tempat tujuan solo travelling. Meskipun perjalanan yang dilakukan adalah secara pribadi, orang-orang terdekat tetap harus tahu dan keep in touch agar jika butuh bantuan sewaktu-waktu bisa segera menghubungi orang-orang terdekat tersebut.
  • Mengirim foto atau scan identitas dan dokumen penting ke email pribadi dan email salah satu anggota keluarga atau orang terdekat. Dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, SIM dan kartu asuransi sangat diperlukan ketika dalam perjalanan sehingga apabila tas atau ponsel hilang, foto-foto tersebut akan sangat membantu.
  • Lakukan riset berita tentang kota dan negara yang akan dikunjungi. Selain informasi terkait budaya, kebiasaan, tempat wisata, dan penginapan yang ada di tempat tujuan, kita juga harus update informasi terkait daerah tersebut. Hal ini dilakukan agar kita bisa menghindari kunjungan ke daerah-daerah konflik atau daerah dengan cuaca ekstrim.
  • Lakukan riset tentang pakaian yang biasa dikenakan penduduk setempat. Sebaiknya menghindari outfit yang menyolok, terlalu terbuka, atau terlihat mahal untuk menghindari kecurigaan penduduk setempat.
Baca juga:  6 Tips Travelling Bersama Keluarga Agar Terkenang

Tips Travelling Sendiri – Ketika Sampai Tempat Tujuan

Tak kalah pentingnya dengan persiapan sebelum berangkat, ketika sampai di tempat tujuan kita harus bisa lebih berhati-hati dan mawas diri.

  • Hampiri security jika ingin menanyakan informasi terkait rute jalan, transportasi, maupun penginapan terdekat dari stasiun atau terminal atau bandara. Jangan sembarangan bertanya kepada orang asing untuk menghindari penipuan.
  • Berkenalan dengan resepsionis atau pemilik tempat menginap dan berbincang dengan mereka. Sebelum berkeliling dan melakukan perjalanan ke daerah tersebut tentu kita membutuhkan setidaknya seseorang yang bisa dimintai tolong sewaktu-waktu. Dengan berkenalan dengan resepsionis setidaknya kita mendapat satu orang baru yang bisa kita kenal sekaligus untuk menanyakan mengenai informasi rute dan tempat wisata yang akan dituju.

Tips Travelling Sendiri – Sepanjang Perjalanan

  • Lakukan perjalanan dengan yakin ke tempat tujuan kalian. Jangan tunjukkan rasa takut atau ragu serta kebingungan. Setidaknya dengan rasa percaya diri yang ada dalam diri dapat menghindarkan kita dari gangguan orang jahat yang menganggap kita lemah.
  • Jangan memberitahukan kepada orang asing bahwa kalian sedang melakukan solo travelling terlebih lagi kepada orang asing yang mencurigakan. Kita bisa mengatakan jika kita ingin menuju suatu tempat karena ingin bertemu dengan teman atau kerabat.
  • Percaya pada insting ketika bertemu dengan orang asing. Insting ini sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal buruk misalnya ada seseorang yang menghampiri sedangkan kita tidak merasa nyaman maka jauhilah dan jangan hiraukan.
  • Cek peta, rute, dan jadwal transportasi sebelum keluar jalan raya. Kemudahan informasi yang bisa didapat melalui internet tentu sangat membantu sekali. Carilah tempat-tempat yang cukup ramai agar orang-orang tidak melihat kalian sendiri.
  • Kosongkan saku celana belakang terutama, tutup resleting tas dengan rapat dan waspada dengan sekitar ketika naik kendaraan umum. Siapkan uang di beberapa kantong dan juga tas agar jika hal buruk terjadi seperti kecopetan, masih ada simpanan uang yang bisa digunakan. Jangan tunjukkan barang-barang berharga dan simpanlah rapat-rapat.
  • Jangan ragu untuk bertanya dan mengenalkan diri serta sampaikan tujuan yang akan dituju kepada sopir bus, kondektur, atau petugas lainnya yang bisa ditanya agar tidak tersesat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.