Tips Travelling Pemula Untuk Liburan Yang Berkesan

Melakukan suatu perjalanan ke tempat yang baru untuk pertama kalinya tentu menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Apalagi jika tempat tersebut merupakan tempat yang asing dan baru pertama kali dijamah. Belum lagi jika tempat tersebut memberikan kesan yang belum pernah didapat sebelumnya seperti sensasi melihat awan dari puncak gunung, memacu adrenalin dengan rafting atau arung jeram, mengunjungi bangunan-bangunan tua, mencoba kuliner-kuliner khas yang mungkin terasa aneh di lidah karena baru pertama kali, dan masih banyak lagi.

Tips Travelling Pemula

Sumber: informasitravellingindonesia.blogspot.com

Menjadi seorang traveller merupakan sebuah pengalaman berharga yang bisa berdampak positif bagi diri pribadi sekaligus membuat kita mendapat banyak teman baru dari berbagai daerah. Bagi pemula tentu menjadi sebuah tantangan apalagi sebelumnya adalah anak rumahan yang tidak berani pergi jauh kemana-mana. Beberapa tips travelling pemula yang harus diperhatikan agar liburannya lebih berkesan terangkum di bawah ini.

  1. Teguhkan Niat

Sebelum melakukan perjalanan pertama kali yang harus dilakukan bagi seorang traveller pemula adalah niat yang teguh. Karena seringkali niat yang kurang teguh ini menjadi penghalang dan menjadikan rencana yang sudah matang dibuat menjadi sekedar wacana. Banyak faktor terutama karena masih belum yakin dari hati dan disertai rasa takut karena belum pernah bepergian jauh ke tempat yang baru. Serta niat tersebut harus positif jangan sampai pergi jalan-jalan hanya sekedar untuk pamer dan update di sosial media semata demi eksistensi. Namun, yang lebih penting dari sebuah perjalanan adalah bagaimana kita bisa belajar ketika bepergian jauh di tempat yang baru dan bersenang-senang di tempat yang akan dikunjungi.

  1. Mencari Informasi

Informasi merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang traveller terutama bagi pemula sebelum melakukan perjalanan. Tentukan destinasi wisata yang akan dituju terlebih dulu kemudian cari-cari informasi terkait tempat wisata tersebut untuk referensi. Informasi ini nantinya diperlukan untuk kepentingan akomodasi seperti hotel dan penginapan serta transportasi menuju ke tempat tersebut. Satu hal lagi yang lebih penting adalah keuangan dan perencanaan lainnya yang bisa direncanakan dengan mencari informasi terkait biaya tiket masuk serta harga makanan di sekitar tempat wisata. Kebiasaan-kebiasaan yang ada di tempat tujuan wisata juga penting untuk digali informasinya karena terkait dengan kebutuhan yang harus kita bawa ketika berlibur. Misalnya kita ingin berlibur ke Negara Korea yang sedang musim dingin tentu kita juga harus menyesuaikan dengan menyiapkan pakaian yang hangat agar tidak kedinginan. Informasi-informasi ini bisa didapat dengan browsing melalui internet atau menanyakan kepada teman secara langsung.

Baca juga:  Tips Liburan Saat Long Weekend
  1. Menikmati Momen dan Merekam Kenangan

Sebagai seorang traveller pemula tentu tidak ingin bukan jika kenangan jalan-jalan pertamanya terhapus begitu saja? Karena bagaimanapun juga ingatan manusia ada batasnya, maka untuk merekam setiap kenangan dan momen ketika berlibur sangat lebih tepat jika menggunakan kamera untuk merekam video atau mengambil foto. Setidaknya video atau foto ini bisa kita buka sewaktu-waktu ketika sedang kangen dengan liburan pertama kita. Selain itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati momen di suatu tempat dengan jangan buru-buru pergi ke destinasi lainnya.

  1. Terbuka pada Hal Baru

Ketika melakukan suatu perjalanan kita akan berada di tempat yang baru dan tentu saja akan bertemu dengan orang-orang baru. Jangan bersikap jutek atau judes dengan penduduk setempat, tapi beramah-tamahlah dengan mereka. Karena siapa tahu kita bisa dibantu dalam perjalanan atau bahkan bisa menjadi teman akrab. Bahkan ada juga yang bertemu jodohnya karena travelling. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru atau mengeksplor hal-hal baru di tempat wisata tersebut.

  1. Rendahkan Ego

Seringkali kita masih memiliki sifat egois dan apapun kemauan kita harus diikuti. Dengan travelling kita juga bisa belajar merendahkan ego, apalagi bagi traveller pemula dan pergi travelling bersama teman-teman. Jangan sampai kita bersikap semaunya sendiri dan egois dengan yang lain. Bagaimanapun juga kita akan belajar untuk lebih fleksibel dalam berbagai keadaan ketika travelling.

  1. Minimalisir Barang Bawaan

Terkadang karena terlalu antusias seorang traveller pemula seringkali ingin membawa banyak barang karena takut nanti di sana tidak ada, takut gerah dan keringetan jadi harus bawa baju banyak, dan lain sebagainya. Dengan persiapan yang matang serta informasi yang detail kita bisa meminimalisir barang bawaan kita agar tidak terlalu banyak tapi secukupnya disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan agar perjalanan kita tidak terbebani dengan barang bawaan.

Demikian, tips-tips travelling pemula bagi yang ingin mencoba tantangan melakukan suatu perjalanan. Semoga bermanfaat dan perjalananmu mengesankan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.