Tips Travelling Muslimah Agar Aman Dan Nyaman

Meskipun berhijab, bukanlah halangan bagi para muslimah untuk tetap menyalurkan hobi travelling-nya. Terlebih lagi travelling sudah menjadi new lifestyle bagi sebagian besar orang. Selain itu, travelling juga bisa dijadikan sarana untuk menenangkan pikiran dari kepenatan dan rutinitas sehari-hari. Weekend dan hari libur nasional tentu menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu. Bagi muslimah berhijab yang tetap ingin travelling dan mengunjungi banyak tempat di berbagai daerah tentu harus tetap memegang aturan dan norma-norma agama islam yang harus diikuti. Termasuk menutup aurat secara sempurna dan tidak melupakan ibadah wajib selama dalam perjalanan. Berikut ini adalah beberapa tips travelling muslimah agar aman dan nyaman yang bisa dijadikan referensi ketika hendak merencanakan liburan:

  1. Tentukan Tempat Tujuan

Ketika hendak menentukan tempat tujuan wisata perhatikan hal-hal yang berkaitan dengan makanan halal dan tempat ibadah. Apakah di daerah tersebut menyediakan makanan halal dan apakah terdapat tempat untuk beribadah? Tentu hal ini menjadi poin yang sangat penting sebelum seorang muslimah melakukan perjalanan. Jangan sampai kegiatan travelling yang dilakukan justru mengganggu ibadah dan keyakinan untuk berpegang teguh tetap memakan makanan dan minuman yang halal saja. Jika di daerah tersebut tidak menyediakan makanan halal maka persiapkan bekal dari rumah seperti makanan atau lauk yang bisa bertahan lebih lama. Jika tidak terdapat tempat ibadah atau masjid di daerah tersebut, siapkan sajadah dan mukenah yang bisa dibawa kemana-mana sehingga kita bisa melaksanakan sholat dimanapun berada ketika waktu sholat sudah tiba.

 

  1. Gunakan pakaian yang menutup aurat dengan sempurna

Pakailah pakaian yang sopan dan tidak mencolok. Pakaian merupakan hal yang sangat penting untuk diikuti oleh seorang muslimah agar sesuai dengan perintah seperti yang tercantum di dalam Al-Quran. Gunakan pakaian yang tidak ketat, tidak tipis, tidak menerawang, dan tentu saja nyaman dipakai. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun dan bahan yang tidak mudah panah seperti wolfis. Jangan lupa kenakan hijab yang dijulurkan sampai ke dada agar sesuai syariat. Memilih pakaian untuk travelling bagi muslimah meskipun dengan medan yang cukup sulit seperti ketika naik gunung atau berada di negara dengan musim panas atau summer season tetap harus mengikuti aturan syariat yang ada. Jangan sampai hanya karena demi fashion style dan kenyamanan sampai melupakan aturan yang ada seperti memakai celana ketat, jilbab pendek, dan sebagainya.

Baca juga:  Tips Travelling Dengan Balita Agar Nyaman

 

  1. Bawalah alat sholat, kompas, dan Al-Quran

Kapanpun dan dimanapun keberadaan kita, kewajiban untuk melaksanakan ibadah adalah suatu keharusan. Sehingga jangan sampai saking asyiknya melakukan perjalanan kemudian sampai lupa melaksanakan sholat. Bawalah mukenah dan sajadah yang mudah dilipat, ringan, dan bisa di bawa kemana-mana. Hal ini ditujukan agar sewaktu-waktu kita bisa melaksanakan sholat ketika tidak mudah menemukan masjid di tempat tujuan wisata kita. Al-Quran baik berupa mushaf maupun aplikasi di HP jangan lupa untuk dibaca meskipun sedang sibuk dan keasyikan menikmati pemandangan di sekitar tempat wisata. Sedangkan kompas di sini diperlukan untuk menentukan arah kiblat ketika hendak sholat.

 

  1. Tas punggung dan sepatu

Bisa dibilang tas punggung adalah outfit yang cukup sesuai dikenakan ketika sedang travelling terutama di alam bebas. Menggunakan tas punggung akan lebih praktis dan tidak ribet serta bisa dengan leluasa ketika harus berpegangan untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Sepatu yang digunakan sebisa mungkin harus menyesuaikan dengan medan yang ada. Jangan sampai mau naik gunung kita justru mengenakan high heels atau flat shoes. Sebisa mungkin gunakan outfit yang mendukung safety first.

Nah, bagi muslimah yang ingin melakukan travelling semoga tips travelling muslimah ini bisa membantu. Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum berangkat agar perjalanan kita lancar.

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.