Tips Travelling Musim Dingin

Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan agar pikiran lebih fresh kembali. Berlibur ke negara-negara musim dingin untuk merasakan sensasi salju secara langsung menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Walaupun faktanya tidak semua negara-negara dengan musim dingin itu bersalju. Apalagi jika hal tersebut merupakan pengalaman pertama liburan ke negara-negara musim dingin. Musim dingin ini hanya dimiliki oleh negara-negara yang memiliki rentang yang cukup jauh dari garis khatulistiwa seperti Benua Eropa, Amerika, dan Asia bagian utara. Suhu ketika musim dingin bisa mencapai di bawah nol derajat celcius dan suasananya akan serba dingin.

Perlu persiapan yang matang dan lebih detail jika ingin berlibur ke negara yang bermusim dingin termasuk bagaimana menyiapkan pakaian dan perlengkapan yang harus dibawa sebelum berangkat. Dan pakaian ini menjadi poin paling penting dari tips travelling musim dingin. Karena yang sangat diperlukan ketika berlibur di negara dengan musim dingin adalah pakaian yang nyaman dan bisa memberikan kehangatan. Berikut ini tips-tips travelling musim dingin yang bisa dijadikan referensi untuk menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa sebelum berangkat:

  1. Pakaian yang sesuai dan harus dress in layers

Maksud dress in layers di sini adalah pakaian yang dikenakan harus berlapis-lapis karena tidak cukup satu lapis baik itu untuk baju atasan maupun bawahan. Apalagi jika suhunya mencapai di bawah nol derajat celcius. Dengan baju yang berlapis-lapis ini bisa memudahkan kita untuk beradaptasi karena seringkali suhu di musim dingin mudah berubah tiba-tiba panas, tiba-tiba hujan es. Nah, berikut ini beberapa pakaian yang harus menempel di badan agar tetap hangat:

 

Suhu minus sampai 5°C

Dewasa      :

  • 2 lapis outfit bawahan yang terdiri dari long john celana, celana tebal atau bisa juga ditambah legging agar lebih nyaman
  • 4 lapis outfit atasan yang terdiri dari long john atas, kaos biasa, sweater tebal kalau bisa wool, winter coat tebal
  • Aksesoris tambahan seperti kupluk, kaos kaki wool, sarung tangan, syal, earmuff, sepatu kets biasa atau boots

 

Anak-anak   :

  • 3 lapis outfit bawahan yang terdiri dari legging yang ada pucuk kakinya 2 lapis, celana biasa yang tebal
  • 4 lapis outfit atasan yang terdiri dari kaos, sweater, jumper, winter coat yang ada hoodienya dan kalau bisa ditambah 1 kaos lagi jika masih kedinginan.
  • Aksesories tambahan seperti kaos kaki 2 lapis jika leggingnya cuma sampai mata kaki, kupluk tambah hoodie dari winter coat, gloves, earmuff, sepatu kets atau sepatu khusus winter.
Baca juga:  7 Tips Travelling Ke Luar Negeri

 

Suhu dingin biasa 5°C-10°C

Dewasa      :

  • 2 lapis outfit bawahan yang terdiri dari long john celana dan celana biasa
  • 3 lapis outfit atasan yang terdiri dari long john atas, kaos, dan winter coat
  • Aksesoris tambahan seperti kupluk atau kerudung, kaos kaki wool, sepatu kets atau boots

 

Anak-anak   :

  • 2 lapis outfit bawahan yang terdiri dari legging dan celana tebal
  • 3 lapis outfit atasan yang terdiri dari kaos, sweater, dan winter coat
  • Aksesoris tambahan seperti kupluk, gloves, kaos kaki, dan sepatu

 

Suhu dingin yang berkisar belasan derajat

Dewasa      :

  • 1 lapis celana
  • 2 lapis outfit atasan yang terdiri dari kaos dan winter coat
  • Aksesoris tambahan seperti kaos kaki biasa dan sepatu kets

 

Anak-anak   :

  • 1 lapis celana tebal
  • 2 lapis outfit atasan yang terdiri dari kaos dan winter coat
  • Aksesoris tambahan seperti gloves, kaos kaki biasa, dan sepatu

 

  1. Makanan atau minuman dan obat-obatan

Kita bisa membawa bekal dari Indonesia berupa jahe sachet yang sangat ampuh untuk memberikan kehangatan ketika dingin. Selain itu obat-obatan pribadi juga jangan lupa dibawa jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Makanan untuk cemilan juga penting karena ketika dingin tubuh akan mengeluarkan banyak energi untuk menghasilkan suhu hangat di dalam tubuh sehingga akan mudah lapar.

 

  1. Pelembab

Perubahan suhu yang cukup drastis dari musim panas ketika berada di Indonesia ke musim dingin akan membuat kulit bereaksi lebih cepat. Pelembab ini sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan tidak mengelupas. Baik laki-laki maupun perempuan sebisa mungkin memakai pelembab ini. Lipbalm juga diperlukan agar bibir tidak mudah pecah-pecah.

Semoga liburanmu lebih seru dan menyenangkan ketika berada di negara-negara dengan musim dingin. Semoga tips travelling di musim dingin ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.