Tips Travelling Murah Dengan Budget Terbatas

Melakukan kegiatan travelling selain menjadi kebutuhan untuk refreshing, saat ini travelling sudah menjadi new lifestyle bagi kebanyakan orang. Pengaruh sosial media serta kemudahan mengakses segala informasi terkait dengan travelling dan tempat-tempat wisata baru menjadi salah satu alasan kegiatan ini menjadi menarik dan dilakukan oleh banyak orang. Terlebih ketika melihat teman memposting kegiatan travelling-nya atau ketika melihat keindahan tempat wisata baru, secara tidak langsung menarik diri kita untuk ikut terjun dalam kegiatan travelling dan mengunjungi tempat yang kita lihat tersebut oleh sebab rasa penasaran dan ingin eksis dan diakui jika sudah pernah berkunjung ke tempat hits tersebut.

Tips Travelling Murah

Sumber: catatan-arief.com

Namun, tidak semua orang beruntung dan bisa dengan sangat mudah pergi ke suatu tempat terutama karena alasan biaya. Harus kita akui bahwa kegiatan travelling harus merogoh kocek yang cukup lumayan apalagi jika travelling ke tempat-tempat wisata mahal atau ke luar negeri. Kendala biaya tersebut bisa diminimalisir dengan budget terbatas namun tetap bisa mengeskplor banyak tempat-tempat wisata. Berikut ini tips-tips travelling murah dengan budget terbatas atau biasa disebut traveller ala backpacker:

  1. Menentukan jauh-jauh hari destinasi yang ingin dituju

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi mengenai tempat yang akan dituju baik dengan browsing melalui internet atau bertanya ke teman yang sudah pernah ke sana. Karena dengan informasi tersebut akan sangat memudahkan kita untuk mencari informasi mengenai biaya tiket, maupun akomodasi dan sarana transportasi yang paling murah. Setelah itu, buatlah daftar atau list tempat-tempat yang akan kita kunjungi dalam sekali perjalanan.

  1. Mengajak teman untuk melakukan perjalanan atau travelling

Dengan mengajak teman setidaknya biaya yang akan dikeluarkan bisa ditekan dan lebih hemat karena bisa share cost dengan teman kita tersebut seperti untuk biaya penginapan, biaya transportasi, maupun tips untuk guide. Dengan kehebatan teknologi yang ada sangat mudah untuk menemukan teman untuk diajak travelling jika tidak ada teman yang kita kenal yang mau diajak. Salah satunya adalah dengan mencari barengan melalui hashtag #caribarengan di caption postingan instagram. Maka akan sangat dengan mudah menemukan teman pejalan.

  1. Cari promo dan booking tiket kereta maupun tiket pesawat jauh-jauh hari

Jika kita beruntung kita bisa mendapat tiket dengan harga yang sangat murah bahkan gratis asal sabar dan teliti. Beberapa maskapai sering mengumumkan promo-promo tiket yang tentu saja akan sangat menguntungkan bagi kita yang menginginkan perjalanan dengan biaya yang murah. Agar tidak kehabisan kita harus booking jauh-jauh hari karena jika sudah dekat hari di mana kita menjadwalkan perjalanan kita, tentu harga tiket sudah berubah menjadi lebih mahal.

  1. Buat ittinerary se-detail mungkin
Baca juga:  Tips Travelling Dengan Balita Agar Nyaman

Ittinerary yang kita buat akan sangat membantu ketika sampai di tempat tujuan. Buat jadwal yang jelas dalam satu hari kita akan kemana saja dan jadwal dibuat dengan runut agar lebih efisien. Destinasi wisata yang dituju harus saling berdekatan terlebih dulu jaraknya sehingga tidak buang-buang waktu di jalan. Untuk hal seperti ini kita bisa mengeceknya melalui google maps tentang posisi tujuan tempat wisata dan jarak dari stasiun, terminal, bandara, maupun penginapan.

  1. Hubungi teman yang tinggal di tempat tujuan alias akamsi (anak kampung sini)

Keberadaan teman di tempat yang akan kita tuju tentu sangat membantu apalagi jika kita diperbolehkan untuk menumpang atau istilahnya hospitalize. Dengan tumpangan untuk tinggal, setidaknya bisa menghemat budget untuk menginap. Dan lebih menguntungkan lagi apabila temanmu mau diajak jalan-jalan. Banyak yang bilang traveller sejati akan menemukan rumahnya dimanapun dia berada.

  1. Jika tidak menemukan teman di tempat tujuan, booking penginapan jauh-jauh hari dengan harga yang murah

Jika apesnya tidak punya teman atau menemukan teman di tempat tujuan, mau tidak mau kita harus booking tempat penginapan jauh-jauh hari. Saat ini sangat mudah mencari informasi terkait penginapan yang paling murah dan cocok untuk traveller dengan budget terbatas hanya cukup dengan mengetik keywords penginapan murah di halaman Google.

  1. Siapkan budget dan bawa uang secukupnya

Hal ini dilakukan agar bisa menekan biaya sehingga ketika dalam perjalanan tidak boros. Karena seringkali kita akan kalap seperti ingin belanja dan sejenisnya. Dengan menentukan budget untuk perjalanan ini, sangat membantu agar kita bisa lebih berhemat.

  1. Bawa barang dan keperluan pribadi yang dibutuhkan

Barang-barang pribadi yang diperlukan seperti baju ganti, alat mandi, obat-obatan pribadi, alat tulis, identitas pribadi, kamera, dan apapun yang dibutuhkan untuk perjalanan sebisa mungkin jangan sampai ketinggalan. Buat list sebelum berangkat dan absen barang-barang tersebut ketika packing. Karena jika ada yang ketinggalan dan kita baru sadar ketika berada di tempat tujuan, mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli barang tersebut.

Nah, demikian tips-tips travelling murah dengan budget terbatas. Semoga bermanfaat dan perjalananmu lebih menyenangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.