Tips Travelling ke Myanmar

Fakta Menarik Mengenai Myanmar

Myanmar bisa menjadi salah satu list negara di Asia Tenggara yang wajib kamu kunjungi untuk nge-backpack. Tidak seperti negara-negara di Asia Tenggara lainnya, Myanmar mensyaratkan visa sehingga kita harus mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum berangkat ke negara ini. Meskipun belum terlalu populer bagi sebagian masyarakat di Indonesia, tentu akan menjadi pengalaman berharga ketika bisa berbagi cerita liburan di Myanmar. Tempat wisata yang ada di Myanmar mungkin memang belum terkelola dengan baik sehingga kita harus memutar otak agar bisa tetap travelling dengan nyaman dan tenang di Myanmar. Jangan sampai tiket yang sudah kita beli untuk pergi jauh sampai ke Myanmar kita sia-siakan saja. Beberapa tempat wisata wajib kita kunjungi agar liburan kita lebih berkesan.

Tips Travelling ke Myanmar

Tips Travelling ke Myanmar | Sumber: turiskere.com

Mungkin akan cukup sulit untuk travelling ke negara ini apalagi jika perginya sendirian. Myanmar merupakan salah satu negara yangmasih membuka diri sehingga akan membuat para wisatawan sedikit lebih struggling jika dibandingkan berlibur ke negara-negara lain. Mempelajari tipikal orang Myanmar mungkin akan sering kita lihat baik perempuan maupun laki-laki semuanya memakai longyi (sarung). Di negara ini masih banyak sesajen bunga dan buah untuk Budha serta masih banyak yang meludah pinang di jalan-jalan. Sehingga jangan kaget jika berada di tempat ini mecium aroma yang tidak bisa dideskripsikan berupa campuran bunga atau buah busuk dan daun/ biji pinang.

Tips Travelling ke Myanmar

Mengingat Myanmar bukan merupakan negara yang populer dengan destinasi wisatanya, Myanmar tetap menyimpan sejuta keindahan budaya dan wisata alamnya. Berikut ini beberapa tips travelling ke Myanmar yang bisa dijadikan referensi sebelum melakukan perjalanan ke negara ini.

  1. Lakukan penukaran mata uang kyats karena mata uang yang dipakai di negara ini adalah kyats meskipun terdapat beberapa tempat wisata dan hotel yang bisa transaksi dengan menggunakan dolar. Nilai 1 dolar AS sama dengan nilai 1.350 kyats Myanmar. Sehingga sangat penting untuk menggunakan mata uang lokal dalam melakukan segala transaksi. Jika ingin mengambil atau menukarkan uang jangan lupa untuk mengambil dalam jumlah banyak sekaligus karena mesin ATM di sini masih terbatas. Mesin ATM sendiri biasanya hanya banyak ditemui di bandara Mandalay, jalan utama New Bagan, dan Danau Inle.
  2. Jangan lupa untuk menyimpan baik-baik struk penukaran kyats yang telah dilakukan baik di bandara maupun bank. Struk tersebut bisa digunakan kembali untuk menukarkan kembali dari kyats ke dolar karena biasanya akan diminta oleh petugas.
  3. Lakukan booking hotel on the spot ketika sedang dalam perjalanan di Myanmar karena kita tidak bisa mem-bookingnya dari Indonesia. Namun, terdapat tips dan trik lain ketika sampai di Yangon jangan lupa untuk meminta tolong memesankanhotel di kota lain agar kita tidak perlu ribet dan bingung lagi.
  4. Minta tolong petugas hostel untuk sekaligus memesankan bus dan gunakan bus di malam hari. Dengan menggunakan bus untuk berkeliling negara ini kita bisa lebih menghemat waktu.
  5. Bangunlah pagi-pagi ketika berada di Myanmar karena negara ini masih minim kehidupan malam sehingga kita bisa tidur lebih cepat untuk bangun lebih pagi keesokan harinya.
  6. Jangan sembarangan membeli makanan lokal karena jika kurang cermat dan lupa bertanya maka kita bisa mengalami sakit perut.
  7. Beli kartu SIM lokal untuk handphone yang kamu gunakan karena layanan Wi-Fi di beberapa hotel dan restoran masih kurang memuaskan lantaran susah diakses dan sering terlambat. Sehingga SIM lokal merupakan solusi terbaik agar tetap bisa menggunakan ponsel. Harga SIM lokal sendiri berkisar sekitar $15 untuk 10GB 4G. Kartu SIM yang biasanya dijual adalah Ooredoo, MPT, dan Telenor.
  8. Hati-hati dengan scam yang biasanya ditujukan kepada traveller pendatang baru sperti ibu-ibu yang tiba-tiba memberikan bunga untuk diletakkan di patung lalu setelahnya kita dimintai imbalan dalam jumlah yang besar.
Baca juga:  Wisata Pantai Maron - Keelokan Senja yang Tak Terlupakan

Semoga tips travelling ke Myanmar di atas bisa membantumu untuk merencanakan liburan ke negara ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.