Tips Travelling Hemat Malaysia

Jalan-jalan ke Luar Negeri Tidak Selalu Mahal

Berlibur ke luar negeri selalu menjadi sensasi tersendiri dan patut dicoba. Kita akan menemukan banyak hal baru di negara lain, akan belajar banyak hal tentang budaya maupun sejarah negara tersebut, sekaligus cuci mata dengan jalan-jalan menikmati pemandangan nan elok yang disuguhkan. Malaysia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia dan wajib menjadi list untuk mencoba ber-backpacker atau jalan-jalan murah ke luar negeri. Liburan ke luar negeri memang selalu identik dengan mahalnya tiket serta biaya ke sana, sehingga banyak orang yang enggan melakukan perjalanan ke luar negeri. Akan tetapi, jangan salah karena ternyata jalan-jalan ke luar negeri tidak selalu mahal termasuk ke Malaysia. Caranya dengan mengikuti beberapa tips perjalanan hemat yang mungkin bisa diikuti agar perjalananmu benar-benar low budget dan tidak harus mahal.

Tips Travelling Hemat ke Malaysia

Mewujudkan impian jalan-jalan ke luar negeri bisa dengan sangat mudah dan dengan biaya sangat minim pun masih bisa dilakukan. Berikut ini beberapa tips travelling hemat ke Malaysia yang bisa jadi referensi buat kamu yang sedang merencanakan untuk berlibur ke negara yang memiliki Twin Tower ini:

  1. Siapkan tiket jauh-jauh hari

Tiket pesawat merupakan salah satu hal yang paling penting karena dengan tiket inilah kita bisa berangkat menuju Malaysia dengan naik pesawat. Jangan lupa untuk booking tiket jauh-jauh hari dan rajinlah cek-cek tiket promo. Jika beruntung, ada beberapa maskapai penerbangan yang sering memberi tawaran tiket promo dengan harga yang sangat murah bahkan bisa gratis. Jangan lupa rencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar tidak bentrok dengan jadwal penting kalian di kantor maupun di rumah. Beli tiket langsung pulang dan pergi agar lebih aman dan menghindari full booking pada tanggal yang kita inginkan.

  1. Buat Itinerary

Bagi yang ingin melakukan perjalanan ala backpacker, itinerary atau jadwal perjalanan merupakan suatu hal yang penting. Dengan menyusun perjalanan kita dapat memperkirakan tujuan wisata, rute, sekaligus budget yang dibutuhkan agar tidak over budget. Jika bingung membuat itinerary sendiri maka bisa dengan ikut agen tur atau mengajak teman agar bisa share cost sehingga biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah. Cari rererensi tempat wisata yang sesuai budget atau bahkan tidak mengeluarkan biaya seperti Menara Kembar Petronas, KLCC (Kuala Lumpur Convetion Center), Menara KL, Daerah Bukit Bintang, Jalan Alor, Masjid Jamek, Jalan Masjid India, Dataran Merdeka di KL City Garden, Masjid Negara, Stesen Kuala Lumpur, Taman Tasik, Pasar Seni, Jalan Petaling, Kuil Sri Mahamariamman, Kuil Batu Caves, Brickfield, dan KL Sentral.

  1. Bawa botol minuman
Baca juga:  Spot Foto Terbaik di Jepang

Agar lebih murah dan hemat, jangan lupa untuk membawa botol minuman sendiri dari rumah. Bawa botol tersebut dalam kondisi kosong ketik amemasuki bandara dan sesampainya di Malaysia jangan lupa isi botol air minum di kran air langsung minum yang bisa kita temukan baik di bandara, hostel, maupun tempat-tempat wisata.

  1. Hindari Menggunakan Taksi

sebisa mungkin jangan menggunakan taksi sebagai alat transportasi ketika berlibur ke Malaysia apalagi jika melakukan travelling ala backpacker dengan budget terbatas. Gunakan fasilitas Bus GO KL yang tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan lupa untuk mempelajari rute bus ini yang bisa kita temukan di Bus STOP atau Halte GO KL. Untuk jam operasional bus sendiri berlangsung setiap hari dan khusus weekend beroperasi hingga jam 11.30 malam.

  1. Siapkan Cadangan Dana

Meskipun pergi jalan-jalan dengan low budget cost, jangan lupa untuk tetap menyiapkan anggaran dana cadangan untuk mempersiapkan hal-hal di luar estimasi. Tapi untuk jalan-jalan pokok tetap utamakan budget yang dianggarkan sebelumnya agar tidak kalap dan over budget.

Anggaran dana sebelum melakukan travelling sangat penting untuk dibuat sebagai acuan agar tidak boros dan mengeluarkan dana yang di luar perkiraan. Dana yang dikeluarkan akan lebih murah jika kita memiliki teman di tempat tujuan setidaknya untuk menghemat biaya akomodasi atau transportasi. Semoga tips travelling hemat ke Malaysia ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.