Tips Travelling Hemat ke Singapura

Liburan ke Singapura Ala Backpacker

Liburan ke Singapura seringkali identik dengan shopping karena di sini surganya belanja. Sehingga jalan-jalan ke Singapura sebagian besar orang menganggap merupakan liburan yang mahal. Padahal tidak selalu liburan ke negara yang terkenal dengan patung singa ini harus merogoh kocek yang banyak. Kita bisa jalan-jalan ke luar negeri termasuk ke Singapura ini dengan low budget cost atau dikenal dengan travelling ala backpacker. Beberapa tempat wisata di Singapura memang menarik untuk dikunjungi seperti Universal Studios Singapore, Sentosa Island, Crane Dance Singapore, China Town, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir mahal, karena kita bisa menghemat budget seminimal mungkin jika ingin berlibur ke Singapura tapi masih terkendala uang.

Tips Travelling Hemat ke Singapura

Agar perjalananmu ke luar negeri bisa menekan biaya yang lebih hemat, ada beberapa tips yang harus dilakukan di semua lini baik tiket, akomodasi, obyek wisata, maupun makanan dan minuman. Berikut ini tips travelling ke Singapura yang bisa dijadikan referensi agar perjalananmu lebih hemat:

Sebelum Berangkat

Beberapa tips ini sebisa mungkin dilakukan sebelum berangkat ke Singapura agar perjalananmu lebih terencana dengan matang, di antaranya sebagai berikut:

  • Siapkan dokumen perjalanan seperti paspor karena Singapura tidak mensyaratkan adanya visa dari Indonesia. Pastikan dokumen seperti paspor ini tidak kurang dari 6 bulan sebelum berangkat ke Singapura agar tidak ribet jika ada masalah dengan imigrasi di negara orang tersebut.
  • Siapkan tiket jauh-jauh hari agar bisa mengejar tiket promo yang seringkali ditawarkan oleh beberapa maskapai penerbangan seperti Air Asia dan Jet Star. Selain pesawat kita juga bisa menggunakan transportasi laut, namun tentu saja akan memakan waktu yang lebih lama kecuali jika kita tinggalnya di Batam.
  • Buat itinerary atau jadwal perjalanan agar kita memilliki acuan obyek wisata yang akan kita tuju, rute menuju tempat wisata baik dari bandara maupun penginapan, serta budget yang diperlukan. Jangan lupa cari referensi sebanyak-banyaknya ketika membuat itinerary.
  • Pesan penginapan jauh-jauh hari untuk menghindari full booking dan carilah penginapan ala hostel yang berkonsep dormitory agar lebih hemat.
Baca juga:  Tempat Wisata Di Bandung Dan Sekitarnya 2018 Istimewa Untuk Dikunjungi

Dalam Perjalanan di Singapura

Ketika sedang berada di Singapura, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar jalan-jalan lebih seru dan menyenangkan tapi tetap sesuai anggaran untuk berhemat. Berikut ini tips-tips tersebut:

  • Jangan lupa gunakan peta selama melakukan perjalanan di Singapura agar tidak tersesat. Peta ini bisa dengan mudah kita dapatkan di bandara Changi maupun pelabuhan Harbour Front atau bisa pula menggunakan peta online. Dengan peta tersebut kita bisa melihat rute transportasi umum seperti bus dan MRT yang digunakan untuk menuju tempat wisata.
  • Gunakan transportasi umum ketika berada di Singapura, apalagi negara ini terkenal dengan public transportation yang nyaman dan mudah diakses di setiap tempat. Gunakan bus atau MRT (Mass Rapid Transportation) agar lebih berhemat dan lebih cepat serta jangan menggunakan taksi karena harganya sangat mahal.
  • Gunakan fasilitas tiket terusan khusus wisatawan yaitu STP (Singapore Tourist Pass) yang bisa dibeli di bandari Changi di Terminal 2 lantai basemen. Selain itu MRT kartu tersebut juga bisa digunakan untuk bus dan lebih berhemat jika menggunakan tiket terusan.
  • Alokasikan dana terbanyak untuk berkunjung ke tempat wisata jangan sampai menyia-nyiakan waktu dan kesempatan ketika berada di negara ini. Beberapa tempat yang bisa dikunjungi seperti Botanical Garden, Singapore Zoo, Marina Bay Sands Sky Park, Orchard Road, Bugis Junction untuk membeli souvenir, Chinatown, Merlion, Esplanade, Universal Studios Singapore, dan Sentosa Island.
  • Jangan lupa catat dan hafalkan nomor telepon darurat.
  • Jangan buang sampah di sembarang tempat karena negara ini memberlakukan denda bagi yang membuang sampah sembarangan.
  • Jangan makan dan minum ketika berada di transportasi umum

Estimasi biaya untuk berlibur ke Singapura rata-rata berkisar Rp 2.000.000,00 sudah termasuk tiket, akomodasi, tempat wisata, sekaligus makan dan bahkan bisa lebih murah lagi. Rata-rata budget tersebut untuk perjalanan selama 3 hari 2 malam. Yang paling penting di antara tips travelling ke Singapura adalah tetaplah waspada di manapun berada.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.