Tips Travelling Hemat dan Menyenangkan ke Australia

Australia dengan Wisatanya yang Menarik

Australia negeri wool… katanya… katanya…

Aborigin sukunya… katanya… katanya…

Ketika masih kecil tentu ingat dengan lagu Trio Kwek-Kwek tersebut yang sedikit banyak memberikan kita gambaran mengenai Australia. Tentang binatang kangguru yang merupakan binatang khasnya, suku Aborigin yang merupakan suku asli Australia, dan masih banyak lagi. Australia juga menyimpan tempat-tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika liburan ke negara ini seperti Sydney Opera House, Luna Park, Taronga Zoo, Bourke Street Walk, Philip Islan Pinguin Parade, Sungai Foreshore, Perth Zoo, Bell Tower, Port Douglas, dan masih banyak lagi. Apalagi jika sudah jauh-jauh menghabiskan banyak uang untuk membeli tiket ke negara ini, tentu tidak akan menyia-nyiakan liburan mahal tersebut. Standar negara yang biasa dikunjungi ketika ke Australia adalah Sydney, Melbourne, dan Perth.

Tips Travelling Hemat dan Menyenangkan di Australia

Berikut ini beberapa tips travelling ke Australia yang mungkin bisa dijadikan referensi ketika hendak berlibur ke Sydney, Melbourne, dan Perth.

  1. Dokumen

Berlibur ke negara lain tentu harus membawa dokumen-dokumen tertentu sebagai syarat untuk memasuki negara terssebut. Australia termasuk negara yang mensyaratkan adanya dokumen visa selain paspor yang wajib dibawa. Jangan lupa untuk mengurus dokumen-dokument seperti visa dan paspor jauh-jauh hari agar tidak kelabakan menjelang hari H keberangkatan. Mengurus visa akan terkesan lebih ribet karena harus mencantumkan formulir permohonan visa, biaya permohonan visa, fotokopi paspor yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan paspor lama, 1 lembar pas foto, fotokopi KTP dan kartu keluarga, bukti bekerja, surat sponsor, bukti keuangan seperti buku bank dan rekening koran.

  1. Penerbangan atau Flights
  • Rencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar bisa mengecek tiket promo terutama untuk low cost airlines yang sering mengadakan promo. Maskapai penerbangan yang direkomendasikan dengan low cost-nya adalah JetStar, Tiger Air, dan Air Asia.
  • Beli bagasi tambahan saat pulang saja karena biasanya ketika pulang barang bawaan lebih banyak diisi oleh-oleh. Ketika berangkat bawa barang secukupnya saja dan usahakan muat di dalam bagasi kabin.
  • Jangan sekali-kali bawa makanan ke dalam pesawat apalagi makanan basah karena pemeriksaan di imigrasi negara tersebut sangat ribet.
  • Untuk menghemat waktu yang sempit gunakan penerbangan malam ke Melbourne dari Kuala Lumpur yang akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Hal ini bisa menghemat budget menginap karena bermalam di dalam pesawat dan tidak perlu menunggu waktu lama objek wisata sudah buka. Jadikan Australia bagian barat sebagai tujuan akhir agar lebih cepat sampai tujuan ketika kembali ke Jakarta.
  1. Akomodasi
  • Cari tempat penginapan sejenis hostel backpacker dengan sistem dormitory agar lebih berhemat. Baik di Sydney, Melbourne, dan Perth memiliki range harga 30 – 35 AUD per bed per kamar.
  • Hostel yang mungkin bisa menjadi pilihan ketika berlibur ke Australia seperti GreenHousse Backpackers di Melbourne, Sydney Central YHA di Sydney, dan The Emperor’s Crown Backpackers di Perth.
  • Jangan lupa cek review hostel yang akan dijadikan tempat menginap sebelum memesan serta lihat jaraknya dari bandara maupun tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi.
  1. Makan
Baca juga:  5 Destinasi Wisata Keren di Canberra yang Sayang Untuk Dilewatkan

Makanan dan minuman di negeri orang tentu akan sedikit berbeda rasanya di lidah kita. Apalagi makanan-makanan yang dijual di luar negeri terkenal mahal. Berikut ini tips hemat makan di Australia:

  • Makanlah dengan kenyang ketika pagi hari dan manfaatkan sarapan yang disediakan di hostel.
  • Beli roti tawar dan sup instan di supermarket dan makanlah di hostel
  • Beli air mineral cukup sekali lalu isi ulang dengan tap water

Nah, semoga tips travelling ke Australia ini bermanfaat dan liburanmu jadi lebih hemat dan menyenangkan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.