Tips Travelling Dengan Balita Agar Nyaman

Bagi orang tua yang ingin membawa anaknya ikut travelling tentu saja berbeda persiapannya dibanding ketika travelling sendiri atau hanya bersama pasangan. Selain bertambah pasukan travellingnya, barang-barang yang dibawa pun semakin banyak. Kenyamanan anak merupakan hal utama yang harus diperhatikan ketika mengajaknya travelling. Karena bagaimanapun juga balita tidak semudah orang dewasa ketika harus beradaptasi dengan sesuatu yang baru dan bukan menjadi kebiasaannya. Perlengkapan balita di sini harus benar-benar diperhatikan baik dari segi pakaian, asupan gizi, mainan, dan perlengkapan lainnya. Jangan sampai karena ego kita untuk berkunjung ke tempat wisata sampai-sampai mengalahkan kenyamanan dan kebutuhan anak.

Berikut ini beberapa tips travelling dengan balita agar perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan sehingga tidak mengurangi esensi dari tujuan para orang tua membawa anaknya untuk travelling.

  1. Persiapan Akomodasi

Baik membawa bayi maupun anak-anak di bawah umur lima tahun tentu harus dengan persiapan yang matang apalagi jika membawa anak lebih dari satu. Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah akomodasi atau penginapan. Sebisa mungkin carilah tempat penginapan yang nyaman serta bersih dan dipesan jauh-jauh hari sebelum sampai di tempat tujuan. Jangan sampai buang-buang waktu untuk mencari-cari hotel ketika sampai di tempat tujuan sehingga bayi dan balita merasa tidak nyaman. Penting di sini untuk mencari informasi terkait tempat tujuan dan keperluan akomodasi serta transportasi ketika berada di sana.

 

  1. Persiapkan barang bawaan sebaik mungkin

Tidak seperti ketika travelling sendiri yang bisa dengan bebas dan seenaknya membawa barang bawaan, tentu barang bawaan bayi lebih diutamakan kelengkapannya. Beberapa barang bawaan yang wajib dibawa ketika travelling dengan balita, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pakaian; Pakaian yang dibawa haruslah memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan balita serta disesuaikan dengan kondisi cuaca di tempat tujuan. Ketika berlibur ke tempat yang dingin tentu harus membawa pakaian panjang dan hangat dan sebaliknya ketika berlibur ke tempat yang panas bisa membawa pakaian pendek maupun panjang dan juga bahannya nyaman seperti katun. Karena bayi mudah merasa gerah ketika kepanasan sehingga jangan sampai mengabaikan kenyamanannya.
  • Peralatan balita; beberapa peralatan balita seperti berikut ini bisa dipertimbangkan untuk dibawa ketika travelling dengan balita:
  • Peralatan mandi seperti sabun 2 in 1 yang bisa dipakai untuk mandi sekaligus keramas, sikat gigi, pasta gigi, minyak telon, dan handuk
  • Diaper sangat penting untuk dibawa terutama jika balita masih belum lulus toilet training. Jumlahnya tergantung dari kebutuhan menyesuaikan lamanya travelling untuk jaga-jaga jika di tempat tujuan jauh dari toko
  • Tisu basah dan tisu kering bisa berguna sekali ketika kondisi darurat di jalan
  • Aksesoris balita seperti selendang, topi, jaket, bandana, kerudung bayi, atau tas kecil agar tampilan balita semakin kece ketika liburan
  • Alas kaki seperti sepatu, sandal, dan kaos kaki menyesuaikan dengan kenyamanan balita
  • Nursing cover bagi ibu-ibu yang masih menyusui anaknya sehingga bisa breastfeeding kapanpun dan dimanapun
  • Obat-obatan; sangat penting di bawa untuk memberikan pertolongan pertama jika sewaktu-waktu balita sakit atau cidera di tengah jalan misalnya. Obat-obat yang bisa dibawa seperti obat penurun panas, obat diare, obat luka, kapas, dan obat anti memar. Jika memiliki riwayat asma bisa membawa obat asma atau alat nebulizer.
  • Makanan dan Minuman; ini wajib dibawa dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kesukaan si kecil. Jangan sampai anak-anak merasa kelaparan ketika dalam perjalanan, sehingga asupan nutrisi dan gizinya harus tetap diperhatikan. Air putih juga harus selalu disediakan. Untuk anak yang masih MPASI juga jangan lupa membawa bahan-bahan dan peralatannya.
  • Mainan; agar anak-anak tidak mudah bosan apalagi jika jarak yang ditempuh jauh dan perjalanannya lama, bawalah mainan kesukaan si kecil. Mainan yang dibawa juga bisa menyesuaikan dengan agenda liburan misalnya membawa ban pelampung jika ingin berenang, mainan untuk bermain di pasir pantai, dan lain-lain.
Baca juga:  Tips Travelling Musim Dingin

 

  1. Ittinerary

Ittinerary sangat penting dan sangat membantu untuk menentukan jadwal perjalanan sehingga tidak terlalu pusing lagi memikirkan mau kemana setelah ini dan bagaimana. Buat ittinerary se-happy mungkin agar perjalanan lebih menyenangkan dan anak-anak pun tidak bosan.

Nah, semoga tips travelling dengan balita ini bisa bermanfaat dan membantu perjalanan para orang tua bersama dengan balitanya lebih menyenangkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.