Tips Traveling Hemat Untuk Mahasiswa

Mahasiswa Juga Bisa Liburan

Liburan seringkali identik dengan sesuatu yang mahal dan harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Alasan inilah yang membuat para pelajar atau mahasiswa enggan melakukan travelling. Padahal usia ketika masih mahasiswa adalah usia di mana kita masih bebas menjelajah dan mengeksplor banyak tempat-tempat baru. Ada sebuah ungkapan enggan liburan di usia muda karena tidak punya uang, ketika sudah punya banyak uang karena sudah bekerja tidak bisa liburan karena tidak punya waktu, punya banyak waktu dan banyak uang tapi tidak punya tenaga ketika sudah tua. Sehingga jangan sampai menyesal nantinya jika masa muda kalian tidak dihabiskan untuk mencoba hal-hal baru termasuk travelling. Meskipun belum punya penghasilan sendiri dan uang bulanan pas-pasan dari orang tua, mahasiswa juga tetap bisa melakukan travelling dengan hemat.

Tips Liburan Hemat Ala Mahasiswa

Tips liburan hemat mahasiswa berikut ini bisa kalian jadikan acuan jika ingin liburan namun dengan budget terbatas lantaran masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa dan belum bekerja:

  1. Cari tiket murah

Berburu tiket murah dan promo menjadi salah satu tips jitu agar liburanmu bisa lebih hemat. Bahkan kalian bisa berlibur tidak hanya di dalam negeri namun juga bisa menjelajah luar negeri. Tentu akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan apalagi rasa ingin tahu ketika usia muda masih sangatlah menggelora. Susun rencana tempat tujuan liburanmu dan berapa lama waktu yang ingin kamu habiskan di sana sebelum waktu liburan tiba. Setelah itu, sering-cering cek tiket secara online di berbagai aplikasi dan search engine dan siapa tahu kalian beruntung mendapat tiket murah tersebut. Anggaran liburan pun bisa lebih hemat jika kita bisa memanfaatkan diskon dan promo-promo menarik yang sering ditawarkan oleh maskapai penerbangan atau transportasi lainnya. Selain itu, coba ikut kuis-kuis yang berhadiah liburan gratis. Siapa tahu keberuntungan sedang berpihak padamu.

  1. Carilah penginapan yang murah

Penginapan merupakan hal penting lainnya yang harus dipenuhi selama liburan. Tidak mungkin kan kalian menjadi gelandangan dan tidur di emperan toko orang? Carilah penginapan yang murah mengingat budget mahasiswa masih terbatas dan jangan foya-foya. Banyak penginapan-penginapan murah yang disediakan dengan konsep hostel untuk para backpacker. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dan bandingkan mana yang paling nyaman namun dengan harga yang paling murah dan terjangkau kantong.

Baca juga:  Puasa Jalan Traveling Lanjut Terus Dengan 5 Tips Berikut
  1. Bawa bekal makanan secukupnya

Harga-harga makanan dan minuman di tempat-tempat wisata cenderung lebih mahal karena dimanfaatkan oleh pengelola untuk mendapatkan keuntungan lebih. Untuk lebih berhemat bawalah bekal dari rumah seperti membawa mie instan, roti atau snack. Jika ibu kalian hobi bikin kue bisa minta dibuatkan untuk tambahan cemilan selama liburan. Bawa botol minuman sendiri sehingga bisa di refill misalnya di penginapan atau tempat-tempat yang menyediakan air minum gratis yang biasanya tersedia di beberapa negara.

  1. Ajaklah temanmu liburan

Tips liburan hemat mahasiswa yang terakhir adalah ajaklah temanmu untuk liburan. Liburan akan semakin seru dan menyenangkan jika kita pergi bersama teman-teman kita. Selain suasana liburan yang lebih seru, biaya pun bisa ditekan karena kita bisa share cost dengan teman-teman kita untuk hal-hal seperti transportasi, akomodasi, makan, dan lain sebagainya. Berbagilah kebahagiaan sekaligus saling berbagi budget biaya untuk liburan bersama temanmu.

Jangan ragu untuk menjelajah banyak tempat baru selagi masih muda dan manfaatkan liburanmu untuk mencari pengalaman dan belajar banyak hal. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.