Tips Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan

Liburan Untuk Menciptakan Momen

Liburan selalu identik dengan foto dan seolah keduanya tidak pernah terlepas selalu berkaitan. Liburan tanpa foto seperti sesuatu hal yang sangat disayangkan karena tidak bisa menciptakan momen untuk dikenang. Belum tentu kita datang untuk kedua kalinya di tempat kita berlibur tersebut, sehingga peran foto di sini sangat penting agar momen-momen indah dan menyenangkan ketika liburan bisa terekam dengan baik. Ketika kita rindu momen yang seru atau ingin mengenang teman-teman ketika liburan, dengan mudah kita bisa membolak-balik lembar demi lembar album foto atau menggeser satu per satu foto yang disimpan di handphone maupun laptop. Apalagi di zaman milenieal seperti sekarang, keberadaan foto ketika liburan sangat penting untuk eksistensi di sosial media. Sayangnya, tidak semua orang bisa membidik gambar dan obyek yang tepat ketika mengambil gambar melalui kamera. Terkadang blur, kurang pencahayaan, miring, dan masih banyak lagi hal lain yang menyebabkan foto yang tercipta kurang sempurna.

Tips Mendapatkan Foto Terbaik Saat Liburan

Tentu kita tidak ingin momen liburan yang begitu indah dan menyenangkan lewat begitu saja sehingga kita membutuhkan foto-foto dengan hasil yang bagus untuk merekamnya. Berikut ini beberapa tips mendapatkan foto terbaik saat liburan yang bisa dijadikan referensi agar hasil foto kalian tidak ‘zonk’:

  1. Mengejar momen

Bagi para fotografer handal dan profesional, mereka sudah biasa jika harus bangun dini hari untuk mengejar moment sunrise atau begadang semalam suntuk untuk mendapatkan momen terbaik ketika bulan maupun bintang sedang bersinar. Sehingga mengejar momen ini sangat penting dan membutuhkan effort atau perjuangan lebih ketimbang foto biasa dan asal-asalan tanpa mempedulikan momen yang ada. Karena beberapa momen seperti kabut di pagi hari, sunset di pantai, sunrise di atas gunung tidak bisa kita dapatkan setiap saat sehingga kita harus datang di saat yang tepat agar hasil jepretan maksimal dan keren.

  1. Pilih obyek yang tepat

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal sebisa mungkin cari obyek yang mungkin belum pernah ada orang yang melihatnya sehingga tidak terkesan ikut-ikutan. Hal ini akan menimbulkan daya tarik dan kepuasan tersendiri karena belum pernah ada orang yang mendapatkan obyek tersebut. Sehingga kita harus mengambil jepretan dengan obyek yang benar-benar tepat meskipun berada di tempat yang sebelumnya sudah banyak orang yang mengambil foto di tempat tersebut. Insting yang baik sangat diperlukan agar hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:  7 Tips Travelling Ke Luar Negeri
  1. Konsep dan Riset

Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan melakukan riset terlebih dahulu obyek wisata yang ingin kita dapatkan tentu kita bisa mempersiapkan peralatan dan setting kamera yang lebih tepat. Seperti misalnya ingin mengambil foto bintang-bintang ketika malam hari, siapkan tripod dan setting pencahayaan yang tepat. Ketika ingin mengejar momen kabut tentu kita harus datang pagi-pagi sekali agar tidak ketinggalan dengan momen kabut yang lewat dan membawa peralatan serta setting kamera yang memadai. Setelah melakukan riset, penting untuk membuat konsep foto seperti apa yang ingin kita hasilkan melalui jepretan handal yang dilakukan.

  1. Komposisi

Dalam menentukan komposisi ketika mengambil gambar, insting seorang seniman fotografer sangat diperlukan di sini. Agar foto terlihat keren dan tidak biasa atur komposisi obyek yang akan difoto sedemikian rupa melalui kamera yang ada. Misalnya dengan mengambil foto dengan jarak tertentu agar beberapa obyek yang menarik bisa terekam dengan kamera.

  1. Warna dan Angle Foto

Kedua hal ini sangat penting agar foto atau hasil jepretan yang dihasilkan lebih menarik dan indah dipandang mata. Cari sudut tertentu yang tepat agar obyek yang ingin di foto bisa lebih bagus hasilnya. Selain itu warna dan pencahayaan juga sangat penting untuk mendukung konsep foto yang sedang kita usung. Sering-sering lihat hasil jepretan fotografer yang sudah terkenal untuk belajar dan dijadikan referensi.

Dengan tips mendapatkan foto terbaik saat liburan ini semoga bisa membuat kalian lebih jeli dan memiliki insting yang lebih baik untuk membidik obyek yang akan di foto. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.