Tips Memilih Koper Untuk Traveling

Perlunya Koper Untuk Travelling

Selain tas backpack atau carile, koper juga diperlukan ketika melakukan perjalanan jauh baik ke luar kota maupun ke luar negeri. Beberapa traveler memilih untuk menggunakan koper karena tidak berat membawanya dan tinggal menyeretnya saja meskipun sebenarnya bepergian membawa koper cukup merepotkan dan ribet serta kurang praktis apalagi ketika transportasi yang digunakan adalah sepeda motor. Koper berfungsi sebagai tempat untuk membawa barang bawaan seperti pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan make up, dan masih banyak lagi. Selain alasan mudah dibawa dan bisa muat banyak bawaan, orang-orang cenderung memilih koper untuk bepergian karena lebih aman dan praktis. Membeli koper pun tidak bisa sembarangan dan harus tahu fungsi koper yang digunakan untuk apa karena koper sendiri terdiri dari beberapa tipe soft case dan hard case serta tersedia dalam berbagai macam ukuran.

Tips Dalam Memilih Koper

Sebelum memilih dan menentukan koper yang akan diambil, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang kita butuhkan jika menggunakan koper tersebut. Berikut ini tips memilih koper ketika akan melakukan perjalanan:

  1. Sesuaikan ukuran koper

Sesuaikan koper yang akan kalian bawa dengan rencana perjalanan kalian. Jika bepergian hanya selama 2 sampai 3 hari bawalah koper yang berukuran kecil yang bisa masuk ke kabin pesawat tanpa harus memasukkannya ke bagasi. Untuk ukuran koper yang bisa masuk ke kabin pesawat mulai dari 16 inch hingga 22 inch, sedangkan ukuran di atas itu harus masuk ke bagasi seperti ukuran 24 inch, 28 inch, hingga 32 inch. Bawalah pakaian dan barang bawaan secukupnya dan jangan berlebihan. Sebaliknya jika hendak bepergian selama lebih dari seminggu dan jalan-jalan ke destinasi wisata yang diniatkan untuk membeli oleh-oleh di sana, maka bawalah koper yang berukuran besar. Meskipun harus masuk bagasi, jangan lupa barang-barang yang berharga sebisa mungkin dimasukkan ke dalam tas yang bisa masuk ke kabin pesawat.

  1. Pilih bahan koper yang awet

Koper terdiri dari dua jenis yaitu soft case yang berbahan dasar kain atau kanvas dan hardcase yang berbahan dasar keras dan kaku. Pilihlah koper dengan bahan yang tidak mudah rusak dan tidak mudah sobek. Biasanya koper yang berbahan kaku atau keras akan lebih aman dan memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan. Sayangnya, seringkali beberapa jenis koper hard case mudah rusak dan rentan ketika proses pengangkutan ke bagasi. Pilihlah koper yang berbahan polycarbonate dengan berat yang cukup ringan namun tidak mudah retak dan pecah meskipun ditendang-tendang maupun diduduki. Sedangkan untuk koper jenis soft case, pilihlah bahan ballistic nylon yang cukup awet dan tidak mudah sobek.

Baca juga:  Puasa Jalan Traveling Lanjut Terus Dengan 5 Tips Berikut
  1. Pastikan gagang, resleting, dan roda koper dalam keadaan baik

Pilihlah koper yang memiliki dua bar daripada satu bar untuk gagang koper. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan apakah keberadaan gagang (handle) tersebut mempengaruhi kapasitas penyimpanan koper atau tidak. Untuk resleting, pilihlah yang berbahan logam agar tidak mudah saat diseret atau dibanting ketika proses pengangkutan. Sedangkan untuk roda koper terdiri dari dua jenis yaitu empat roda (spinner) dan dua roda (upright). Keduanya memiliki keunggulan masing-masing di mana koper yang beroda dua cenderung mudah ditarik di atas permukaan yang tidak rata, sedangkan koper yang beroda empet lebih mudah bergerak dan ringan tanpa terpengaruh berat beban di koper dan lebih cocok digunakan di jalan yang permukaannya halus.

  1. Perhatikan keamanan koper

Beberapa koper tersedia dalam bentuk resleting yang bisa digembok dengan password tertentu sehingga hanya sang pemilik yang bisa membukanya. Koper dengan perlengkapan keamanan seperti ini sangat diperlukan agar bisa terhindar dari tangan-tangan jahil. Koper-koper yang sudah memehuhi standar internasional adalah koper yang dilengkapi dengan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved). Petugas bandara pun dapat memeriksa setiap bagasi yang dicurigai membawa sesuatu sehingga mereka akan mudah membuka kunci dengan standar TSA tanpa merusak kunci koper.

  1. Kenali warna koper

Ketika bepergian menggunakan pesawat, tentu tidak hanya kita saja yang membawa koper karena penumpang yang lain pun sudah pasti membawa koper. Terkadang koper yang kita punyai bisa jadi sama warna, ukuran, dan mereknya dengan koper merek orang lain. Jadi jangan lupa untuk mengenali koper yang kita punya dengan memberi tanda seperti pita maupun label nama di atas koper.

Semoga tips memilih koper ini bisa membantu kalian yang sedang kebingungan mau memilih dan membeli koper seperti apa untuk kebutuhan traveling kalian.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.