Tips Liburan Saat Long Weekend

Kesempatan Berlibur Saat Long Weekend

Sebagian besar orang akan memanfaatkan waktu liburnya apalagi ketika long weekend untuk pergi ke tempat-tempat wisata. Apalagi bagi para karyawan pekerja kantoran yang waktu liburannya hanya ketika weekend sehingga ketika long weekend tiba layaknya seperti hadiah bonus yang datang tiba-tiba. Berlibur ketika long weekend pun ada beberapa keuntungan dan kekurangan yang harus dihadapi. Keuntungannya, kalian tidak perlu repot-repot untuk mengajukan cuti dan memanfaatkan liburan yang ada. Kekurangannya, berlibur ketika long weekend pasti selalu identik dengan macet, ramainya orang, dan biaya tiket masuk obyek wisata yang biasanya lebih mahal dari hari biasa ketika weekday. Sehingga banyak yang berpikir ulang untuk berlibur ketika long weekend dan memilih untuk tetap di rumah menghabiskan waktu. Namun, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap bisa memanfaatkan long weekend untuk berlibur tanpa mengeluarkan biaya banyak dan menghindari keramaian.

Tips Liburan Saat Long Weekend Tiba

Liburan merupakan salah satu upaya untuk menyegarkan kembali pikiran setelah penat dari rutinitas sehari-hari. Meskipun sebagian orang ada yang senang memanfaatkan long weekend untuk berlibur, namun ada pula yang merasa malas keluar ketika long weekend karena faktor macet dan biaya yang mahal. Berikut ini beberapa tips liburan saat long weekend yang bisa dijadikan referensi agar bisa lebih berhemat dan liburanmu semakin menyenangkan:

  1. Lakukan riset mengenai tempat wisata yang akan dituju

Melakukan riset sebelum merencanakan liburan sangat penting dilakukan agar liburan kita ketika long weekend tidak sia-sia. Cari informasi dan pilihlah tempat-tempat wisata yang antimainstream dan tidak banyak orang yang mengunjunginya. Karena jika berlibur ke tempat-tempat wisata yang mainstream dan banyak orang yang datang tentu macet dan harga yang mahal akan menjadi santapan saat berlibur. Beberapa orang yang tidak suka keramaian bisa memanfaatkan tempat-tempat liburan seperti taman, museum, gunung, maupun pantai yang masih sepi dan belum banyak yang tahu. Kita bisa bertanya langsung kepada orang-orang di sekitar tempat wisata yang kita tuju atau survey melalui internet. Jangan sampai liburanmu jadi sia-sia karena harus menghabiskan waktu mengantri dan bermacet-macetan di jalan. Untuk menghindari kemacetan yang parah, jangan lupa cari jalur alternatif dan pergi di waktu yang tepat ketika jalanan belum macet.

  1. Manfaatkan promo tiket online

Jika kita ingin berlibur ke luar kota atau luar negeri tentu kita membutuhkan tiket untuk bisa sampai ke tempat tujuan wisata tersebut. Long weekend biasanya dimanfaatkan oleh penyedia jasa travel untuk menaikkan harga tiketnya karena peak season. Sehingga kita harus rajin-rajin untuk cek tiket promo setiap hari secara online dan jika beruntung kita bisa mendapatkan tiket promo yang lebih murah dari harga biasa. Selain tiket transportasi, jangan lupa untuk memesan penginapan jauh-jauh hari dan manfaatkan paket-paket promo yang biasanya disediakan oleh hotel atau penginapan di dekat tempat wisata yang kita tuju.

Baca juga:  Puasa Jalan Traveling Lanjut Terus Dengan 5 Tips Berikut
  1. Pergi bersama teman atau rombongan

Tips liburan saat long weekend lainnya adalah pergi ke tempat wisata yang ingin dituju secara rombongan. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya transportasi dan akomodasi yang harus dikeluarkan ketika berlibur. Dengan pergi bersama teman, kita bisa menghemat biaya dan share cost atau berbagi biaya. Semakin banyak teman yang kita ajak, biaya untuk liburan semakin bisa ditekan. Selain itu, pergi bersama teman atau rombongan tentu lebih seru dan menyenangkan serta kita pun bisa berbagi cerita sepanjang perjalanan ketika suntuk jika harus berhadapan dengan kemacetan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.