Tips Hemat Liburan ke Jepang

Liburan ke Luar Negeri Tak Selalu Mahal

Seperti kita ketahui, berlibur ke luar negeri selalu identik dengan biaya yang mahal dan tinggi. Tak terkecuali berlibur ke Jepang yang memiliki kota Tokyo yang dinobatkan sebagai salah satu kota termahal di dunia. Negara yang terkenal dengan bunga sakuranya ini seolah selalu menghadirkan panorama wisata yang menakjubkan. Kita bisa menikmati indahnya Gunung Fuji, melihat bunga sakura ketika mekar dan gugur, belanja di pusat perbelanjaan Shibuya, mencoba kuliner khas Jepang, dan masih banyak lagi. Jepang merupakan negara yang terkenal dengan biaya hidupnya yang tinggi di mana pengeluaran setiap harinya bisa mencapai 1 juta rupiah. Tentu saja hal ini sering membuat traveler yang hendak merencanakan perjalanannya ke Jepang berkecil hati dan mengurungkan niatnya untuk berlibur ke Jepang. Padahal sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir budget yang dikeluarkan untuk berlibur ke Jepang.

Tips Liburan ke Jepang Agar Hemat

Berikut ini beberapa tips hemat liburan ke Jepang yang bisa dijadikan referensi sehingga impianmu untuk jalan-jalan ke Jepang bisa terealisasi tanpa takut biaya yang sangat tinggi ketika berada di sana:

  1. Tiket pesawat ke Jepang

Ada beberapa bandara yang tersedia di Jepang, yaitu Tokyo Haneda (HND), Bandar Udara Narita (NRT), atau Bandari Kansai (KIX) di Osaka. Agar bisa meminimalisir budget tiket pesawat, sebaiknya datang ke Jepang melalui Bandar Udara Osaka atau Bandara Itami (ITM) yang biasanya menawarkan harga tiket yang lebih murah. Range harga tiket pesawat dari Indonesia ke Jepang berkisar antara Rp 6.000.000,00 hingga Rp 8.000.000,00 dan bahkan bisa lebih murah ketika ada promo tiket pesawat. Jika ingin lebih murah lagi, datanglah ke Jepang ketika musim dingin bukan musim semi. Karena biasanya ketika musim semi akan banyak wisatawan yang ingin datang ke Jepang untuk melihat bunga sakura sehingga harga yang ditawarkan maskapai penerbangan pun cukup tinggi. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar siapa tahu bisa beruntung mendapatkan tiket promo.

  1. Transportasi selama di Jepang

Ketika berada di Jepang tentu kita membutuhkan alat transportasi agar bisa berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Jepang sendiri terkenal sebagai negara yang memiliki sistem transportasi terbaik di dunia dan sekaligus biayanya sangat mahal. Kita harus merogoh kocek hingga mencapai Rp 5.000.000,00 hanya untuk bepergian menggunakan shinkansen. Akan tetapi kita masih bisa menggunakan sarana transportasi lainnya seperti bus, taksi, kereta lokal, maupun menyewa mobil agar bisa berkeliling di Jepang. Jika ingin menghemat budget transportasi selama di Jepang, gunakan Japan Railway Pass (JR Pass) yang bisa digunakan untuk berkeliling tanpa batas selama 7, 14, hingga 21 hari di jalur kereta Jepang karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Sedangkan jika kalian berlibur hanya dalam beberapa hari di Jepang, maka bisa menggunakan regional pass yang memiliki fungsi yang sama dengan JR Pass hanya saja berlaku spesifik di daerah pilihan yang akan dituju saja. Tiket terusan yang disebut ‘Tokyo Free Kippu’ dan ‘Seishun 18 Kippu’ pun bisa menjadi alternatif pilihan yang mana dengan harga Rp 1.500.000,00 sudah bisa berkeliling ke seluruh rute kereta api dari Hokkaido hingga Kyushu. Sedangkan untuk perjalanan antar kota, gunakan kereta lokal atau bus malam yang harganya jauh lebih terjangkau. Hindari naik taksi selama di Jepang karena sangat mahal, untuk membuka pintunya saja kita sudah dikenakan 710 yen atau Rp 75.000,00.

Baca juga:  Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Terbaru dan Hits 2018
  1. Akomodasi

Selain transportasi, akomodasi merupakan hal penting lainnya yang harus dipikirkan jika ingin berlibur ke Jepang agar hidup kita tidak seperti terlantar di negara orang. Carilah penginapan yang dekat dengan pusat kota atau obyek wisata yang dikunjungi untuk menghemat budget naik kendaraan umum seperti kereta lokal maupun bus umum. Selain itu, pilihlah penginapan bertipe hostel yang biasanya menawarkan harga lebih murah sekitar 2.000 yen atau Rp 230.000 per malam di Shinjuku dan Shibuya.

  1. Makanan

Jangan biarkan diri sendiri kelaparan di negara orang. Apalagi biaya makan di Jepang sebenarnya tergolong murah dan masih terjangkau. Berbagai makanan khas Jepang seperti onigiri dijual Rp 11.000,00. Sedangkan bento dijual dengan harga Rp 35.000 per paket atau 300 yen. Jika ingin makan sushi yang murah, carilah Kaiten Sushi yang harga satu porsinya adalah 100 – 300 yen. Hindari tempat-tempat seperti kafe dan restoran karena harganya bisa lebih malah 5 hingga 10 kali lipat. Jajan di street food ala Jepang seperti oden, okonomiyaki, karage, tokoyaki, dan tempura bisa menjadi alternatif kuliner yang murah dan enak.

Demikian informasi mengenai tips hemat liburan ke Jepang. Semoga bisa membantu kalian untuk meminimalisri budget liburan ke Jepang. Jangan takut biayanya yang mahal karena traveling ke negeri sakura ini akan membawamu ke dalam pengalaman yang tidak terlupakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.