Temukan 3 Surga Dunia Yang Tersembunyi Di Sembalun Lombok

Sembalun Lombok adalah sebuah desa yang ada di kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini ada di kaki Gunung Rinjani yang telah berkembang menjadi daerah agrowisata, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, Nusantara, bahkan para pelancong mancanegara. Melihat semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang datang untuk melihat keindahan Desa Sembalun, pemerintah selalu melakukan perbaikan terhadap akses yang akan dilalui oleh wisatawan, sehingga jalan yang tersedia menuju Desa Sembalun saat ini sudah terbilang bagus.

Tidak hanya satu akses yang bisa kamu tempuh agar sampai di Desa Sembalun, pertama dengan melalui perjalanan melintasi Lombok Utara, atau memilih jalur yang melintasi Lombok Tengah. Tetapi di antara kedua akses jalan tersebut, perjalanan dengan melewati Lombok Utara adalah perjalanan terbaik, karena sepanjang perjalanan menuju Desa Sembalun dengan menggunakan akses ini, anda akan dimanjakan dengan keindahan Pantai Lombok yang telah mendunia. Selain itu, masih sedikit kendaraan yang memilih untuk melewati jalur ini, karena menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dari kota Mataram agar bisa sampai di desa Sembalun, Lombok Timur.

Wisata Lombok Sembalun memang telah masyhur kemana-mana, karena di desa ini terdapat banyak sekali objek wisata yang harus anda kunjungi, setidaknya ada 3 objek wisata yang bisa menjadi tujuan liburan anda bersama keluarga di Wisata Lombok Sembalun, yaitu sebagai berikut.

  1. Gunung Rinjani

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Rinjani, sebuah gunung tertinggi kedua di Indonesia yang tingginya mencapai 3726 mdpl. Semua pendaki pasti berkeinginan untuk menginjakkan kakinya di Puncak Rinjani, karena memang keindahan alam yang ditawarkan serta track yang terbilang tidak mudah akan sangat menantang adrenalin para pendaki untuk menaklukkan si Gunung Rinjani. Jadi, ketika anda berada di Pulau Lombok, list pertama tujuan wisata anda adalah Wisata Lombok Sembalun, dan menjadikan Gunung Rinjani sebagai objek wisata alam pertama yang akan anda kunjungi.

  1. Rumah tradisional Desa Blek

Selain menikmati Objek Wisata Alam Lombok yang begitu indah, sebaiknya anda juga mengunjungi daerah yang telah menjadi lokasi Wisata Adat di Pulau Lombok, terutama di desa Sembalun, yaitu kawasan yang berisi Rumah Tradisional Desa Blek. Di sini terdapat 7 rumah yang masih berdiri kokoh, ketujuh rumah tersebut disebut-sebut sebagai cikal bakal berkembangnya masyarakat di desa Sembalun Lombok. Keunikan dari rumah tradisional ini adalah bangunan rumah yang berasal dari alam, selain itu masyarakat Desa Sembalun selalu melakukan tradisi penyambutan tamu untuk tamu-tamu khusus yang datang berkunjung, tradisi penyambutan ini biasanya dilakukan dengan tarian yang diiringi oleh musik khas Lombok.

  1. Kebun buah
Baca juga:  7 Destinasi Wisata Romantis di Medan

Destinasi wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung adalah kebun buah, Wisata Lombok Sembalun tidak hanya menyediakan keindahan alam berupa pegunungan dan perairan, tetapi aktivitas penduduk setiap hari seperti berkebun dapat dijadikan objek wisata tersendiri yang menarik pengunjung. Apalagi mayoritas masyarakat memilih untuk menanam buah di sepanjang Jalan Sembalun Lombok. Jika mengunjungi Sembalun Lombok, tidak afdol rasanya jika anda belum mencoba 10 buah yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat Sembalun, yaitu strawberry, apel, kentang, jagung, bawang, jeruk, pepaya, jambu, wortel, dan tomat. Namun di antara ke-10 buah tersebut, buah apel dan strawberry adalah buah favorit yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Agar anda tidak ketinggalan musim panen dari kedua buah tersebut, cobalah datang mengunjungi Desa Sembalun pada bulan Juli dan Agustus, atau pada bulan Oktober agar anda anda bisa menikmati panen buah apel yang manis.

Pada zaman sekarang ini Wisata Alam adalah wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat, hal ini bukan tanpa alasan, coba kita lihat hiruk-pikuk ibu kota serta berbagai macam tuntutan yang harus dipenuhi oleh masyarakat perkotaan yang membuat mereka jenuh, ditambah dengan kebisingan ibukota yang akan semakin meningkatkan keinginan masyarakat untukdapat  menikmati liburan di alam bebas. Lombok adalah pulau yang menawarkan wisata alam yang selama ini anda idam-idamkan, segeralah ambil cuti liburan anda dan nikmati keelokan alam Lombok bersama orang-orang yang anda cintai.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.