Tempat Wisata di Gowa 2018 yang Wajib Anda Kunjungi

Gowa merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang sangat kaya akan destinasi wisata menarik. Di kabupaten ini, Anda dapat menikmati berbagai macam destinasi wisata. Dari mulai wisata budaya, wisata sejarah, sampai dengan wisata alam, semua nya tersedia di Kabupaten Gowa.

Jika dalam waktu dekat ini Anda berniat untuk mengunjungi kabupaten Gowa, berikut merupakan beberapa tempat wisata di Gowa 2018 yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan destinasi wisata:

Tempat Wisata di Gowa yang Tidak Boleh Anda Lewatkan

1. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam - Tempat Wisata di Gowa 2018

Benteng Rotterdam Gowa | Sumber: iffahap-rotterdam.blogspot.com

Benteng Rotterdam merupakan benteng bersejarah yang menjadi saksi bisu terjadi nya perebutan kekuasaan di Kerjaan Gowa Tallo. Benteng ini dulu nya bernama Benteng Ujungpandang, namun setelah kerajaan Goa Tallo dikuasai Belanda, nama benteng ini akhirnya diubah menjadi benteng Rotterdam.

Menurut penurutan masyarakat sekitar, di awal pendirian nya, benteng ini didirikan dengan menggunakan bahan material utama berupa tanah liat yang dicampur dengan putih telur. Setelah beberapa generasi kemudian, baru lah bangunan nya disempurnakan dengan material yang lebih kokoh.

Selain memiliki nilai sejarah, Benteng Rotterdam juga memiliki bentuk yang cukup unik. jika dilihat sekilas dari atas, benteng ini memiliki bentuk yang mirip dengan penyu. Konon, menurut penuturan masyarakat sekitar, bentuk penyu ini sengaja digunakan untuk melambangkan kekuasaan kerjaan Gowa Tallo yang mencakup areal darat dan laut.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata di Makassar yang satu ini, tempat ini dibuka setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

  1. Kebun Teh Malino

Objek wisata kebun kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan yang satu ini merupakan salah satu objek wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Secara keseluruhan, tempat ini sangat mirip dengan kawasan Puncak yang ada di Jawa Barat.

Baca juga:  Indahnya Dunia Bahwa Laut Di Taman Laut Taka Bonerate

Di area sekitar Kebun Teh Malino, ada banyak objek wisata menarik yang bisa Anda coba untuk kunjungi, seperti: air terjun seribu tangga, lembah biru, bunker peninggalan Jepang, Gunung Bawakaraeng, Air Terjun Takapala, dll.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, lokasi nya ada di Jl. Malino, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

  1. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu merupakan bangunan bersejarah yang terletak di Jl. Daeng Tata, Gowa, Makassar. Benteng ini memiliki bentuk arsitektur yang cukup unik, yaitu berupa segi empat dengan ketebalan benteng mencapai 3,6 meter.

Menurut penuturan masyarakat sekitar, sebelum digunakan sebagai tempat wisata, benteng ini dulu nya adalah pusat perdagangan produk remah – rempah yang selalu ramai dikunjungi oleh para pedagang dari manca negara.

Di bagian dalam benteng ini, Anda dapat menikmati sajian wisata lain berupa taman satwa dan wahana permainan air. Untuk bisa masuk ke wahana ini, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 85 ribu rupiah. Sedangkan untuk masuk ke Bteng Somba Opu sendiri, Anda diwajibkan untuk membayar biaya tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah per orang.

  1. Air Terjun Parangloe

Air terjun Paranglowe berlokasi di Desa Belapunranga, Kec. Parangloe, Gowa, Sulawesi Selatan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan lebar sekitar 15 meter.

Karena debit air nya yang tidak terlalu deras, di air terjun ini, Anda dapat bermain air tanpa harus takut terbawa arus. Selain itu, untuk Anda yang hobi mengambil foto, tempat ini juga benar – benar sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk hunting foto yang berkualitas.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Gowa 2018 yang tidak boleh Anda lewatkan saat tengah berlibur ke Kabupaten Gowa. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.