Tempat Menarik Untuk Menghabiskan Malam Di Tulungagung

Menikmati liburan di Tulungagung tak cukup hanya ketika siang saja karena ketika malam hari pun disuguhkan tempat-tempat wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Bahkan tempat-tempat wisata ini memang didesain khusus bagi para pelancong atau wisatawan yang ingin menghabiskan malam di Kota Tulungagung. Apalagi ketika malam hari kadang bosan di penginapan atau bingung mau mengajak keluarga dan anak-anak kemana, nah tempat-tempat berikut ini bisa dijadikan alternatif agar malammu di tulungagung tidak terasa bosan:

  1. Gubuk Sawah

Lokasinya berada di Desa Sumberejo Wetan, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Gubuk sawah terbilang masih baru dan baru booming sekitar tahun 2017 melalui sosial media instagram. Awal terbentuknya tempat wisata gubuk sawah ini adalah dari perkumpulan kelompok sadar wisata yang berinisiatif membuat tempat wisata dengan konsep baru, kemudian ladang sawah milik Pak Andi yang berkisar 126 meter pun dijadikan sebagai lahan untuk pembuatan gubuk sawah ini. Untuk menikmati keindahan kawasan wisata ini, kita harus datang kesana di jam operasional mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB. Tempat ini ramai ketika malam hari karena pengunjung lebih tertarik untuk melihat cahaya-cahaya lampu yang menghiasi tempat ini.

 

Tempat ini sangat menarik untuk dijadikan spot foto ketika malam hari. Gemerlap lampu warna-warni mengelilingi spot-spot foto yang dibuat seperti gambar sepeda, gubuk-gubuk yang didesain khusus layaknya gubuk sawah, dan masih banyak lagi dengan total semuanya terdapat 12 spot foto. Ornamen-ornamen yang dihasilkan juga cukup unik seperti tampak bekelip-kelip sandal yang terbuat dari sampah bekas botol minuman. Kita pun juga bisa wisata kuliner di sini karena terdapat banyak pilihan makanan tradisional serta minuman kopi dan teh hangat.

 

Tempat ini sangat cocok untuk wisata malam hari bersama keluarga, anak-anak, maupun teman-teman. Berdasarkan informasi, pengunjung bisa mencapai 3000 an orang ketika hari libur. Untuk memasuki gubuk sawah ini hanya cukup membayar Rp 5.000 saja dalam bentuk voucher yang bisa ditukarkan dengan satu minuman dan snack yang sudah disediakan.

 

  1. Taman Aloon-Aloon
Baca juga:  Wisata Predator Fun Park Batu Malang

Taman Aloon-Aloon ini letaknya di alun-alun Kabupaten Tulungagung  tepatnya di Jalan RA Kartini, Kampungdalem, Tulungagung, Jawa Timur. Jika berkunjung ke kota ini jangan lupa dan wajib mampir ke Taman Aloon-Aloon karena merupakan ikon dari kota ini. Pengunjung dari berbagai kalangan tua, muda, dan anak-anak memadati tempat wisata ini terutama ketika hari libur atau weekend tiba. Tempat ini juga menyediakan taman bermain anak-anak dan spot untuk berolahraga. Jadi kita bisa melakukan aktivitas baik hanya sekedar bersantai, ngobrol dengan teman dan keluarga, mengajak bermain anak-anak, membaca buku, belajar berkelompok, sekaligus berolahraga. Bangku-bangku dan meja yang disusun rapi, tempat refleksi kaki, arena lapangan yang luas, arena outbond, sangkar burung merpati, arena skateboard, dan toilet turut menunjang kelengkapan fasilitas di sini. Apalagi taman ini juga dikelilingi rerumputan dan pepohonan hijau yang rindang sehingga kita akan merasa sejuk ketika berada di tempat ini. Terdapat pula burung merpati yang berkeliaran bebas di sekitar taman dan pengunjung pun bebas memberi makan burung-burung ini. Tak hanya itu, ketika malam hari kita akan disuguhkan pemandangan eksotis berupa air mancur dihiasi keindahan lampu pada tulisan “Taman Aloon-Aloon” yang memantulkan cahayanya ke air mancur. Sangat cocok sekali taman ini untuk menghabiskan waktu ketika malam sambil menikmati beberapa jajanan di sekitar alun-alun.

 

Pada bagian tengah-tengah alun-alun kita bisa melihat tugu atau monumen yang di atasnya terdapat lambang Garuda Pancasila dan dikelilingi kolam yang jernih dan banyak ikan. Akses untuk menuju taman ini pun sangat mudah karena berada di tengah-tengah kota dan dekat dengan Stasiun Tulungagung bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Untuk memasuki tempat wisata ini tidak dipungut biaya dan hanya cukup membayar parkir Rp 1.000 untuk sepeda motor.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan liburanmu di Tulungagung menjadi lebih menyenangkan. Karena ketika kita menjadi wisatawan atau berkunjung ke luar daerah tentu ingin memanfaatkan waktu baik pagi, siang, maupun malam dengan sebaik-baiknya untuk meng-eksplore semua tempat wisata yang ada.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.