Taman Trunojoyo, Markasnya Para Arek Mania

Tidak heran jika Malang terkenal dengan sebutan Kota Bunga, di kota ini akan anda temui banyak taman yang dipenuhi oleh baragam bunga dan pepohonan rindang. Selain Alun-Alun Merdeka Malang dan Alun-Alun Tugu Malang, ada juga Taman Trunojoyo yang berada tepat di depan Stasiun Kota Baru Malang dan hanya berjarak sekitar 500 meter dari Balai Kota Malang. Posisinya yang sangat strategis ini membuat pengunjung mudah menjangkaunya, karena banyak angkutan kota dengan berbagai tujuan melewati Taman Trunojoyo.

Diresmikan pada tanggal 1 Juni 2014 (setahun lebih cepat dari diresmikannya Alun-Alun Merdeka Malang) oleh Wali Kota Malang, Bapak Anton. Taman Trunojoyo ini dibangun atas kerjasama pemerintah Kota Malang dengan PT Bentoel Prima, melalui pemanfaaatn dana CSR (Corpprate Social Responsibility). Taman ini dibangun dengan konsep Taman Cerdas, kenapa begitu? Karena di Taman Trunojoyo ini anda bisa mengakses perpustakaan kecil yang menyediakan beragam bacaan menarik. Selain itu banyak fasilitas publik yang bebas di akses oleh masyarakat, seperti RTH ( Ruang Terbuka Hijau) yang memiliki biopori (sumur resapan air). Sumur ini berfungsi untuk menyimpan cadangan air tanah dan menghindari terjadinya banjir di Kota Malang.

Banyak fasilitas menarik yang akan anda temui di Taman Trunojoyo ini, seperti playground dengan beragam aneka permainan anak, juga ada air mancur di tengah-tengah taman. Berbeda dengan taman-taman lainnya di Kota Malang, Taman Trunojoyo terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Tman Trunojoyo bagian Utara dan Selatan. Setiap bagian dilengkapi dengan fasilitas yang berbeda. Pada Taman Trunojoyo bagian Utara, terdapat fasilitas yang sangat cocok untuk liburan keluarga anda, di antaranya gazebo sebagai tempat untuk sekedar melepas penat atau bercengkrama santai bersama keluarga anda, fasilitas Playground untuk tempat bermain dan bersosialisasi anak-anak anda, lapangan air mancur yang bisa dijadikan sarana bermain air untuk anak-anak. Di bagian ujung utara taman ada perpustakaan yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan minat baca anak-anak anda dengan cara yang berbeda, sedangkan untuk orang tua yang ingin bersantai, Taman Trunojoyo juga melengkapi dirinya dengan fasilitas Pijak Refleksi Batu, di mana anda bisa berjalan di atas batu-batu yang telah disusun sebagai media untuk refleksi dari berbagai macam penyakit, serta beragam fasilitas lain yang bisa memanjakan para wisatawan.

Baca juga:  Wisata Alam Menarik di Jabodetabek

Berbeda dengan Taman Trunojoyo bagian Utara yang lebih menfokuskan pada arena bermain dan bersantai keluarga, di bagian Selatan taman, anda akan dibuat lapar dengan berbagai jajanan menarik yang dijual oleh para pedagang kaki lima. Anda bebas memilih makanan apa yang anda inginkan dan bisa menikmatinya di tempat-tempat yang telah disediakan seperti meja-meja kecil atau tempat-tempat lesehan sederhana. Biasanya, taman ini akan lebih ramai dikunjungi pada sore hingga malam hari.

Jika kita lihat berdasarkan kacamata Project for Public Spaces, taman ini bisa dikategorikan telah memenuhi standar pertamanan nasional, karena Taman Trunojoyo boleh dikatakan adalah sebuah kawasan hijau yang dipenuhi pepohonan rindang, serta mudah diakses karena terletak di salah satu pusat kota. Selain itu untuk anda para pecinta Arema, tidak akan lengkap jati diri Arema anda jika belum mengunjungi taman ini, kenapa?. Karena di salah satu sudut taman, tepatnya sudut taman yang berhadapan langsung dengan Stasiun Kota Baru Malang, terdapat Patung Singa Besar yang menjadi simbol kekuatan Arema. Anda bisa berfoto ria di kawasan ini sambil memperhatikan kendaraan yang berlalu lalang.

Di balik semua kelebihan tersebut, ada sedikit kekurangan dari taman ini,yaitu perpustakaan yang sering tutup karena sedikitnya jumlah pegawai yang mengawasinya, selain itu akan lebih cantik jika taman ini menambah koleksi bunga-bunganya. Nah, itu saja ulasan mengenai Taman Trunojoyo, salah satu Wisata di Malang yang harus anda kunjungi apalagi untuk para penggila Arema, selain itu anda juga bisa menjadikan tempat ini sebagai ruang tunggu saat akan bepergian menggunakan kereta api dari Stasiun Kota Baru Malang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.