Taman Laut Wayame, Surga Bawah Laut Ambon yang Eksotis

Mungkin anda sudah sering mendengar Taman Laut Latuhalat yang ada di desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Tetapi, pernahkah anda mendengar sebuah taman laut yang juga telah diresmikan oleh pemerintah sebagai salah satu daerah konservasi biota laut yang ada di kecamatan Teluk Ambon Baguala?. taman laut ini terletak di Desa Wayame sehingga dinamakan dengan Taman Laut Wayame. Sebuah destinasi wisata bahari yang sedang dikembangkan oleh pemerintah agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Taman laut merupakan sebuah wisata pantai ataupun laut yang dialihfungsikan menjadi tempat pelestarian berbagai macam ekosistem laut, mulai dari terumbu karang, berbagai macam jenis ikan, serta biota laut lainnya yang terancam punah akibat banyaknya kegiatan di sekitar pinggir pantai yang dapat merusak ekosistem bawah laut, seperti nelayan yang menangkap ikan dengan cara-cara yang tidak wajar, ada juga wisatawan yang menyelam tanpa memperhatikan keindahan dan keselamatan dari biota laut yang ada disekitar mereka, dan berbagai penyebab lainnya yang menyebabkan biota laut ada di suatu wisata bahari terancam rusak dan punah.

Alasan-alasan tersebut tentu cukup untuk menjadikan wisata bahari yang ada di desa Wayame ini sebagai salah satu taman laut yang harus dijaga kelestariannya. destinasi wisata bahari ini disebut dengan Tempat Wisata Taman Laut Wayame, saat berkunjung ke tempat konservasi biota laut ini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang menakjubkan dan menenangkan, karena dikelilingi oleh banyaknya pohon kelapa serta berbagai macam tumbuhan lainnya. Disamping itu, air laut yang berwarna biru cerah menambah pesona dari keindahan Tempat Wisata Taman Laut Wayame.

Tentu tidak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Tempat Wisata Taman Laut Wayame jika tidak menyelam ke kedalaman laut yang akan memperlihatkan surga yang tersembunyi di desa wayame. Pada daerah konservasi biota laut tersebut anda akan melihat berbagai macam terumbu karang yang sedang dikembangbiakkan dan dijaga oleh pengelola setempat bekerjasama dengan masyarakat yang ada di sekitar daerah wisata ini. Selain itu ketika menyelam anda akan disapa oleh ikan berwarna-warni yang akan mengiringi kegiatan menyelam anda sehingga anda tidak ingin kembali ke daratan betapa indahnya dunia bawah laut di salah satu desa yang ada di Kota Ambon ini.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Terbaik Di China Yang Populer

salah satu fungsi dari diresmikannya wisata bahari menjadi taman laut adalah agar menjaga ekosistem yang hampir rusak di kawasan wisata bahari itu, hal inilah yang terjadi pada kawasan pantai dan laut yang ada di desa Wayame. Melihat potensi pariwisata serta keindahan ekosistem laut yang seharusnya dapat dijadikan sebagai pendorong meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar, yang mulai rusak akibat tangan tangan jahil manusia, keputusan pemerintah untuk menjaga daerah tersebut dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Oleh karena itu penetapan wisata bahari yang ada di desa Wayame menjadi sebuah Tempat Wisata Taman Laut Wayame adalah pilihan tepat yang dapat membantu perekonomian masyarakat serta mewujudkan tujuan utama pariwisata Indonesia yaitu memperkenalkan betapa indahnya laut Indonesia kepada dunia, yang salah satu keindahan tersebut ada di Kota Ambon, tepatnya di Tempat Wisata Taman Laut Wayame.

Melihat besarnya potensi wisata yang ada di Tempat Wisata Taman Laut Wayame, tidak ada salahnya anda menyempatkan waktu liburan anda sehari atau dua hari untuk mengunjungi Tempat Wisata Taman Laut Wayame. Karena di destinasi wisata alam Ambon ini anda dapat mengetahui dan melihat lebih dekat betapa indahnya alam Indonesia terutama wisata bahari yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Rawatlah setiap destinasi wisata alam yang anda kunjungi dengan menjadi wisatawan yang patuh terhadap berbagai aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola setempat, salah satunya adalah dengan tidak merusak terumbu karang saat anda menyelam mengelilingi ekosistem bawah laut yang ada di Tempat Wisata Taman Laut Wayame.

Tunggu apa lagi, segera luangkan waktu anda dan persiapkan berbagai bekal yang anda butuhkan untuk menginap dan menikmati pesona Tempat Wisata Taman Laut Wayame bersama keluarga dan sahabat tercinta, mulai dari pagi hingga malam hari, sejak matahari terbit hingga bintang menemani tenda anda ketika berkemah di pinggir pantai Tempat Wisata Taman Laut Wayame.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.