Taman Laut Air Louw, Destinasi Liburan Idaman Keluarga

Indonesia terdiri dari berbagai macam kota dan kabupaten yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia, setiap kota dan kabupaten tersebut menyimpan aset pariwisata yang tidak bisa dianggap remeh, salah satunya adalah kota Ambon, sebuah kota terbesar ke 38 di Indonesia, kota yang terdiri dari 400.000 jiwa penduduk ini dinobatkan sebagai kota terbesar ke 21 di Indonesia dengan luas sekitar 359 KM persegi. Walaupun tidak terlalu besar dibandingkan kota dan kabupaten lainnya, Kota Ambon ternyata terbagi dalam 5 Kecamatan yang terdiri dari 50 desa atau kelurahan. Jika dilihat dari potensi pariwisatanya, maka bisa dikatakan bahwa setiap kecamatan di Kota Ambon dilengkapi dengan pariwisata yang harus anda kunjungi ketika berada di kota 1000 pantai ini.

Contohnya saja ada Pantai Amahusu yang ada di desa Amahusu Kecamatan Nnusaniwe, lalu juga ada berbagai macam taman laut yang tersebar di beberapa lokasi. Salah satu taman laut yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Ambon adalah Tempat Wisata Taman Laut Air Louw. Destinasi Wisata Bahari Ambon ini terletak di Desa Latuhalat Kecamatan Nusaniwe, sebuah desa yang hanya dihuni oleh sekitar 11000 jiwa penduduk. berbicara mengenai wisata bahari di desa Latuhalat, maka anda tidak boleh melewatkan Tempat Wisata Taman Laut Air Louw, Sebuah taman laut yang dimanfaatkan sebagai tempat perlindungan ekosistem bawah laut, walaupun belum tersentuh secara maksimal oleh tangan pemerintah, tetapi Tempat Wisata Taman Laut Air Louw patut dikunjungi karena menyimpan berbagai macam keanekaragaman biota bawah laut.

Tetapi, setelah lokasi ini ditetapkan sebagai sebuah Tempat Wisata Taman Laut Air Louw, berbagai biota laut yang ada di daerah tersebut semakin terlindungi, baik flora ataupun fauna, terutama terumbu karang dan berbagai macam ikan yang merupakan endemik dari Kota Ambon. Memang banyak sekali aturan yang harus dipatuhi ketika anda mengunjungi Tempat Wisata Taman Laut Air Louw, namun jangan bersedih karena hal itu dilakukan agar keindahan yang ditawarkan oleh taman laut ini tetap terjaga dalam waktu yang lama.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Kecantikan Air Terjun Aek Sijorni

Sebagai seorang wisatawan yang sengaja datang berkunjung dari berbagai daerah ke Desa Latuhalat, anda diperbolehkan untuk menikmati keindahan dunia bawah laut dengan menyelam di berbagai spot yang telah disediakan oleh pengelola setempat, bawalah serta perlengkapan menyelam anda, karena dikhawatirkan banyak sekali wisatawan yang datang untuk menyelam di lokasi tersebut, sehingga perlengkapan menyelam akan sulit anda temui. Selain itu, anda juga harus menjaga kelestarian alam bawah laut di Tempat Wisata Taman Laut Air Louw, karena sebagai taman laut yang difungsikan sebagai tempat konservasi berbagai macam ekosistem laut, para wisatawan dilarang untuk berburu ikan di wilayah tersebut, di samping itu anda juga dilarang untuk menyentuh terumbu karang apalagi menginjaknya ketika menyelam. Oleh karena itu, sebaiknya anda minta penduduk setempat atau pihak pengelola untuk menemani kegiatan menyelam anda, agar tidak ada terumbu karang rusak secara tidak sengaja.

Ajaklah serta keluarga terutama anak-anak anda untuk berkunjung ke Tempat Wisata Taman Laut Air Louw yang ada di desa Latuhalat ini, karena tempat ini sangat bagus dijadikan sebagai sarana pendidikan untuk mengajarkan kepada anak-anak anda mengenai pentingnya menjaga ekosistem laut agar keberlangsungan kehidupan manusia semakin terjaga. Ajak mereka untuk menyelam menikmati keindahan terumbu karang serta berenang bersama ikan-ikan yang ada di kawasan Tempat Wisata Taman Laut Air Louw, ajarkan kepada mereka untuk mencintai makhluk hidup lain yang ada disekitarnya, dan yang paling penting jangan biarkan mereka untuk merusak terumbu karang yang telah dibudidayakan dengan susah payah oleh masyarakat dan pemerintah setempat.

Destinasi wisata ini dapat anda tempuh dengan melakukan perjalanan selama lebih kurang 45 menit, karena jarak Desa Latuhalat dari Kota Ambon hanya sekitar 18 km, dan jalan yang akan anda lalui juga sudah dalam kondisi baik, sehingga perjalanan anda akan menjadi sangat menyenangkan dan tidak terganggu dengan berbagai macam rintangan. Selamat berlibur, dan jadilah wisatawan yang baik dengan menjaga kebersihan lingkungan di tempat wisata yang anda kunjungi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.