Taman Kota Hijau, Taman Singha Merjosari Malang

Wisata di Malang memang tidak bisa jauh-jauh dari konsep-konsep yang bernuansa hijau atau yang bertemakan back to nature, agar terwujud impian menjadikan Kota Malang sebagai kota yang berbasiskan alam, kota hijau, yang sejuk dan ramah untuk warganya. Keinginan ini direalisasikan dengan membangun berbagai taman-taman kota yang tersebar di berbagai wilayah. Seperti Alun-Alun Merdeka Malang, Alun-Alun Tugu Malang, Taman Slamet, Taman Tronojoyo, Hutan Kota Malabar, dan berbagai taman serta lahan terbuka lain. Dibangunnya taman-taman ini selain untuk menambah ruang hijau yang ada, juga untuk menambah tujuan wisata masyarakatnya. Dengan adanya taman kota, masyarakat akan memiliki tujuan wisata yang ramah keluarga, sebuah destinasi wisata murah tapi bernilai tinggi.

Taman Singha Merjosari Malang

Sumber: ilovemalang.net

Setiap taman kota yang dibangun memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing, setiap taman-taman di Kota Malang memiliki keunikan yang berbeda-beda, sehingga setiap taman tersebut terasa saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Mewujudkan taman yang mampu menyeimbangkan fungsi ekologis, hidrologis, kesehatan, ekonomi, sosial, juga pendidikan adalah tujuan pertama dibangunnya taman ini. Dengan mengusung konsep Taman Kota Hijau, hadirlah Taman Sigha Merjosari dengan luas sekitar 29.012 m2. Taman Singha Merjosari berlokasi di Jl Mertojoyo Selatan, kelurahan Merjosari, Lowok Waru. Taman yang berada di depan pasar dinoyo ini (pasar tersebut telah dipindahkan ke pusat perbelanjaan dinoyo) diresmikan pada tahun 2012. Setiap tahunnya banyak terjadi perubahan dan penambahan fasilitas di taman tersebut, seperti fasilitas skybike yang bisa dinikmati semua kalangan.

Taman Singha Merjosari sebagai salah satu kawasan Wisata di Malang menyediakan beragam fasilitas liburan yang bebas anda nikmati, seperti gazebo, playground, jogging track, area berpasir pantai untuk tempat bermain anak anda, ada juga foot therapy, beragam tanaman langka, tempat parkir yang lumayan luas, serta toilet umum. Selain itu di depan taman ini, berjejeran berbagai warung makanan yang menawarkan beragam jajanan dan kuliner khas Malang yang siap anda nikmati.

Setiap tahunnya, taman ini selalu berusaha memperbaiki dan menambah fasilitas yang ada di sana, sekarang anda sudah bisa menikmati fasilitas Skybike (sepeda udara). Dengan menggunakan sepeda udara ini anda bisa mengelilingi Taman Merjosari dari ketinggian, hingga seluruh area taman dan daerah sekitarnya dapat terlihat dengan jelas. Untuk menikmati fasilitas ini, anda tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun, hanya tinggal antri dan setelah itu anda bebas menggunakan skybike sesukanya, tapi tetap ada batasan waktu yaa agar semua pengunjung bisa merasakan sensasi bersepeda di udara. Bagaimana mengoperasikan si skybike keren ini? Layaknya sebuah sepeda, sky bike juga mempunyai pedal yang harus dikayuh secara bersamaan, dan pada belokangan atau tikungan anda harus mengayuh dengan lebih kencang lagi agar sky bike anda tidak berhenti di tengah-tengah jalur sepeda. Pengunjung yang boleh menaiki wahana ini pun tidak terbatas, boleh anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan kakek nenek, yang penting mampu mengayuh sepeda, tetapi untuk anak-anak yang masih membutuhkan pengawasan orang tua serta lansia harus mendapat perhatian lebih dan ekstra hati-hati.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Di Jakarta Barat 2018 Yang Istimewa

Skybike ini bisa dimanfaatkan setiap hari, tapi ada jam operasionalnya, yaitu senin-kamis dibuka pada sore hari dari jam 15.00-18.00, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu dibuka pada pagi hari jam 08.00-10.00, dan juga sorenya pada pukul 15.00-17.00.

Selain Skybike, Taman Singha Merjosari juga dilengkapi dengan beragam fasilitas fitness yang disebut dengan Taman Bugar, sedikitnya ada 10 peralatan fitness yang bisa anda nikmati, seperti tree waist swivel, lat pull down two seats, air walker, bicycle, dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah ruang publik, banyak pengunjung yang mengatakan bahwa Taman Merjosari adalah taman yang mampu menfasilitasi masyarakat untuk bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungan sekitar. Melihat kelengkapan fasilitas dan kondisi Taman Singha Merjosari yang asri, tidak mengherankan bila taman ini selalu ramai dikunjungi, ada yang ingin bersantai menikmati semilir angin, ada yang datang untuk berolahraga bersama rombongan, ada keluarga yang datang untuk mengajak anaknya bermain, dan berbagai tujuan lainnya. Anda bebas menikmati fasilitas ini, biaya yang harus dikeluarkan pun hanya untuk parkir dan membeli jajanan enak yang bertebaran di sekitar Taman Singha Merjosari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.