Surga di Tengah Kesibukan, Taman Slamet Malang yang Mendamaikan

Kawula muda adalah sasaran empuk para pengembang destinasi Wisata di Malang, mereka berlomba-lomba membangun beragam jenis Tempat Wisata menarik dengan menyuguhkan berbagai konsep yang berbeda dan unik. Ada yang mengusung tema taman bermain kekinian, mengubah Wisata Alam Malang menjadi Obyek Wisata Kekinian tetapi tetap bisa mempertahankan keasrian alam Malang nan Mempesona, serta berbagai tempat wisata menarik lainnya. Salah satu Wisata di Malang yang paling sering dikunjungi adalah taman, namun beberapa tahun terakhir, taman hanya dikunjungi oleh orang-orang yang sudah berkeluarga saja. Sedangkan anak muda banyak yang memilih menghabiskan waktu liburannya di wahana bermain kekinian dan bisa dijadikan obyek foto yang ciamik.

Wisata Taman Slamet Malang

Sumber: deauno.wordpress.com

Mengembalikan ketertarikan kawula muda pada taman, menjadi tujuan pemerintah bagian pariwisata selanjutnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah bersama para desainer pertamanan mencoba merancang taman-taman masa kini yang bisa dinikmati semua kalangan, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, single ataupun sudah berkeluarga. Oleh karena itu sejak beberapa tahun terakhir Pihak Pariwisata Kota Malang melakukan revitalisasi besar-besaran terhadap berbagai taman yang ada, seperti Alun-Alun Merdeka Malang yang direvitalisasi pada tahun 2015, Taman Turnojoyo yang selesai dikembangkan pada tahun 2014, dan terakhir ada Taman Slamet.

Taman Slamet adalah salah satu Taman Tersembunyi di Kota Malang, terletak di Jl Taman Slamet, di antara RT 4 dan 5, Kelurahan Gading Kasri, Klojen, Kota Malang. Untuk mengakses taman ini bisa dengan melewati 3 jalur utama, yaitu Jl Ijen, Jl Semeru, dan Jl Kawi. Lokasi yang tersembunyi dalam kawasan perumahan tidak mengurangi pesona Taman Slamet, anda bisa menemukan Taman ini yang terletak sekitar 100 meter dari perpustakaan Kota Malang (tepatnya di sebelah Kertanegara Premium Guest House).

Ketika sampai di kawasan ini anda akan disambut dengan tulisan besar berwarna putih jingga yang bertuliskan Taman Slamet. Taman yang berhasil direvitalisasi ini menghabiskan dana sebesar 1 Milyar rupiah. Program ini berhasil berkat kerja keras pemerintah yang bekerja sama dengan CSR dan PT Bentoel Prima. Setelah proses revitalisasi selesai, taman yang awalnya hanya berupa pepohonan, jalur untuk pejalan kaki yang dihiasi oleh beberapa lampu taman, kini berhasil disulap menjadi lebih atraktif. Selain dapat berfungsi sebagai tempat melepas penat dan menghilangkan kejenuhan, taman ini juga bisa digunakan sebagai tempat berolahraga. Dan untuk anda kawula muda yang senang mencari spot-spot foto menarik, cobalah kunjungi Taman Slamet, di sana anda akan mendapati sebuah lorong jingga yang dirancang dengan bentuk yang unik, acak, tidak beraturan tetapi berhasil menjadi daya terik tersendiri.

Baca juga:  Batu Payung, Spot Wisata Memukau Yang Sangat Instagramable

Lorong Jingga itu sebenarnya merupakan visualisasi dari 6 gunung yang ada di sekitar Malang, yaitu Arjuno, Semeru, Bromo, Panderman, Kawi, dan Gunung Kelud. Selain lorong jingga unik ini, ada juga lorong kotak putih, beberapa hiasan lain yang bertemakan urban, hingga fasilitas-fasilitas olahraga yang bisa anda manfaatkan, seperti jogging track, hardscape, dan beberapa peralatan olahraga yang biasa anda temukan di tempat fitness.

Setelah semua fasilitas taman selesai dibangun, maka pada tanggal 2 April 2016, Taman Slamet resmi menjadi Taman Wisata Keluarga yang diresmikan oleh pemerintah setempat dengan perwakilan Pt Bentoel Prima. Kehadiran Taman Kekinian ini sekaligus menjadi hadiah spesial untuk HUT Kota Malang yang ke 102. Kerja keras pemerintah inipun membuahkan hasil, tidak lama setelah diresmikan, foto-foto unggahan para warganet yang bertemakan Taman Slamet pun mulai bermunculan. Taman yang awalnya hanya dikunjungi oleh beberapa warga sekitar saja, kini memiliki lebih banyak pengunjung dari berbagai kalangan yang datang dengan tujuan yang berbeda-beda.

Untuk menikmati beragam fasilitas ini, anda tidak akan dipungut biaya apapun, anda hanya perlu menyediakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil. Akses menuju Taman Slamet sendiri tidaklah sulit, cukup dengan melewati jl Semeru, tepatnya terletak di antara Perpustakaan Kota Malang dan Stadion Gajayana.

Ayo kawula muda, kunjungilah Taman Slamet ini, di sana akan kamu temukan spot-spot foto menarik yang layak untuk diunggah di media sosialmu.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.