Sunset Indah di Pantai Losari

Ketika mendengar nama kota Makassar, hal pertama yang terlintas dalam benak anda pasti keindahan Pantai Losari. Benar sekali, Pantai Losari adalah icon-nya kota Makassar yang merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Daya tarik dari pantai ini adalah keindahan alam yang akan memanjakan anda ketika matahari tenggelam di sudut Pantai Losari, sehingga pantai ini akan dipadati oleh pengunjung pada sore hari, mulai dari jam 03.00 sore hingga 09.00 malam. Banyaknya wisatawan lokal, interlokal, maupun mancanegara yang mengunjungi Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari ini, menjadikan di sepanjang bibir pantai berjajar ratusan warung tenda yang menyediakan beragam kuliner khas Makassar. Banyaknya warung tenda yang berjajar rapi di sepanjang Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari, menjadikan Pantai Losari dijuluki sebagai pantai dengan meja dan warung terpanjang di dunia, karena jika dihitung, jajaran warung tersebut dapat mencapai 1 km.

Pantai Losari Makassar

Pantai Losari Makassar | Sumber: anekatempatwisata.com

Makanan khas Makassar yang paling terkenal dan banyak ditemukan di sepanjang Pantai Losari adalah pisang epe. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner dimasak dengan cara dibakar, lalu dipipihkan, dan terakhir diberi air gula merah, pisang epe akan sangat nikmat jika dimakan ketika masih hangat. Tetapi, deretan warung tenda tersebut tidak akan lagi anda temui pada saat sekarang ini di sepanjang Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari, karena semua warung itu telah dipindahkan ke kawasan sekitar Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari, yaitu di depan rumah walikota Makassar.

Selain deretan warung tenda yang melegenda, dengan sajian pisang epe yang nikmat, Pantai Losari adalah salah satu pantai unik yang menyediakan fasilitas hotspot internet gratis untuk para pengunjungnya, sehingga banyak muda-mudi yang datang berkunjung untuk menikmati layanan hotspot gratis sekaligus juga memanjakan mata dengan keindahan Sunset yang mengguratkan warna merah jingga di ujung Pantai Losari Makassar. Walaupun dinamai Pantai Losari, tetapi pantai ini tidak memiliki pasir seperti pantai-pantai lainnya, dan pengunjung juga tidak diperbolehkan berenang di Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari ini, karena airnya yang sangat dalam. Namun untuk mengganti semua kekurangan tersebut Pemerintah telah menyediakan berbagai macam wahana permainan air, seperti perahu, sepeda air, dan banana boat. Sedangkan untuk mengganti pasir di sepanjang Pantai Losari, pemerintah menyediakan tanggul beton yang bermanfaat untuk menahan ombak, dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sekedar duduk santai atau sebagai spot memancing ikan.

Baca juga:  Wisata Terbaik Myanmar

Agar fasilitas di Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari semakin lengkap, pemerintah juga menyediakan sebuah masjid yang terletak di sekitar pantai Losari. Masjid ini memiliki dua menara dan 2 kubah, keunikan dari masjid ini adalah karena merupakan sebuah Masjid Terapung yang diberi nama masjid Amirul Mukminin. Masjid Terapung ini mampu menampung sekitar 400 jamaah, dengan pancang yang dipasang pada lautan Pantai Losari, masjid Amirul Mukminin sebagai sebuah Masjid Terapung boleh dibilang kokoh untuk digunakan untuk beribadah umat muslim. Fungsi Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari sebagai ikon Kota Makassar, menjadikan kawasan di sekitar Pantai Losari banyak diminati oleh para pebisnis untuk mengembangkan usahanya, seperti penginapan, pertokoan, serta berbagai macam fasilitas umum yang akan memudahkan wisatawan ketika mengunjungi Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari. Di samping itu, anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun ketika mengunjungi objek wisata Pantai Losari ini.

Supaya liburan anda semakin menyenangkan, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi beberapa Destinasi Wisata Makassar lainnya yang ada di sekitar Tempat Wisata Keluarga Pantai Losari, yaitu Pulau Kayangan yang dihiasi oleh pasir putih yang menampilkan pemandangan cantik nan menakjubkan, Pulau Samalona dengan pesona bawah laut yang begitu menggoda, Benteng Fort Rotterdam yang dapat anda jadikan sebagai wisata sejarah untuk pengetahuan anda dan keluarga, menikmati wisata kuliner coto Makassar yang terdapat di sepanjang Jalan Nusantara, serta berbagai Destinasi Wisata Sulawesi Selatan lainnya yang bisa anda kunjungi bersama keluarga. Namun, ketika mengunjungi Kota Makassar persiapkan terlebih dahulu berbagai macam kebutuhan yang anda perlukan, terutama topi dan sunblock, karena kota Makassar adalah salah satu kota dengan cuaca yang cukup panas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.