Sumber Podang, Desa Wisata Alam Kediri

Kita seolah-olah berada di zaman batu, semua yang kita temui setiap harinya adalah kerasnya bebatuan beraneka ragam. Rumah, gedung, pertokoan, sekolah, dan tempat bermain, serta berbagai lokasi lainnya adalah hal lumrah yang kita lihat sehari-hari. Tentu bosan dengan pemandangan yang itu-itu saja, anda membutuhkan hal baru untuk dinikmati agar stress tidak lama bergelayut pada diri anda.

Menikmati keasrian alam adalah salah satu cara terbaik menghilangkan kejenuhan anda, juga dapat memberikan rasa tentram dan nyaman untuk para penikmatnya. Di Kediri, terdapat suatu desa yang dibangun menjadi Kawasan Wisata Alam, yaitu Sumber Podang. Wisata Alam Sumber Podang Kediri sendiri tepat berada di Dusun Karangnongko, Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Sumber Podang, terdengar asing memang. Setelah ditelusuri awal mula munculnya nama ini, diketahui bahwa nama tersebut bersumber dari nama kelompok masyarakat daerah setempat yang sadar wisata. Kelompok tersebut mengajak masyarakat untuk menyadari potensi alam yang bisa dimanfaatkan di Dusun Karangnangko. Wisata Alam Sumber Podang menawarkan pemandangan pedesaan yang asri lengkap dengan pepohonan hijau dan sumber air yang melimpah. Untuk sumber air, desa ini memiliki Empung Joho dan sungai yang memberikan akses air bersih tak terbatas untuk warganya.

Wisata Alam Sumber Podang Kediri juga menyuguhkan kesejukan udara pedesaan yang dapat anda nikmati sepanjang waktu. Rimbunnya pepohonan seakan menghanyutkan anda pada dimensi yang berbeda, anda yang biasanya duduk diruangan yang didinginkan oleh mesin, sekarang dimanjakan oleh tiupan angin sepoi-sepoi pepohan yang menenangkan. Hal ini membuat wisatawan lokal ataupun mancanegara betah berlama-lama berada di Wisata Sumber Podang Kediri ini.

Selain untuk menikmati keindahalan Wisata Sumber Podang Kediri, di tempat ini anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas menarik, seperti Tracking menunju Embong Joho, berenang menikmati kesegaran aliran air pegunungan, menikmati keelokan taman bunga matahari serta melakukan river tubing, yaitu sebuah kegiatan penyusuran sungai yang dilakukan dengan menggunakan ban. Beragam aktifitas menarik ini bisa anda nikmati bersama dengan keluarga dan sahabat-sahabat tercinta anda.

Baca juga:  Napak Tilas Sejarah Budaya Toraja Di Desa Ke’te Kesu

Di samping itu, Obyek Wisata Sumber Podang Kediri, juga menyedikan paket wisata outbond yang sangat murah, dengan membayar Rp. 50.000,-/ orang, anda sudah bisa menikmati wahana flying fox, river tubing, ice breaker, dan lain sebagainya.

Ternyata, Tempat Wisata Sumber Podang Kediri tidak hanya memiliki Wisata Alam yang memanjakan mata, ada juga kekayaan budaya yang bisa anda temukan yang kaya akan sejarah dan edukasi. Ketika mengunjungi Desa Wisata Sumber Podang Kediri, sebaiknya anda juga mengunjungi Candi Gangsang dan Musholla Syech Bela Belo, dua tempat bersejarah yang ada di daerah tersebut.

Untuk anda yang mengajak serta keluarga ke Wisata Alam Sumber Podang ini, dapat juga memilih berwisata edukasi dengan belajar tentang cara beternak lebah madu, mempelajari kerajinan anyaman bambu dan janur dari para ahlinya, dan anda juga akan dijari cara memasak nasi goreng tiwul khas kediri dari masyarakat sekitar, serta anda akan dibawa ke kebun sayuran dan belajar bercocok tanam di sana.

Tempat Wisata Alam yang lengkap bukan?. Dengan mengunjungi satu daerah, anda sudah bisa menikmati beragam keindahan alam dan aktifitas-aktifitas menarik. Jika sudah lelah berkeliling Obyek Wisata Alam Sumber Ponang Kediri, anda dapat menambah stamina anda dengan mnikmati berbagai kuliner khas Kediri, seperti Nasi Goreng Tiwul dan berbagai kudapan enak lainnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.