Sumber Air Panas Alami di Negeri Tulehu

Jika anda masih bingung menentukan tempat yang akan anda kunjungi selama waktu liburan, alangkah baiknya anda mencoba mengunjungi salah satu negeri yang ada di Kota Ambon. Negeri ini terletak di sebelah timur pulau Ambon dan dikenal dengan nama Tulehu. Negeri Tulehu sendiri adalah salah satu negeri yang berada di bawah naungan Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Perbedaan Tulehu dengan negeri lainnya terletak pada kondisi Negeri Tulehu yang merupakan sebuah negeri yang masih dipimpin oleh seorang raja dengan penduduk sekitar 20000 jiwa, memang ini merupakan sebuah angka yang fantastis untuk ukuran sebuah desa.

Seperti yang telah sama-sama kita ketahui bahwa Ambon menyimpan kekayaan alam yang begitu menakjubkan, ada formasi pantai yang mengelilingi Kota Ambon ditambah beberapa pegunungan yang bertugas menjaga kestabilan Kota Ambon. Namun, Kota Ambon ternyata masih kalah pamor dibandingkan destinasi wisata lainnya, terutama destinasi wisata bahari yang ada di negeri Tulehu, padahal jika anda berkesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Negeri Tulehu ini maka anda akan menemukan sebuah mutiara yang telah tersembunyi sekian lama di pelosok pulau Ambon tersebut. Dikenal sebagai salah satu tempat wisata bahari yang ada di Kota Ambon, Tempat Wisata Bahari Tulehu ternyata memiliki tiga sumber air, pertama berasal dari air pegunungan, kemudian air panas yang mengaliri berbagai kolam pemandian air panas yang ada di beberapa tempat di Kota Ambon, serta air laut yang terkenal dengan keindahannya. Setiap sumber air ini menjadi berkah yang besar bagi masyarakat di Negeri Tulehu, sebut saja air yang berasal dari pegunungan yang menjadi sumber mata air bagi sebuah kolam pemandian besar dan dapat menarik banyak sekali wisatawan untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.

Tempat Wisata Bahari Tulehu dapat anda capai dengan melakukan perjalanan sejauh 25 km dari pusat Kota Ambon, di sepanjang perjalanan tersebut anda akan disuguhkan dengan deretan pantai yang begitu indah, mulai dari Pantai Natsepa yang terkenal dengan kontur pantai yang landai, hingga beberapa pantai lainnya sebelum anda sampai di Negeri Tulehu yang terkenal sebagai sebuah Tempat Wisata Bahari Tulehu. Membicarakan mengenai Tempat Wisata Bahari Tulehu memang tidak ada habisnya, setelah sebelumnya di jelaskan mengenai sumber air pegunungan yang menjadi sumber bagi kolam pemandian besar yang ada di Negeri Tulehu, selanjutnya juga ada pantai yang dialiri oleh air panas alami. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Tempat Wisata Bahari Tulehu. Pantai yang dialiri oleh air panas alami ini berada di Dusun Air Panas, di mana sumber air panas tersebut berada dekat dengan lautan. Bahkan di sekitar pantai ini anda akan menemukan beberapa reruntuhan yang merupakan bekas kediaman tentara Jepang saat mereka menguasai Ambon. Tentara Jepang tersebut mendirikan hunian yang mereka manfaatkan untuk menikmati pesona lautan yang ada di Tempat Wisata Bahari Tulehu sambil berendam di pemandian air panas alami yang mengalir deras di sekitar lautan tersebut.

Baca juga:  Pesona Pantai Pintu Kota Yang Memikat Hati

Namun sekarang, banyak wisatawan yang datang berkunjung ke Tempat Wisata Bahari Tulehu, mereka ingin menikmati sensasi mandi air panas di atas hambaran Pasir Putih, bahkan banyak di antara warga asli Negeri Tulehu yang sengaja membawa gayung untuk menimba air panas dan menyiramkannya ke tubuh mereka. Selain wisata air panas alami yang berada dekat dengan lautan, Tempat Wisata Bahari Tulehu ternyata juga dapat anda nikmati dengan menyelam di sebuah pantai yang dinamakan dengan Pantai Batu Kuda. Akan tetapi, anda harus berhati-hati saat menyelam di kawasan tersebut, karena menurut warga sekitar pernah terlihat hiu berenang di sekitar kawasan Pantai Batu Kuda ini. Namun, di samping keindahan laut yang mempesona, ternyata Pantai Batu Kuda adalah salah satu Tempat Wisata Bahari Tulehu yang juga dialiri oleh sumber air panas alami, walaupun sumber air panas yang ada di Pantai Batu Kuda ini tidak sebesar sumber air panas yang mengalir di Dusun air panas, meskipun begitu pemandangan yang disajikan tidak kalah eksotis dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Negeri Tulehu.

Menjadikan Negeri Tulehu sebagai destinasi wisata liburan anda selanjutnya adalah sebuah pilihan yang tepat, ajaklah serta keluarga dan sahabat anda untuk menikmati keindahan Tempat Wisata Bahari Tulehu, sambil berendam di air panas alami yang ada di kawasan pantai tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.