Spot Sunrise Terbaik di Indonesia

Panorama Keindahan Sunrise

Menikmati keindahan matahari terbit dari ufuk timur dengan view yang menawan tentu menjadi pengalaman yang mengesankan. Apalagi bagi para pecinta pemandangan langit, tentu panorama keindahan sunrise akan selalu dikejar agar mendapatkan momen yang indah tersebut. Kita harus sedikit berjuang dan bangun lebih pagi sebelum matahari terbit agar tidak ketinggalan momen ketika matahari perlahan menampakkan sinar wajahnya dari ufuk timur. Travelling dan sunrise seolah menjadi paket lengkap yang tidak bisa dipisahkan dan rasanya kurang lengkap jika tidak bisa mengabadikan momen sunrise tersebut. Negara Indonesia sebagai negara yang kaya akan potensi alam dan wisata yang menarik tentu memiliki spot-spot sunrise yang menarik untuk diabadikan dan kita akan berdecak kagum dengan keindahannya.

Spot Sunrise Terbaik di Indonesia

Keindahan sunrise selalu menghadirkan panorama yang luar biasa apalagi jika dinikmati dari view yang  menarik. Berikut ini beberapa spot sunrise di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia yang lokasinya berada di Provinsi Sumatera Utara. Kita pun bisa melihat pemandangan sunrise yang begitu indahnya dengan view background Danau Toba ini. Spot terbaik untuk melihat sunrise di tempat ini adalah melalui Menara Tele. Ketika berada di Menara Tele yang memang sengaja dibangun untuk melihat Danau Toba dari atas ini menghadirkan pemandangan lekuk indah alam Danau Toba yang disinari dengan matahari pagi ketika beranjak mengeluarkan sinarnya. Lokasi menara  ini tepatnya di Tele, pertengahan jalan di antara Sidikalang dan Pangururan dan termasuk wilayah Kabupaten Samosir di daratan Sumatera Utara.

  1. Bukit Sikunir, Dieng

Sunrise di Bukit Sikuner kawasan wisata Dieng ini menjadi favorit para wisatawan karena terkenal dengan salah satu spot sunrise terindah di Indonesia. Bukit yang memiliki ketinggian 2.350 meter ini lokasinya berada di Desa Sembungan dan panorama sunrise akan lebih indah dinikmati ketika musim kemarau bulan Juli dan Agustus. Untuk memasuki kawasan wisata ini biasanya sudah tersedia paket wisata komplit mengelilingi obyek wisata lainnya di kawasan Dieng ini seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuno, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  6 Tips Wisata Backpacker ke Pulau Harapan
  1. Bukit Punthuk Setumbu, Magelang

Bagi yang pernah mononton film ‘Ada Apa dengan Cinta 2’ tentu tidak asing lagi dengan spot wisata Bukit Punthuk Setumbu ini. Kita akan disuguhkan dengan pemandangan cahaya matahari pagi yang muncul dari balik Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Selain itu, kita juga bisa melihat pemandangan Candi Borobudur yang diselimuti kabut dari atas bukit. Punthuk Setumbu selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan apalagi sejak tempat ini dijadikan set lokasi film terkenal tersebut. Untuk mendaki ke atas puncak bukit ini pun tidak membutuhkan waktu terlalu lama sekitar kurang dari 30 menit.

  1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Tentu tidak asing lagi dengan gunung yang menjadi primadona wisatawan lokal dan mancanegara ini. Salah satu yang diburu para wisatawan ketika berlibur ke Gunung Bromo adalah keindahan sunrise-nya. Gunung yang termasuk dalam lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini menghadirkan keindahan sunrise yang bisa dilihat dari Penanjakan 2, Bukit Cinta, dan Bukit Kingkong. Untuk menuju ke bukit-bukit tersebut biasanya kita akan dibawa menggunakan jeep dari pagi dini hari agar tidak ketinggalan dengan panorama sunrise yang ada.

  1. Savana Bekol, Banyuwangi

Jika biasanya pemandangan sunrise kita saksikan dari atas ketinggian baik di gunung maupun di bukit, ternyata ada spot sunrise di Indonesia yang tak kalah menariknya meskipun bukan di ketinggian. Spot sunrise tersebut berada di Savana Bekol yang merupakan padang rumput luas yang menjadi andalan wisata Taman Nasional Baluran, Banyuwangi. Tempat ini disebut-sebut mirip seperti pemandangan alam liar di Afrika dengan padang savananya yang luas. Pemandangan sunrise yang malu-malu muncul di balik pohon akan membuat kita berdecak kagum dengan keindahannya berasama view background padang savana yang luas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.