Serunya Naik Gondola Tertinggi di Dunia

Melakukan perjalanan dengan menaiki gondola dan melihat pemandangan yang indah dari atas tanpa harus capek-capek mendaki tentu menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Gondolo merupakan suatu alat yang dihubungkan dengan kabel dan kita bisa menaiki sebuah ruangan yang ditarik menggunakan suatu alat dari satu tempat ke tempat lainnya di atas ketinggian. Selain menggunakan gondola, ada transportasi lain yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan dari atas seperti pesawat maupun balon udara. Namun, melihat pemandangan dari atas dengan menggunakan gondola tentu akan menjadi sensasi yang berbeda. Tak heran jika wahana wisata yang satu ini banyak diminati banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. Kita bisa mengajak keluarga atau teman ramai-ramai naik gondola dan merasakan sensasi naik dan turun di atas ketinggian sambil melihat semua pemandangan di bawah dari atas.

Gondola Tertinggi di Dunia

Di Indonesia sendiri bisa kita temukan gondola seperti yang tersedia di TMII sambil melihat anjungan-anjungan nusantara dari atas. Berikut ini beberapa gondola yang termasuk sebagai gondola tertinggi di dunia yang dijamin aku memacu adrenalinmu ketika menaikinya:

  1. Gulmarg Gondola, India

Gondala yang berada di ketinggian 4.267 mdpl ini disebut-sebut sebagai gondola tertinggi di dunia. Kita bisa menyaksikan pemandangan salju yang berwarna putih dari pegunungan Himalaya dan pemandangan pohon-pohon hutan pinus yang menakjubkan. Terdapat 36 kabin untuk mengangkut penumpang dan melewati sebanyak 18 menara. Untuk menaiki gondola ini kita bisa mengunjungi setiap hari dari pukul 10.00 – 16.00 dengan harga tiket masuk sekitar USD 11 hingga USD 15.

  1. Ngong Ping 360, Hongkong

Gondola Ngong Ping 360 ini terletak di atas Pulau Lantau, Hong Kong dan melintasi pusat kota Tung Chung hingga dataran tinggi Ngong Ping. Pemandangan kota yang indah dengan gedung-gedung yang tinggi dan hijaunya pepohonan di dataran tinggi serta latar belakang patung budha menjadi daya tarik yang cukup memikat. Sehingga tempat ini menjadi favorit para wisatawan untuk melihat indahnya pemandangan dari atas sambil merasakan sensasi naik gondola bersama teman maupun keluarga. Panjang tali gondola Ngong Ping cukup panjang hingga mencapai 5.700 meter dan terdapat 109 kereta yang berjalan setiap 25 menit. Jam buka tempat wisata ini mulai dari pukul 10.00 – 18.00 untuk hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat, pukul 09.00 – 18.30 di hari Sabtu dan Minggu.

Baca juga:  4 Destinasi Taman Wisata di Makassar yang Wajib Anda Kunjungi
  1. The Skyrail Rainforest Cableway, Australia

The Skyrail Rainforest Cableway ini terletak di Queensland, Ausralia tepatnya di Taman Nasional Hutan Hujan Tropis. Panjang tali gondola ini mencapat 7.500 meter dan merupakan gondola terpanjang di dunia setelah selesai dikerjakan pada tahun 1995. Sekali rute naik kereta gantung kita bisa menghabiskan waktu 1,5 jam perjalanan dan butuh 2,5 jam untuk kembali ke tempat semula sambil menikmati pemandangan hutan hujan tropis dan air terjun dari atas.

  1. Spokane Falls Skyride, Amerika Serikat

Spokane Falls Skyride berlokasi di Washington, Ameria Serikat. Kita akan menyaksikan pemandangan menakjubkan karena dengan menaiki gondola ini kita diajak melewati air terjun dan bendungan Spokane hingga dibawa melewati balai kota yang memiliki nuansa art deco. Kereta gantung ini melintas di ketinggian 60 meter di atas aliran air Spokane.

  1. Fuente De Cable Car, Spanyol

Pemandangan pegunungan Picos de Europa bisa kita saksikan ketika menaiki gondola ini. Meskipun bentuknya kecil, ternyata gondola ini mampu melintasi lembah dan tebing bebatuan di Cantabria. Tinggi gondola ini mencapai 1.094 meter di atas permukaan laut dan panjangnya mencapai 753 meter.

  1. Peak 2 Peak, Canada

Gondola yang satu ini selain termasuk sebagai gondola tertinggi di dunia karena berada di ketinggian 1.430 meter di atas permukaan laut, namun ternyata mampu penumpang sampai 28 orang. Panorama keindahan alam pegunungan Blockcomb dan Whisler bisa kita saksikan dari atas gondola ini. Gondola yang memiliki panjang 1,88 mil jauhnya dan dinobatkan sebagai gondola terpanjang di dunia. Harga tiketnya berkisar antara $83.83 hingga $130.74

  1. Dubrovnik, Kroasia

Gondola Dubrovnik yang terletak di Kroasia sangat cocok ketika kita menaikinya di waktu sore hari. Kita akan takjub ketika melihat pemandangan sunset di lautan Adriatic juga gemerlapnya lampu kota yang bagaikan bintang di langit yang begitu mempesona. Kereta gantung ini terbentang sepanjang 780 meter di atas permukaan laut. Gondola ini pun buka setiap hari dari pukul 09.00 – 22.00. Jika kita ingin menaikinya, maka kita harus membayar tiket sebesar Rp 312.000,00 hingga Rp 1.064.000,00 tergantung paket tiket apa yang akan kita ambil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.