Rumphius, Seorang Ilmuwan Jerman yang Mengharumkan Indonesia

Indonesia adalah negara yang begitu terkenal dengan potensi pariwisatanya, setiap tahun jutaan wisatawan asing memasuki Indonesia untuk menyasikan sendiri keindahan alam Indonesia yang terbentar dari Sabang hingga Merauke. Jika di Sabang Indonesia terkenal berbagai pantai di Banda Aceh yang begitu eksotis, maka di Timur Indonesia ada Kota Ambon yang mampu membuat setiap mata yang memandangnya berhenti berkedip. Banyak sekali Destinasi Wisata Bahari Ambon yang harus anda kunjungi saat waktu liburan tiba. Tetapi, Kota Ambon ternyata tidak hanya menyimpan keindahan bahari saja, juga terdapat banyak Destinasi Wisata Sejarah yang harus anda kunjungi, salah satunya adalah Tempat Wisata Monumen Rumphius.

Rumphius dikenal sebagai seorang ilmuwan yang fokus pada ilmu botani, ia adalah seorang ilmuwan berdarah Jerman yang telah menyita perhatian para ilmuwan Botani dunia, hingga puluhan Ilmuwan Indonesia maupun ilmuwan asing yang berasal dari Amerika Serikat penasaran dengan sosok seorang Rumphius. Nama aslinya adalah George Eberhard Rumphius. Bahkan pada Juli 2017 yang lalu pernah datang puluhan ilmuwan botani ke Kota Ambon. Mereka yang berjumlah sekitar 65 orang tersebut merupakan peserta dalam kunjungan yang bertemakan “Rumphius Heritage Trail”. Kegiatan ini ternyata adalah kegiatan pembuka dalam symposium antara ilmuwan Indonesia dengan ilmuwan yang berasal dari Amerika Serikat.

Kunjungan terhadap Tempat Wisata Monummen Rumphius ini seolah menunjukkan pada dunia bahwa Rumphius adalah seorang ilmuwan brilian asal Jerman yang banyak melakukan penelitian di Kota Ambon Indonesia, karena Indonesia adalah sebuah negara yang kaya dengan keanekaragaman hayati yang sulit ditandingi oleh negara lain. Kunjungan puluhan ilmuwan dunia ini terus berlanjut ke Benteng Amsterdam dan Gereja Immanuel yang ada di Semenanjung Hila, Kecamatan Leihitu, Maluku Tengah. Kunjungan terhadap kedua Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang terkenal tersebut bukanlah sekedar kunjungan darmawisata biasa semata, karena kedua bukti sejarah tersebut berkaitan erat dengan keberadaan tempat Wisata Monumen Rumphius yang didedikasikan untuk seorang ilmuwan kenamaan dunia, Rumphius. Kaitan kedua bukti sejarah itu didasarkan pada buku yang ditulis oleh Rumphius yang berjudul “Herbarium Amboinense” sebuah buku yang berisi katalog berbagai macam tanaman yang ada di Ambon. Rumphius menyusun buku ini saat ia menjadi seorang tentara kolonial yang bertugas menjaga Benteng Amsterdam, apalagi mengingat sejarah Benteng Amsterdam yang pernah dijadikan sebagai pusat penyimpanan rempah-rempah oleh tentara Portugis, menyebabkan Benteng ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan berdirinya sebuah Tempat Wisata Monumen Rumphius untuk mengenang jasa ahli botani yang telah berjasa besar dalam mengembangkan kailmuwan Botani di seantero dunia.

Baca juga:  Sensasi Mandi Bersama Belut Raksasa

Tempat Wisata Monumen Rumphius juga banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Kota Ambon, mereka sengaja menyempatkan untuk mengunjungi Tempat Wisata Monumen Rumphius bersama rombongan, apalagi jika dalam rombongan tersebut terdapat anak-anak yang belum mengetahui cerita dari setiap Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang tersebar di berbagai wilayah. Apalagi mengingat bahwa Tempat Wisata Monumen Rumphius adalah sebuah monumen untuk menghargai karya dari ilmuwan asing yang mendedikasikan dirinya untuk menguak kekayaan alam Ambon dan mengenalkannya ke dunia luar. Besar sekali jasa dan hadiah yang telah diberikan oleh seorang Rumphius kepada bangsa Indonesia, selain membuat mata dunia terbuka untuk melihat keindahan alam Indonesia, Rumphius juga berjasa memperkaya dunia botani dengan penelitiannya yang menghasilkan penngetahuan mengenai berbagai jenis tumbuhan yang berkembang subur di Tanah 1000 Pantai, Ambon Manise ini.

Oleh sebab itu, menjadikan Tempat Wisata Monumen Rumphius sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga adalah suatu hal yang harus dilakukan, agar anak-anak anda semakin mencintai dunia ilmu pengetahuan serta memberitahukan kepada mereka bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, kekayaan tersebut haruslah mereka jaga, jangan sampai direbut dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selamat menikmati liburan anda, dan jangan pernah bosan untuk berkunjungke Kota Ambon Manise, sebuah surga tersembunyi yang harus anda kunjungi dan nikmati semua pesona keindahan alam yang ditawarkannya untuk anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.