Rekomendasi Wisata Kuliner Di Tulungagung

Selain untuk mengunjungi tempat-tempat wisatanya, tentunya liburan ke Tulungagung akan lebih berkesan jika sekaligus mencicipi kuliner di sana. Jangan sampai menyesal jika melewatkan wisata kuliner yang disajikan di restoran maupun tempat makan yang sangat direkomendasikan. Apalagi jika kuliner tersebut adalah makanan khas Tulungagung yang tentu saja tidak bisa kita temui di kota lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan di Tulungagung yang wajib dikunjungi, di antaranya:

  1. Ayam Lodho

Setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi keunikan daerah tersebut karena ciri khas dan cita rasanya. Ayam Lodho merupakan makanan khas di Tulungagung yang sering disajikan untuk acara-acara tradisional seperti selamatan, syukuran, dan lain-lain. Jika kalian pernah makan opor ayam, nah ayam lodho ini hampir sama hanya saja penyajiannya yang berbeda. Ayamnya terlebih dahulu dipanggang sebelum disajikan. Menikmati ayam lodho bisa ditemani dengan lontong atau nasi putih. Ada beberapa tempat yang menjual ayam lodho di Tulungagung. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa dijadikan referensi:

  • Ayam Lodho, Jl.Mayor Sujadi Timur, No.12, Kedungwaru, Tulungagung
  • Warung Ayam Lodgho Sumber Rejeki Ibu Kasnan, Jl.Jayeng Kusuma, No.22, Kedungwaru, Tulungagung
  • Mbah Miaten, Jl.Dr.Soetomo, Tulungagung
  • Nasi Lodho Bu Yati, Jl.Yos Sudarso
  • Ayam Lodho Bu Mamik, Desa Plosokandang, barat SPBU Plosokandang
  • Nasi Lodho Bu Sri, Jl.Dr.Soetomo, Tulungagung

 

  1. Jepun View Resto

Yang menjadi ciri khas dari Jepun Vie Resto ini adalah desain interiornya yang bagus dan eye-cathing. Lokasinya berada di Jl.Mayor Sudjadi 97, Jepun, Tulungagung. Kita bisa menikmati hidangan di resto ini dari pukul 10.00 pagi sampai 10.00 malam. Menu yang tersedia di resto ini di antaranya adalah udang saos telor asin, sapi lada hitam, orak-arik, pedo pete, ayam bakar, juga capcay. Yang menjadi menu khasnya adalah steak lengkap dengan citarasa lokal dan import. Di antaranya adalah Snow Mountain Steak, The Cowboy Steak, Indian Navaja Steak, BBQ Chicken Gonzales steak, Tenderloin Honey, BBQ Glazed Steak. Bisa dikatakan resto ini merupakan salah satu resto modern yang berada di Tulungagung dan wajib dikunjungi.

 

  1. Tiga Dapoer Batavia

Jika dilihat dari namanya seolah tempat makanan ini adalah tempat makan tradisional khas Batavia. Tempat ini cukup unik jika dilihat dari bangunannya yang lebih mirip rumah pribadi dengan dekorasi jawa klasik. Meskipun nuansa yang dihadirkan tradisional, namun fasilitasi yang disediakan di restoran ini cukup modern dengan tersedianya Free Wi-Fi, Accepts Mastercard dan Visa, Delivery Order, Televisi, juga Digital Payments. Menu tradisional sampai modern tersedia di tempat ini. Harga yang ditawarkan pun cukup murah muali dari Rp 45.00 sampai dengan Rp 30.000. Jika ingin merasakan nuansa tradisional dengan sensasi modern bisa mengunjungi tempat ini yang berlokasi di Jl.Mastrip No.6, Jepun, Tulungagung.

Baca juga:  6 Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadhan

 

  1. Resto Lesehan Nirwana Bamboo

Sesuai dengan namanya, tempat ini tentu sangat cocok untuk yang ingin menikmati hidangan sambil lesehan. Resto ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan menarik seperti parkir yang luas, tersedia taman dan gazebo untuk bermain anak-anak, dan juga terdapat kolam ikan gurami di sini. Jelas makanan di sini pasti lebih segar karena mengambil langsung dari sumbernya yaitu kolam yang resto ini kelola sendiri. Menu yang tersedia di resto ini, di antaranya adalah ayam, aneka daging, aneka ikan tawar, aneka penyet, aneka nasi goreng, aneka sop, tumis, omelet, seafood, sambal, dan snack. Buka dari jam 09.00 pagi sampai jam 10.00 malam dan kita bisa mengunjunginya di Jl.Demuk, No.17, Ngunut, Tulungagung.

 

  1. Sop Ayam Bu Sumirah

Sekilas rasa sop ayam ini hampir sama dengan soto ayam, yang membedakannya adalah sop ayam kuahnya lebih being. Yang menjadi ciri khas Sop Ayam Bu Sumirah adalah aroma rempahnya yang kuat sehingga menimbulkan daya tarik untuk segera mencicip ketika mencium baunya. Ada beberapa cabang yang tersedia di Tulungagung, salah satu lokasinya adalah berada di Jl.Teuku Umar, Tulungagung, tepatnya di alun-alun barat dekat Masjid Jami’, ada pertigaan kemudian ke utara.

Aroma rempah kuat berada di kec kauman dan kec gondang. Rasanya seperti soto tapi kuah bening

 

  1. Waroeng Kampoeng AG One

Warung makan ini terletak di Jl. MT Haryono, No.77B. Yang menjadi ciri khas tempat makan ini adalah ayam panggan dan guraminya. Konsep yang diusung adalah resto lesehan dengan konsep tradisional. Nuansa seperti di alam pedesaan begitu kental di sini. Selain ayam dan gurami, tersedia juga menu kepiting, lobster, dan iga bakar di sini.

 

  1. d’Java Coffe House

Seperti namanya, tentu saja menu utama yang disediakan di sini adalah kopi. Namun, selain kopi tersedia juga makanan lainnya baik cemilan maupun makanan berat. Nuansa modern dihadirkan di resto ini. Lokasinya cukup strategis yaitu di Jl.Pangeran Diponegoro No.78, Tulungagung. Meskipun nama restonya kebarat-baratan, harga yang ditawarkan cukup murah dan ramah di kantong karena hanya berkisar Rp 10.000 – Rp 30.000.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang bingung mau wisata kuliner kemana ketika berlibur di Tulungagung.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.