Rekomendasi Tempat Wisata Probolinggo

Pesona Wisata di Probolinggo

Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang termasuk di wilayah Jawa Timur dan merupakan kota terbesar urutan ke-4 se Jawa Timur jika dilihat dari jumlah populasi penduduknya. Berbagai destinasi wisata yang menarik bisa kita temukan di sini seperti air terjun, hutan mangrove, pantai, danau, gunung, candi, museum, dan masih banyak lagi. Tentu tidak cukup bisa dijelajahi hanya dalam satu minggu jika ingin menikmati semua tempat wisata yang tersedia di Probolinggo ini. Kota yang terkenal sebagai kota yang hijau dan bersih, kota seribu taman, kota mangga dan anggur ini seolah menyuguhkan paket komplit wisata yang akan mempesona kita dengan segala panorama keindahannya. Tak heran jika Probolinggo menjadi salah satu destinasi favorit di Jawa Timur.

Rekomendasi Wisata Menarik di Probolinggo

Wisata Probolinggo memang selalu menghadirkan keindahan yang mengagumkan dan wajib bagi kita untuk tidak melewatkan kesempatan berkeliling mengunjungi setiap tempat wisatanya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Probolinggo:

  1. Gunung Argopuro

Bagi para pendaki tentu tidak asing lagi dengan gunung yang memiliki trek paling panjang se-Jawa ini. Gunung Argopuro merupakan salah satu destinasi favorit para pendaki karena menyuguhkan pemandangan layaknya savana di Afrika. Gunung yang sudah tidak aktif dengan ketinggian 3.088 mdpl ini termasuk dalam kawasan komplek pegunung Hyang. Situs sejarah sebuah kerajaan di zaman purbakala berupa 3 komplek area dengan teras berundak bisa kita temukan di sini. Keindahan puncak Rengganis dan Danau Taman Hidup yang begitu indah menjadi pelengkap yang sempurna untuk panorama alam di gunung ini. Untuk mencapainya harus membutuhkan effort karena membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk berjalan mendakinya dengan membawa peralatan safety naik gunung. Biaya yang dikeluarkan untuk mendaki gunung ini adalah Rp 20.000,00 per hari.

  1. Pantai Gili Ketapang

Pantai Gili Ketapang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat populer dan difavoritkan para wisatawan yang berkunjung ke Probolinggo. Tempat wisata yang berlokasi di daerah Ketapang, Sumberasih ini disebut sebagai miniatur pulau Madura apalagi lokasinya tepat di pertengahan Selat Madura. Kita bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan seperti bermain pasir putih, diving atau snorkeling, berenang, maupun berjemur. Menuju tempat wisata ini bisa ditempuh dengan berkendara ke Pelabuhan Tanjung Tempagu kemudian menyewa perahu ke pulau ini selama 40 menit perjalanan. Untuk memasuki wilayah pulau ini tidak dipungut biaya dan kita hanya perlu merogoh kocek untuk menyewa perahu dan makan siang melalui paket jasa wisata seharga Rp 85.000,00 per orang.

Baca juga:  Tiga Tempat di Lombok yang Indah Dinikmati Pada Malam Hari
  1. Hutan Mangrove BJBR

Tidak hanya di Surabaya yang memiliki hutan mangrove yang luas, Probolinggo juga menyuguhkan obyek wisata Hutan Mangrove BJBR (Beejay Bakau Resort) yang lokasinya berbatasan dengan laut lepas. Keindahan alam dengan pemandangan hutan mangrove yang bisa kita lihat di kanan kiri jembatan yang dibangun di atas air menghadirkan pemandangan yang begitu indah. Terdapat gardu yang dibangun untuk melihat pemandangan hutan mangrove lebih luas dari atas. Selain untuk tempat wisata, hutan mangrove Probolinggo ini juga sering dijadikan tempat untuk melakukan observasi dan penelitian mengenai lingkungan alam. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 22.00 dan cukup dengan membayar tiket masuk Rp 15.000,00 ketika hari biasa dan Rp 30.000,00 ketika weekend.

  1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura yang merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 200 meter ini menjadi salah satu destinasi favorit di Probolinggo. Udara yang masih sejuk dengan pemandangan yang masih alami menjadi daya tarik air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Hal menarik lainnya di tempat wisata ini terdapat sebuah goa yang diyakini sebagai tempat Patih Gajah Mada bersemedi. Untuk memasuki tempat wisata ini kita akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 dan buka dari jam 08.00 – 19.00 malam.

  1. Arung Jeram Sungai Pekalen

Wisata Probolinggo memang selalu menghadirkan paket yang sempurna untuk para wisatawan yang hendak berkunjung ke kabupaten ini. Bagi yang menyukai tantangan untuk memacu adrenalin bisa berkunjung ke Sungai Pekalen dan merasakan sensasi arung jeram di tempat ini. Wisata arung jeram di sungai ini memiliki beberapa zona dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Untuk menikmati wisata ini kita harus membayar tiket sebesar Rp 250.000,00 – Rp 300.000,00 per orang dan buka setiap hari serta hanya tutup di waktu-waktu tertentu ketika arus sungai sedang tidak bersahabat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.