Rasakan Keindahan Puncak Cemara dan Monumen Kesetiaan

Sumatera Barat, sebuah provinsi di Sabangnya Indonesia menyimpan berjuta kekayaan alam, sejarah, budaya dan religi. Bahkan ada salah satu Kota di sana yang terkenal sebagai pusat pertambangan batubara, Kota Sawahlunto namanya. Sebuah kota yang bercuaca panas, yang terletak di area perbukitan, menyimpan rangkaian sejarah masa lalu, juga berbagai cerita perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang berusaha membebaskan tanah air tercinta dari jajahan asing yang tak punya belas kasih. Setelah beberapa dekade berlalu, Kota Sawahlunto terus melakukan berbagai pembenahan, salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah dari aspek pariwisata. Anda akan banyak menemui obyek Wisata di Sawahlunto yang menyuguhkan berbagai latar kisah yang unik. Ada yang berlatar sejarah, budaya, religi, juga keindahan alam. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bila sesekali mengunjungi kota yang menyimpan sejuta pesona ini.

Seiring berkembangnya zaman, selain melestarikan sejarah yang melekat di Kota Sawahlunto, pemerintah beserta seluruh jajarannya terus melakukan perbaikan, mencari ide-ide kreatif dan inovatif dalam memajukan Pariwisata Sawahlunto, hingga makin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sana. Hal ini dimaksudkan tidak lain untuk dapat menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Nah, di antara berbagai Obyek Wisata Sawahlunto Yang Sedang Hits sekarang adalah kawasan Wisata Puncak Cemara. Obyek Wisata Puncak Cemara Sawahlunto diresmikan pada tanggal 15 Februari 2015 oleh Walikota Sawahlunto, Bapak Ali Yusuf. Berjarak sekitar 6 km dari Pusat Kota Sawahlunto, anda tinggal mengarahkan kendaraan anda menuju Talawi dan perhatikan petunjuk jalan yang akan memandu anda ke Puncak Cemara.

Penamaan lokasi Wisata di Sawahlunto ini dengan Puncak Cemara tidak lepas dari banyaknya pohon cemara yang akan anda temui sepanjang jalan menuju pusat lokasi wisata. Obyek Wisata Sawahlunto yang berada di area perbukitan ini menyuguhkan panorama yang tak kalah menakjubkannya dibanding berbagai Objek Wisata Sawahlunto lainnya. Ketika berada di sana, anda dapat menyaksikan keseluruhan Kota Sawahlunto dengan jelas, dan yang paling penting, untuk memasuki lokasi ini anda tidak akan dipungut biaya apapun.

Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi ini, selain view point yang berada tepat di depan parkiran Puncak Cemara, ada satu monumen yang menyita perhatian para pengunjung, yaitu sebuah bangunan bulat yang dirangkai dari besi-besi putih hingga menyerupai globe dan di atasnya terpampang tulisan Monumen Kesetiaan. Spot ini menjadi spot utama yang banyak dijadikan tempat berfoto oleh para wisatawan. Monumen Kesetiaan dibangun sebagai ikon Kota Sawahlunto, yang menyimpan banyak makna, salah satunya adalah ikon yang melambangkan kesetiaan Sawahlunto terhadap Bangsa Indonesia dengan masih menjaga dan melestarikan sejarah zaman kolonial dulu hingga sekarang. Selain itu untuk para pengunjung, diperbolehkan untuk menggantungkan gembok yang bertuliskan nama mereka, sahabat, daerah, atau komunitas yang mereka cintai, hal ini dimaksudkan sebagai lambang kesetiaan mereka pada nama yang mereka tuliskan.

Baca juga:  Damainya Berperahu di Waduk Selorejo Malang

Tidak hanya itu, di Puncak Cemara ini juga tersedia banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan Kota Sawahlunto dari Puncak Cemara, seperti gazebo-gazebo berbagai ukuran, ada musholla, arena bermain untuk anak-anak, juga kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan-hewan mungil berekor panjang yang sangat agresif terhadap makanan, si Kera ekor Panjang.

Sebagai kota yang hampir 90 % masyarakatnya adalah penganut agama Islam, Wisata di Sawahlunto yang satu ini juga dihiasi dengan plank-plank bertuliskan ayat-ayat Alqur’an yang membicarakan tentang kewajiban menjaga alam dan memahami makna kesetiaan sejati. Bagi para pengunjung Wisata Alam seperti Puncak Cemara ini, anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi untuk anda yang datang dari luar kota dengan jumlah rombongan yang tidak sedikit, ingatkan kepada rombongan anda untuk menjaga kebersihan dan membantu melestarikan kekayaan alam yang ada di lokasi wisata. Buanglah sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan. Nahh, sebelum ulasan ini berakhir, ada satu hal lagi yang mesti anda perhatikan saat berkunjung ke Puncak Cemara, yaitu makanan yang anda bawa. Pegang baik-baik makanan anda, dan jangan letakkan di sembarang tempat, karena si Kera-Kera Ekor Panjang siap menyambar santapan yang ada di dekat mereka, kalau sudah begitu anda harus segera mengurut dada mengikhlaskan makanan anda untuk dinikmati oleh kawanan Kera Ekor Panjang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.