Pulau Tinabo, Primadona Dari Taka Bonerate

Pulau Tinabo atau Tinabo Island merupakan salah satu pulau yang berada di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Destinasi wisata ini belum cukup populer dibanding destinasi wisata lainnya, sehingga belum banyak pengunjung yang datang. Lamanya perjalananan dan belum tersedianya trasnportasi reguler menjadi salah satu alasan mengapa belum banyak pengunjung yang datang ke tempat ini.

Meski demikian, Pulau Tinabo wajib masuk ke dalam daftar perjalanan anda. Mengingat keindahan alamnya tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya. Ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan jika berkunjung ke tempat ini, seperti: melepas tukik atau kura-kura kecil, transplantasi karang, serta menanam pohon di sekitar pulau tersebut. Pengunjung juga dapat melakukan wisata budaya dengan mendatangi dan melihat kehidupan Suku Bugis dan Suku Bajoe dari dekat. Duduk di tepi pantai sambil menunggu datangnya sunset atau sunrise juga bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kawasan Taka Bonerate memiliki sekitar 20 tempat diving, yang dapat kita jelajahi untuk menyaksikan dan mengagumi ragam biota laut yang unik dan menakjubkan. Tidak heran jika Pulau Tinabo merupakan surga bagi penyuka snorkeling maupun diving. Di pulau ini, pengunjung dapat menyelam bersama baby shark , penyu dan kima (kerang laut raksasa) yang panjang tubuhnya mencapai satu meter. Terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang berwarna warni pun siap memanjakan mata anda. Pulau Tinabo juga memiliki Karang Atom Terbesar di Indonesia, atau ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

Adapun Tiket Masuk Pulau Tinabo cukup murah, hanya Rp. 2.500 per orang. Untuk snorkeling dikenakan biaya Rp. 40.000 per orang untuk satu spot dengan durasi waktu selama 60 menit. Sedangkan untuk diving biaya ijinnya Rp. 50.000 per orang untuk satu spot dengan durasi waktu selama 60 menit (belum termasuk biaya guide). Bagi pengunjung yang hendak menginap, terdapat Penginapan Di Takabonerate , yakni Tinabo Island Resort dengan biaya kamar sekitar Rp. 200.000 per malam. Harga yang tertera di atas bisa berubah sewaktu waktu.

Adapun Rute Menuju Pulau Tinabo adalah; terlebih dahulu anda harus ke Makassar. Dengan waktu tempuh sekitar 40 menit, dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Bandara H Aeropala Selayar, jika ingin menggunakan transportasi udara. Sementara jika menggunakan transportasi darat, yang jauh lebih murah tentunya, anda akan menempuh perjalanan sekitar 5 jam dari terminal Malengkeri Makassar menuju Pelabuhan Biru Bulukumba. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal fery menuju Pelabuhan Pamatata Selayar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Baca juga:  Tempat Wisata Di Malang Gratis Yang Wajib Dikunjungi

Dari Pelabuhan Pamatata, anda akan melanjutkan perjalanan menuju Benteng Selayar dengan waktu tempuh sekitar 1.5-2 jam. Setelah tiba di Benteng yang merupakan kota Kabupaten Selayar, lanjutkan perjalanan anda menuju kawasan Taman Nasional Taka Bonarate. Untuk menuju ke taman nasional tersebut, anda dapat melakukan perjalanan darat menggunakan mobil dari Benteng menuju Pelabuhan Pattumbukan, dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kapal kayu (Jolloro) dari Pelabuhan Pattumbukan menuju Pulau Tinabo, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam, jika menggunakan speed boat atau kapal cepat akan lebih menghemat waktu, yakni sekitar 1.5-2 jam menuju Pulau Tinabo.

Jika anda penyuka tantangan, bisa mencari kapal di tujuan Kayuadi atau Rajuni yang berada di Pelabuhan Benteng Selayar. Menggunakan kapal nelayan yang sudah anda sewa di Kayuadi atau Rajuni menuju Pulau Tinabo, mungkin akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Kapal yang ada di jalur ini memang bukan kapal reguler untuk melakukan wisata, sehingga tidak selalu tersedia. Kapal ini hanyalah milik warga yang sedang memuat barang di Benteng Selayar untuk kemudian dibawa lagi ke pulau masing-masing. Satu hal yang anda ingat jika tertarik melewati jalur ini, anda harus memastikan kapal yang anda tumpangi munuju ke tujuan anda. Hal ini dikarenakan banyaknya kapal yang berasal dari pulau-pulau, seperti: Pulau Bonerate, Rajuni, Kayuadi, maupun dari pulau Jampea.

Anda wajib memasukkan Pulau Tinabo ke dalam daftar list perjalanan. Meskipun perjalanan cukup melelahkan dan menguras tenaga karena harus duduk ber jam jam diatas kapal, belum lagi harus gonta ganti kapal untuk tiba di Pulau Tinabo, semua rasa lelah akan terbayarkan ketika anda menginjakkan kaki di pulau ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.