Pulau Samalona, Hidden Paradise di Kota Makassar

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa Makassar hanya memiliki satu pantai, yaitu Pantai Losari, padahal kota ini menyimpan begitu banyak objek wisata bahari yang jauh lebih cantik dibandingkan Pantai Losari, salah satunya adalah Pulau Samalona, pulau ini terkenal dengan kekayaan bahari yang dimilikinya serta ekosistem laut yang begitu menakjubkan, apalagi ketika melihat jernihnya air laut yang ada di Pulau Samalona. Wisata Bahari Pulau Samalona dapat disandingkan dengan pulau-pulau indah yang ada di Maladewa, memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yakni hanya sekitar 2 hektar, menyebabkan banyak pengunjung yang menyebut Pulau Samalona sebagai pulau pribadi yang dikhususkan hanya untuk beberapa orang saja.

Keindahan Wisata Bahari Pulau Samalona telah tersebar keseluruh seantero negeri, bahkan banyak wisatawan mancanegara yang datang silih berganti karena ingin menikmati keindahan Wisata Bahari Pulau Samalona, daya tarik dari Wisata Bahari Pulau Samalona ini ternyata mampu menyihir para wisatawan, terutama karena air lautnya yang jernih yang membuat para wisatawan betah berlama-lama menjelajahi keindahan terumbu karang yang berada di bawah laut Pulau Samalona.

Keindahan dari Wisata Bahari Pulau Samalona akan semakin terpancar ketika anda memilih untuk melakukan snorkeling pada pagi hari, karena anda dapat menyaksikan ikan-ikan yang berenang dengan bebas di antara terumbu karang, selain itu cuaca yang belum terlalu panas akan meningkatkan kenikmatan yang anda dapatkan saat berada di bawah laut Pulau Samalona. Satu hal yang unik dari Wisata Bahari Pulau Samalona adalah, pernah ditemukannya bangkai pesawat tempur pada masa perang dunia ke-2, jadi dengan mengunjungi destinasi Wisata Bahari Pulau Samalona, anda juga dapat mengetahui sedikit sejarah yang berkaitan dengan Pulau Samalona tersebut.

Di antara berbagai pantai yang ada di Sulawesi Selatan, Wisata Bahari Pulau Samalona adalah salah satu lokasi yang paling direkomendasikan untuk anda yang ingin menikmati indahnya matahari tenggelam. Sinar matahari senja yang memantul pada jernihnya air laut di Pulau Samalona ditambah dengan hamparan Pasir Putih mengelilingi Wisata Bahari Pulau Samalona tersebut membuat siapapun yang berada di di kawasan Pulau Samalona seperti tersihir akibat kecantikannya yang tiada tara. Jika belum puas hanya dengan duduk menikmati panorama yang ada, cobalah menyelam atau berjalan menyusuri pantai pasir putih yang mengitari Wisata Bahari Pulau Samalona. Di samping itu, jika anda memiliki uang lebih cobalah untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang ada di sekitar wisata bahari Pulau Salah Muna dengan menyewa kapal seharga Rp 450.000.

Baca juga:  Keelokan Danau Kaolin di Bangka Belitung

Jarak antara Wisata Bahari Pulau Samalona dengan pusat kota Makassar hanya sekitar 30 menit perjalanan, mulailah perjalanan anda dari Dermaga dekat Fort Rotterdam menggunakan perahu, tapi tarif perahu yang ada disana juga bervariasi tergantung kapasitas dari perahu tersebut, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 600.000 untuk perahu berkapasitas 10 orang yang akan menemani perjalanan pulang pergi anda ke Wisata Bahari Pulau Samalona, tapi bagi anda yang memiliki kemampuan bernegosiasi, cobalah tawar harga sewa perahu tersebut kepada para nelayan, mana tahu mereka mau mengurangi harga sewa yang telah ditetapkan sehingga anda bisa menghemat budget yang telah anda sediakan.

Perjalanan menuju Wisata Bahari Pulau Samalona dari Dermaga Fort Rotterdam tidak akan terasa membosankan, karena sepanjang perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan laut yang khas serta semilir angin yang begitu menyejukkan, bahkan banyak pengunjung yang berkesempatan menyaksikan atraksi dari ikan-ikan yang berenang bebas di perairan Pulau Samalona. Bagi para pengunjung, satu hal yang juga selalu mereka pertimbangkan adalah fasilitas yang tersedia di Wisata Bahari Pulau Samalona tersebut, tetapi anda tidak perlu khawatir ternyata Pulau Samalona telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, tempat ibadah, toilet, rumah makan, bahkan Home Stay dengan tarif yang lebih murah dan dengan fasilitas yang cukup memadai.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengunjungi Kota Makassar?. Siapkan waktu terbaik yang anda miliki, ajak serta seluruh keluarga anda untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Tanah Daeng ini, dan yang terpenting anda harus menyiapkan budget yang lumayan jika mengajak seluruh anggota keluarga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.