Pulau Pombo; Pesona Alam Liar yang Aduhai

Sebagian orang menggemari keramaian sebagai tempat merelaksasikan pikiran. Sebagai contoh, wahana bermain seperti dufan dan lainnya. Mereka lebih memilih tempat tersebut karena dirasa bisa menyegarkan pikiran dengan adanya aneka wahana bermain yang mengundang banyak keseruan. Dengan bermain dan menikmati suasana yang ramai dan seru bersama kawan-kawan serta pengunjung lainnya, dapat membuat mereka melupakan sejenak kepenatan saat kerja.

Namun beda halnya dengan sebagian orang yang justru memilih tempat-tempat sepi dan jauh dari keramaian. Bagi mereka, kesunyian dan suasana yang tenang lebih bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh. Nah, jika kamu termasuk golongan yang satu ini, maka selamat, kamu berada di artikel yang tepat!

Kali ini kita akan sedikit mengulas sebuah pulau alami tak berpenghuni yang terletak di Propinsi Maluku. Pulau ini sendiri memiliki luas hanya sekitar 4 kilometer persegi saja. Ya, jauh lebih kecil dari lapangan sepakbola. Namun jangan underestimate dulu, sebab luas sebuah pulau bukanlah ukuran bahwa pulau tersebut layak dikunjungi atau tidak. Oleh karena itu, simak terus ya ulasannya.

Pulau yang menyimpan aneka keindahan yang tak bisa ditawar ini siap menyuguhkan pesona eksotis alam baik daratan maupun lautan. Ditambah lagi bahwa pulau ini tak berpenghuni, maka sudah bisa dipastikan pesona alamnya benar-benar alami. Terlebih buat kamu yang hobi berpetualang di alam liar, pulau yang satu ini cocok masuk dalam daftar list selanjutnya.

Lokasi Tempat Wisata Pulau Pombo berada di Kecamatan Salahhutu, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah. Untuk sampai di pulau ini kamu harus mengikuti Rute Menuju Pulau Pombo yang dimulai dari Ambon menuju Waai, kemudian lanjutkan perjalanan ke Desa Wainuru menggunakan transportasi darat dan selanjutnya kamu bisa langsung menuju Pulau Pombo dengan menaiki Speed Boat. Total estimasi waktu yang ditempuh kurang lebih 1 setengah jam.

Pulau Pombo memang bukanlah tempat wisata layaknya pantai-pantai kebanyakan di daerah Jawa. Tidak adanya penghuni di pulau ini membuat kamu harus rela mengunjunginya tanpa menemukan fasilitas apapun. Yah, namanya juga ‘Pulau Tak Berpenghuni’. Oleh karena itu, Tempat Wisata Pulau Pombo lebih cocok buat para petualang yang memang sudah terbiasa dengan suasana outdoor di alam liar.

Baca juga:  Coban Putri dan Si Tangan Raksasa

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di pulau ini, mengingat masih jarangnya pengunjung yang datang. Berasa pulau milik pribadi! Kamu bisa teriak dan bermain sesuka hati. Suasana alam yang mempesona membuat siapapun betah berlama-lama di pulau ini. Untuk menikmati momen selagi di Pulau Pombo, kamu bisa berenang dan menyelam di perairan bibir pantai. Airnya yang jernih membuat kamu leluasa menikmati ragam biota laut dan berbagai macam spesies makhluk laut yang ada di Pulau Pombo.

Ada satu lagi Keunikan Pulau Pombo yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu spesies burung Pombo. Ya, burung yang banyak hidup di pulau ini seringkali hilir mudik dan mengelilingi pulau. Banyaknya burung pombo yang berlalu lalang ini menambah kesan ‘alam liar’ yang bisa kamu pamerkan ke teman-temanmu saat kembali dari ekspedisi di pulau ini.

Nah, oleh karena tidak adanya fasilitas dan akomodasi yang tersedia, maka kamu harus menyediakan semuanya sendiri. Mulai dari tempat berteduh, makanan, minuman, pakaian dan lainnya. Maka tempat berteduh yang paling memungkinkan adalah tenda. Atau jika kamu tidak membawanya, kamu bisa kembali dan bermalam di desa terdekat.

Sebaiknya kamu bawa bekal makanan sendiri, sebab bukan tidak mungkin kamu bakal gak menemukan makanan sama sekali saat di Pulau Pombo. Atau jika kamu menumpang ke warga sekitar, belum tentu pula lidahmu cocok dengan makanan di Maluku. Jadi, alangkah lebih baik membawa bekal makanan dan minuman seperlunya. Jangan lupa juga obat-obatan dan peralatan P3K guna berjaga-jaga bila ada kondisi darurat. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat Letak Pulau Pombo yang terpencil dan jauh dari jangkauan masyarakat.

Itu dia ulasan singkat mengenai Destinasi Wisata Pulau Pombo yang bisa kamu kunjungi jika ada waktu kosong. Tak ada salahnya sesekali berlibur ke tempat jauh dan tak berpenghuni pula. Cara Asik Berlibur yang anti mainstream. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.