Puasa Jalan Traveling Lanjut Terus Dengan 5 Tips Berikut

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan suci umat Islam yang penuh dengan keberkahan, di bulan ini umat Islam harus menjalankan ibadah puasa, sebuah ibadah yang mewajibkan seorang muslim untuk berpuasa menahan diri dari berbagai macam hal yang membatalkan puasa sejak Imsak hingga matahari terbenam nanti di waktu Maghrib. Seringkali bulan Ramadhan ditetapkan sebagai salah satu hari libur nasional, sehingga banyak merencanakan untuk tetap berlibur di bulan Ramadhan tersebut, tetapi tidak sedikit yang kemudian mengurungkan niatnya untuk pergi berlibur mengunjungi destinasi wisata menarik karena sedang menjalankan ibadah puasa.

Tips Traveling Bulan Ramadhan

Tips Traveling Bulan Ramadhan | Sumber: i0.wp.com

Padahal, berpuasa bukanlah halangan agar anda tetap melaksanakan traveling di bulan Ramadhan, karena anda akan merasakan sensasi yang berbeda ketika melakukan liburan di bulan suci tersebut. Nah, agar puasa anda tetap lancar namun rencana liburan tetap bisa dilanjutkan, tidak ada salahnya anda mencoba beberapa Tips Traveling Bulan Ramadhan berikut.

  1. Rencanakan liburan anda ke negara atau daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam

Tips Traveling Bulan Ramadhan pertama adalah dengan menentukan destinasi wisata anda ke daerah yang mayoritas muslim atau negara yang ramah terhadap keberadaan muslim, sehingga anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, karena tentu saja di daerah tersebut terdapat masjid yang bisa anda gunakan untuk menjalankan ibadah sholat. Selain itu, anda akan menemui banyak masyarakat yang juga menjalankan ibadah puasa, sehingga saat berbuka ataupun sahur anda tidak kesulitan mencari menu yang ingin anda santap, apalagi saat tarawih, dengan mengunjungi negara yang mayoritas muslim atau yang ramah terhadap kedatangan muslim, anda tetap dapat menjalankan ibadah salat tarawih dengan khusyuk.

  1. Persiapkan liburan anda di bulan Ramadhan dengan baik

Persiapkan Liburan

Persiapkan liburan | Sumber: mpssoft.co.id

Ketika anda telah menentukan negara mana yang akan dituju ketika liburan bulan Ramadhan, maka Tips Traveling Bulan Ramadhan berikutnya adalah anda harus menyiapkan liburan tersebut dengan sebaik mungkin. Seperti, mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keberadaan masjid atau mushola di daerah yang akan anda tuju, dan restoran rumah makan yang menyediakan makanan halal untuk anda berbuka ataupun sahur. Hal ini sangat penting, mengingat anda ingin berlibur saat sedang berpuasa.

Baca juga:  5 Penginapan Hotel Yang Tersedia Di Malang
  1. Memilih destinasi wisata yang tepat

Memilih Destinasi Wisata

Memilih destinasi wisata | Sumber: blogspot.com

Memilih destinasi wisata yang ingin anda kunjungi adalah salah satu Tips Traveling Bulan Ramadhan yang harus anda lakukan, karena jangan sampai ketika anda telah berada di tempat liburan, anda malah bingung menentukan destinasi wisata apa yang akan anda kunjungi di daerah tersebut, jika anda asal memilih destinasi wisata, bisa jadi kegiatan liburan anda tersebut akan mengganggu aktivitas berpuasa anda. Hindarilah traveling ke daerah pegunungan atau tempat-tempat yang menguji adrenalin lainnya, cukup kunjungi destinasi wisata yang mudah dijangkau dan tergolong santai, seperti hunting foto di pusat kota, mengunjungi museum, atau berkeliling di mall, serta bermain di pinggir pantai.

  1. Jangan bawa barang terlalu banyak

Jangan bawa barang terlalu banyak

Sumber: blogspot.com

Mengunjungi sebuah daerah dalam jangka waktu tertentu, menyebabkan anda harus mempersiapkan beberapa barang yang wajib anda bawa, tapi cukup bawa barang-barang yang sangat anda perlukan, seperti beberapa helai pakaian ganti, dompet, kamera, perlengkapan sholat, paspor, dan persediaan makanan ringan yang bisa anda santap ketika waktu berbuka datang, sedangkan anda masih dalam perjalanan. Membawa barang terlalu banyak akan membuat anda cepat lelah sehingga liburan itu dapat membuat puasa anda sedikit terganggu.

  1. Perhatikan kondisi tubuh

Traveling mengunjungi berbagai macam daerah tentu sangat membutuhkan tubuh yang optimal, karena jika anda dalam kondisi kurang fit tentu liburan anda akan terganggu dan bisa menyebabkan puasa anda batal. Oleh karena itu memperhatikan kondisi tubuh adalah salah satu Tips Traveling Bulan Ramadhan paling penting yang harus anda perhatikan. Oleh karena itu perhatikan makanan yang anda konsumsi ketika berbuka dan sahur, lengkapi semua gizi yang dibutuhkan oleh tubuh anda, terutama cairan, Perbanyaklah minum air putih buah-buahan serta sayuran.

Demikianlah 5 Tips Traveling Bulang Ramadhan yang bisa anda ikuti agar liburan di bulan Ramadhan tetap menjadi sebuah kegiatan yang mengasyikkan dan menyenangkan, serta berkesan, karena jarang anda bisa menjalankan liburan ketika sedang berpuasa. Tetap nomor Satukan kewajiban beribadah kepada Tuhan di manapun anda berada.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.