Pesona Wisata Terbaik di Yordania

Yordania terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis dan menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Negara Yordania berbatasan dengan Arab Saudi di bagian selatan dan timur, Suriah di bagian utara, dan Israel di bagian barat. Meskipun miskin bahan tambang, tempat wisata di Yordania sangat menarik untuk dikunjungi. Selain wisata alam berupa pantai dan laut, Yordania juga memiliki daya tarik lain berupa wisata sejarah, budaya, padang gurun, juga lembah. Bagi orang Indonesia yang berlibur ke negara ini, tak perlu takut jika makanannya tidak cocok dengan lidah orang Indonesia karena kuliner di sini masih sesuai dan menggunakan rempah-rempah. Berbagai kuliner seperti sawani, makloubeh, sanklish, keju fetta, dan warag aynab patut dicoba karena makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang unik, gurih, dan kaya akan rempah-rempah.  Negara Yordania juga dikenal sebagai penghasil buah zaitun sehingga sebagian masakannya ada campuran minyak zaitun.

Tempat Wisata Terbaik di Yordania

Berikut ini beberapa tempat wisata terbaik di Yordania dengan panorama alamnya yang indah dan kekayaan situs-situs sejarahnya. Jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut:

  1. Laut Mati

Laut Mati atau The Dead Sea ternyata tidak semengerikan namanya. Lautan ini disebut Laut Mati karena merupakan danau asin yang memang membentang di daratan dan bukan laut asli. Danau ini disebut laut karena memiliki panjang 76 km dan lebar 16 km. Bahkan letak danau asin yang berada di antara Yordania dan Israel ini berada di 420 meter di bawah permukaan air laut. Hal menarik lainnya meskipun kalian tidak bisa berenang, kita tak perlu khawatir tenggelam karena kandungan garam di laut ini sangat tinggi hingga mencapai 31,5% atau 9  kali kadar garam di lautan normal. Sehingga ketika kita menceburkan diri ke Laut Mati kita bisa mengambang tanpa perlu berenang bahkan bisa mengapung dengan sendirinya namun kita perlu hati-hati karena jika airnya terkena mata maka akan terasa pedih. Kita pun tak akan menemukan ikan hidup di Laut Mati ini. Bagi kaum wanita, bisa menggunakan lumpur Laut Mati sebagai lulus penghalur kulit.

  1. Aqaba

Aqaba merupakan kota di pesisir pantai yang menjadi gerbang utama Yordania menuju lautan. Kita akan banyak menemukan resort di tepi laut hingga pelabuhan nasional. Tempat wisata ini cukup menarik karena memiliki 21 titik penyelaman sehingga Aqaba bisa dibilang surganya pecinta diving. Menikmati jernihnya air laut sambil berjemur dan membenamkan kaki di pasir pantai menjadi kegiatan favorit para wisatawan. Terdapat pula sebuah museum yang bernama Aqaba Heritage Museum yang mana kita bisa mempelajari benda-benda zaman pra-sejarah, sampai menikmati lukisan zaman dahulu yang usianya lebih dari 1 abad.

Baca juga:  Menikmati Kelezatan Ramen Halal di Negeri Sakura
  1. Gua Ashabul Kahfi

Bagi umat muslim, tentu tidak asing lagi dengan kisah ashabul kahfi dan disinilah tempatnya di sebuah gua yang diberi nama Gua Ashabul Kahfi. Ashabul Kahfi mengisahkan tentang 7 orang pemuda dan seekor anjing yang tertidur lebih dari 300 tahun dan mendapat petunjuk untuk beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Lokasi gua ini berada di Perkampungan Al-Rajib atau disebut juga Perkampungan Al Raqim. Terdapat masjid yang berada di depan gua yang diberi nama Masjid Gua Ahlul Kahfi dan Ma’had Da’wah dan Dai telah diresmikan oleh Raja Abdullah II yang merupakan Raja Yordania.

  1. Hercules Temple

Ketika jalan-jalan ke Hercules Temple ini kita akan merasakan suasana seperti layaknya kota Roma. Hal ini dikarenakan kuil ini dibangung ketika masa kekuasaan kaisar Marcus Aurelius yang merupakan kaisar Romawi. Bangunan Hercules Temple ini ditopang oleh pilar-pilar yang tingginya mencapai 33 kaki dan bahkan terlihat lebih besari dibanding kuil-kuil Romawi lain. Selain itu, terdapat pula sebuah istana yang megah dan merupakan tempat kediaman Gubernur Amman pada masa itu.

  1. Wadi Rum

Jika ingin melihat panorama keindahan padang gurun yang eksotis kita bisa mengunjungi Wadi Rum atau yang sering dijuluki sebagai The Valley of The Moon. Untuk menjelajahi padang gurun yang luas ini kita harus menggunakan jip, unta, maupun parasit atau microlight. Bukit-bukit batu yang terdapat di padang gurun ini cukup tinggi hingga mencapai 1.700 meter dan sangat cocok bagi yang hobi panjat tebing. Jangan lupa siapkan sunblock dan baju yang bahannya mudah menyerap keringat ketika musim panas karena bisa dibilang tempat ini memiliki panas yang sangat ekstrim. Sebaliknya ketika musim dingin, jangan lupa memakai pakaian yang tebal karena suhunya menjadi sangat dingin.

Demikian informasi mengenai tempat-tempat wisata terbaik di Yordania. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.