Pesona Wisata Tebing Keraton di Bandung

Keindahan Alam Tebing Keraton

Tebing Keraton merupakan salah satu wisata hits yang lokasinya berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Keistimewaan tempat wisata Tebing Keraton ini adalah kita bisa menikmati keindahan pemandangan yang menakjubkan dari atas tebin berupa hutan yang dipenuhi hijaunya pepohonan. Udara nan sejuk pun sangat terasa apalagi ketika pagi pemandangan begitu indahnya bersamaan dengan kabut yang masih menyelimuti dan beranjak pergi. Tak heran kita bisa menyaksikan pemandangan hijaunya hutan karena Tebing Keraton itu letaknya tepat di atas Taman Hutan Raya Ir.H.Djuanda. Sangat disarankan untuk datang pagi hari ketika matahari belum terbit yaitu sekitar pukul 6 pagi sehingga kita bisa menikmati indahnya matahari terbit di balik bukit sebelah timur sekaligus kabut tebal yang masih menyelimuti kota Bandung. Tentu akan menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Bandung dengan mengunjungi Tebing Keraton salah satunya.

Fakta Mengenai Tebing Keraton

Lokasi wisata Tebing Keraton cukup mudah dijangkau yang bisa ditempuh dari pusat kota Bandung kemudian bertolak ke arah Dago Pakar lalu ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah itu ketika sampai di pintu gerbang Taman Hutan Raya tersebut maka beloklah ke kanan kemudian kita akan menemukan perkampungan dan sebuah warung dengan tulisan ‘Warung Bandrek’. Tak cukup sampai di situ, kita pun harus melewati tanjakan serta jalanan yang berbatu hingga pos paling atas. Untuk mencapai tebing pun tidak cukup jauh dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit.

Layaknya mendaki gunung, mendaki Tebing Keraton juga membutuhkan beberapa persiapan. Jangan lupa untuk lupa untuk membawa jaket agar tidak kedinginan, minuman dan makanan secukupnya, serta yang tidak kalah penting adalah kamera untuk mengabadikan momen selama di sana. Tentu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan bukan apalagi sudah jauh-jauh mencapai tebing ini. Sangat disarankan untuk menggunakan motor jika ingin menuju Tebing Keraton ini karena jalanan masih belum terlalu bagus dan cenderung berbahaya jika menggunakan mobil. Kalaupun bisa menggunakan mobil parkirnya pun pasti lebih jauh lagi. Meskipun medannya cukup sulit, namun semuanya akan terbayar dengan keindahan pemandangan dari atas Tebing Keraton ini.

Baca juga:  Mengunjungi Surga Tersembunyi Pulau Samalona Di Sulawesi Selatan

Tebing Keraton ini memang belum lama keberadaannya sebagai tempat wisata dan baru muncul pada bulan Mei tahun 2014 lalu. Nama Tebing Keraton diberikan oleh Pak Asep selaku penemu sekaligus founder tempat wisata ini. Tebing Keraton sebenarnya memiliki nama asli sunda yaitu ‘Tebing Karaton’yang artinya Kemegahan Alam. Tinggi tebing ini berkisar 1200 meter dari permukaan laut dan sudah dipastikan suasananya akan sangat dingin apalagi ketika pagi dan malam hari.

Tebing Keraton memang sudah menjelma menjadi tempat wisata yang cukup ramai dan diminati wisatawan baik dari dalam dan luar kota atau bahkan luar negeri. Berhati-hatilah ketika berpijak di atas tebing ini karena cukup licin dan berupa pasir kering. Ketika ramai orang berebutan untuk berfoto di ujung tebing agar nampak dengan jelas view background hutan yang begitu hijau jika diambil dengan kamera. Sehingga kita harus berhati-hati jangan sampai salah melangkah dan terpeleset. Jika ingin memasuki kawasan wisata ini cukup dengan membayar Rp 11.000,00 per orang ditambah biaya parkir Rp 5.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 10.000,00 untuk mobil. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi kendaraan terutama rem dan bensinnya, karena jika sudah kehabisan bensin akan sulit untuk isi ulang di daerah Tebing Keraton.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.