Pesona Pantai Panrang Luhu Yang Menghipnotis Setiap Wisatawan

Bukan hal aneh jika banyak wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati wisata bahari yang terhampar luas di seluruh wilayah Indonesia, setiap daerah di Indonesia memiliki keindahan wisata baharinya sendiri yang memiliki ciri khas masing-masing, sehingga banyak wisatawan yang rela menghabiskan biaya dan waktu yang mereka miliki untuk mengunjungi satu-persatu wisata bahari yang ada di Indonesia. Di antara begitu banyak wisata bahari, salah satu wisata pantai yang harus dikunjungi oleh anda sebagai wisatawan baik wisatawan lokal ataupun mancanegara adalah Pantai Panrang Luhu, sebuah pantai yang ada di desa Bira, Kecamatan bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dengan menempuh perjalanan sejauh 40 km dari Kota Bulukumba, anda akan disambut dengan pemandangan yang mampu menghipnotis setiap wisatawan di Objek Wisata Pantai Panrang Luhu.

Destinasi Wisata Bahari Pantai Panrang Luhu memang belum seterkenal objek wisata Pantai Pasir Putih Bira, terapi keelokan alam yang ditawarkan oleh Pantai Panrang Luhu tidak kalah menawan dibandingkan dengan Pantai Pasir Putih yang ada di Bira, sehingga sekarang pemerintah sedang bekerja keras untuk mengelola Pantai Panrang Luhu agar bisa menjadi salah satu Destinasi Wisata Bahari yang dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Berbeda dengan objek wisata Pantai Bira, Objek Wisata Pantai Panrang Luhu terlihat lebih natural dengan pemandangan alam yang alami, anda akan menemui banyak pohon kelapa yang berjajar rapi di sekitar bibir pantai. Keberadaan deretan pohon kelapa itu memberikan kesan teduh pada para wisatawan, sehingga mereka betah untuk berjemur di bibir pantai. Disebutnya pantai ini dengan nama Panrang Luhu sendiri memiliki cerita unik yang harus anda ketahui, kata panrang diartikan oleh masyarakat sekitar sebagai kuburan dan luhu sebutan untuk orang Luwu, sehingga Pantai Panrang Luhu merupakan sebuah pantai yang dimanfaatkan sebagai kuburan untuk orang Luwu, jadi jangan heran ketika anda sampai di Objek Wisata Pantai Panrang Luhu anda akan melihat area pekuburan masyarakat setempat yang digunakan untuk mengubur orang Luwu yang meninggal di daerah tersebut.

Baca juga:  Wisata Pantai Di Medan Tujuan Liburan Berikutnya

Menjadi sebuah Objek Wisata Andalan Sulawesi Selatan sudah menjadi cita-cita dari Objek Wisata Pantai Panrang Luhu, karenanya penduduk yang tinggal di sekitar objek wisata pantai Panrang Luwu berusaha menyediakan fasilitas lengkap mungkin untuk para wisatawan, terutama berupa penginapan, Villa, dan gazebo yang di sewa oleh wisatawan yang ingin menginap di Objek Wisata Pantai Panrang Luhu, harga yang ditawarkan untuk setiap fasilitas pun berbeda mulai dari Rp 25.000 sampai 1 juta rupiah. Objek Wisata Pantai Panrang Luhu yang terletak di bagian timur Tanjung Bira, kampung ini mempunyai sebuah keunikan yang tidak akan anda temui di daerah lain, selain itu kampung ini boleh dikatakan sebagai sentral pembuatan kapal-kapal layar, tentu anda tahu mengenai Kapal Pinisi, sebuah kapal yang begitu terkenal yang berasal dari tanah Sulawesi, nah, di kampung ini masih ada pembuatan kapal kapal layar yang menyerupai kapal tersebut. Berdasarkan cerita yang didapat dari masyarakat sekitar, diketahui bahwa untuk menyelesaikan satu buah kapal pinisi raksasa dibutuhkan waktu hingga satu setengah tahun dengan biaya mencapai miliaran rupiah, banyak unsur mistis yang terkandung dalam proses pembuatan kapal, mulai dari pemotongan bagian paling dasar kapal pinisi hingga proses akhir ketika kapal akan berlayar, seperti harus adanya sesajen berupa makanan manis dan seekor ayam jago putih, masyarakat Kampung Panrang Hulu masih melakukan tradisi itu hingga saat ini untuk menghormati ajaran nenek moyang mereka.

Banyaknya wisata yang dapat anda saksikan ketika mengunjungi Kampung Panrang Luhu ini, menjadikan anda harus meletakkan Objek Wisata Pantai Panrang Luhu di deretan teratas tujuan liburan anda bersama keluarga, jangan sia-siakan kesempatan yang ada, apalagi Objek Wisata Pantai Panrang Luhu belum banyak didatangi oleh wisatawan, karena jika telah banyak didatangi oleh wisatawan, terutama wisatawan asing, anda tidak akan bisa menikmati eksotisme yang ditawarkan oleh Objek Wisata Pantai Panrang Luhu dengan lebih leluasa. Manfaatkan setiap kesempatan yang ada, untuk mendapatkan keindahan yang selama ini anda cari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.