Pesona Alun-Alun Merdeka Malang

Malang adalah Kota sejuta pesona, Wisata di Malang sangatlah beragam, mulai dari Wisata Alam, Religi, Budaya, ataupun Sejarah lengkap ada di Kota Bunga ini. Seperti daerah-daerah di Pulau Jawa pada umumnya, Malang juga memiliki Alun-Alun kota yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat, sekedar untuk melepas penat setelah lelah seharian beraktifitas. Namun, uniknya Kota Malang memiliki 2 alun-alun yang sangat indah, pertama adalah Alun-Alun Merdeka Malang yang berada di Jl Merdeka, di depan Mesjid Agung Jami’ Malang, kedua Alun-Alun Tugu Malang yang terletak tepat di depan Balai Kota Malang yang juga dikenal dengan nama Alun-Alun Bundar.

Tetapi sekarang kita hanya akan membahas secara dalam mengenai Alun-Alun Merdeka Malang, sejarah, lokasi, fasilitas, dan berbagai hal menarik seputar Alun-Alun Merdeka Malang. Taman Kota ini dibangun pertama kali pada tahun 1882 pada zaman kolonial Belanda sebagai tempat bermain bagi keluarga para penjajah. Berbeda dengan mayoritas alun-alun yang berada di Pulau Jawa yang terletak dekat dengan gedung pemerintahan, Alun-Alun Merdeka Malang malah terletak dekat dengan pusat kota dan fasilitas umum lainnya, seperti Pasar dan Masjid. Hal ini terus berlanjut hingga sekarang, namun pada tahun 2015 lokasi Wisata Keluarga di Malang ini mengalami perubahan besar-besaran.

Alun-Alun Merdeka Malang

Sumber: kelkiduldalem.malangkota.go.id

Hal ini mengakibatkan bentuk atau tampilan Alun-Alun Merdeka Malang jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama dari aspek luasnya, penambahan beragam fasilitas menarik, dan keasrian taman yang mendamaikan hati, seperti perluasan area rerumputan, kios pojok yang menawarkan beragam makanan, serta perawatan intensif terhadap Pohon Beringin tua yang telah menjadi ciri Khas Alun-Alun Merdeka Malang. Selain itu, terdapat juga beragam fasilitas kekinian yang sangat menarik, seperti Air Mancur Menari yang berada di tengah Alun-Alun, lokasi bermain skateboard, kandang burung merpati lengkap dengan puluhan burung merpatinya yang jinak dan bisa diajak bermain, kursi taman yang nyaman, lampu taman yang menambah semarak, serta adanya open teater yang akan membuat anda betah berlama-lama berada di kawasan ini.

Baca juga:  Ingin Liburan? Berikut Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Berastagi

Proses revitalisasi Alun-Alun ini menghabiskan dana sebesar 5,9 Milyar dan diresmikan pada tanggal 17 Juni 2015. Wisata di Malang yang satu ini terletak di Kelurahan Kidul Dalem, Klojen. Berada di pusat kota menjadikan Alun-Alun berada di antara 4 ruas jalan utama, yaitu Jl Merdeka Barat, Merdeka Utara, Timur, dan Selatan. Tepat berada di depan Mesjid Agung Jami’ Malang memudahkan para pengunjung untuk beribadah tepat pada waktunya, di bagian Selatan ada Kantor Pusat Kota Malang, di sebelah Utara ada Sarinah, dan pusat perbelanjaan Ramayana di sebelah Timur Laut.

Menemukan Obyek Wisata Keluarga Malang ini tidaklah sulit, karena posisinya yeng berada tepat di pusat Kota Malang, cari atau tanyakan saja Jl Merdeka, anda akan sampai di tujuan, tetapi karena berada di pusat kota dengan arus lalu lintas yang padat, berhati-hatilah saat berkendara, dan untuk anda yang belum mengetahui lokasi ini, lebih baik menggunakan bantuan Google Maps, karena jalanan di area ini cukup membingungkan bagi pendatang.

Saat berkunjung ke Alun-Alun ini anda bisa menikmati beragam fasilitas menarik seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seperti Air Mancur Menari, yaitu sebuah air mancur yang dilengkapi dengan cahaya lampu yang pada malam hari akan memberikan hiburan layaknya pertunjukan orang menari. Kedua, banyaknya burung merpati jinak yang bisa anda ajak untuk berinteraksi bisa anda manfaatkan untuk mengenalkan hewan kepada anak-anak tercinta anda, selain itu nuansa alam yang hijau karena banyaknya rerumputan dan pepohonan rindang, menjadikan tempat ini tepat dijadikan lokasi piknik kecil-kecilan anda bersama keluarga. Jika anda berlibur bersama ank-anak, tersedia juga area Playground yang menyediakan beragam permainan menarik dan ramah terhadap anak, seperti seluncuran, ayunan, dan beragam permainan lain yang akan membuat anak anda betah berlama-lama di sana.

Nyaman sekali bukan? Sebuah alun-alun kota yang memberikan sensasi berbeda karena terletak di pusat kota yang tentu sangat sibuk dengan beragam aktifitas masyarakatnya, namun tetap menawarkan keindahan dan kenyamanan berlibur bersama keluarga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.