Pegunungan Kapur Maros Sebuah Wisata Ajaib Di Indonesia

Pegunungan kapur atau yang dikenal juga dengan Pegunungan Karst adalah salah satu jenis pegunungan yang banyak ditemui di Indonesia, bentuknya seperti gugusan batu besar yang terlihat abstrak, tetapi jika dilihat lebih dekat gugusan batu itu akan menyerupai bekas karang yang ada di lautan, namun anehnya bekas karang itu berdiri tegak di daratan yang jauh dari tepi pantai. Di antara banyaknya Pegunungan Karst yang ada di Indonesia, salah satu pegunungan yang paling banyak dikunjungi serta disebut-sebut sebagai lokasi wisata ajaib di Indonesia adalah Pegunungan Karst Makassar. Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar ini terletak sekitar 40 km dari kota Makassar yang dapat ditempuh dengan melakukan perjalanan selama 1 jam lebih.

Tidak hanya menakjubkan saat dilihat, Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar ini ternyata juga menyimpan sejuta misteri, seperti cerita yang mengatakan bahwa Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar pada masa lalu adalah sebuah lautan dalam, cerita ini pun berusaha dibuktikan oleh para peneliti yang kompeten di bidangnya, hingga akhirnya mayoritas dari peneliti tersebut berkesimpulan kawasan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar dahulunya memang sebuah lautan. Banyak daya tarik yang menjadikan pengunjung berduyun-duyun datang ke Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar ini selain karena eksotisme Pegunungan Karst yang mempesona, yaitu lokasi ini menyimpan banyak jenis burung endemik asli Sulawesi Selatan. Hal ini mengakibatkan banyaknya pecinta burung yang sengaja datang berkunjung untuk menyaksikan betapa indahnya ciptaan tuhan yang terbang kian kemari menghiasi Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar. Di antara jenis burung yang ada di sini adalah burung hantu, rangkong, pelatung, hingga elang yang merupakan endemik asli Sulawesi Selatan, dan ternyata juga ada monyet khas sana yang biasa disebut dengan Makaka.

Deretan Pegunungan Karst Makassar disebut-sebut sebagai deretan pegunungan kapur terbesar kedua di dunia setelah pegunungan kapur yang ada di Cina, sehingga banyak masyarakat yang mendesak pemerintah untuk mengajukan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar sebagai salah satu warisan dunia yang harus dijaga kelestariannya seperti halnya Candi Borobudur dan Pulau Komodo.

Untuk menikmati keindahan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, anda dapat menyusuri beberapa perkampungan yang memang dijadikan sebagai Kampung Wisata. Perkampungan ini dihiasi oleh gugusan unik karst yang akan memanjakan mata setiap pengunjung. Perjalanan ini dapat anda tempuh dengan menyewa perahu bermesin yang akan menyusuri Sungai Pute, untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan perahu ini, anda harus membayar sewa perahu seharga Rp 200.000 untuk 5 orang, sedangkan ketika anda memasuki setiap Kampung Wisata tersebut, para pengelola tidak mematok tarif khusus, jadi pengunjung boleh memberikan berapa pun yang mereka mau. Tetapi, sebagai wisatawan yang berasal dari luar Sulawesi ada beberapa tips yang dapat anda jadikan sebagai pedoman saat berlibur menikmati keindahan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga:  Belajar Sejarah Dan Budaya Kawasan Adat Ammatoa
  1. Berangkat di pagi hari

Jika anda berangkat pada pagi hari, anda akan mendapati pemandangan sunrise yang begitu menakjubkan di antara gugusan pegunungan kapur yang terbentang sepanjang daerah tersebut, Selain itu dengan berangkat di pagi hari akan membuat anda dapat menikmati panorama indah yang ada di Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar dalam waktu yang lebih lama.

  1. Persiapkan uang tunai

Uang tunai diperlukan di daerah ini untuk membayar sewa perahu yang akan anda tumpangi selama berkeliling di Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, karena anda akan sangat sulit menemui ATM di lokasi tersebut, sehingga keberadaan uang tunai mutlak dibutuhkan.

  1. Gunakan sandal gunung sepatu

Menikmati keindahan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar tidak hanya dapat dinikmati dengan menggunakan perahu menyusuri Sungai Pute, tetapi anda juga diperbolehkan melakukan tracking di sekitar pegunungan batu kapur, nah, saat melakukan tracking ini sepatu gunung sangat dibutuhkan untuk menjaga keselamatan anda, karena jalan yang akan anda susuri basah dan licin.

  1. Jangan lupa menggunakan topi dan sunblock

Makassar terkenal dengan cuacanya yang cukup panas sehingga ketika anda berada di daerah tersebut terutama di Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, anda memang sangat membutuhkan topi dan sunblock untuk melindungi diri anda dari sengatan matahari.

  1. Bawa tisu dan handuk kecil

Keberadaan tisu dan handuk kecil memang sangat dibutuhkan ketika anda melakukan tracking atau perjalanan menyusuri Sungai Pute jika ingin menikmati keindahan Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, karena selama perjalanan, tubuh anda akan basah oleh keringat yang bercucuran tiada henti, selain itu keberadaan air minum juga sesuatu yang sangat penting agar anda terhindar dari dehidrasi.

Itulah 5 tips yang bisa kami berikan untuk anda saat berada di Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar, selalu persiapkan semua kebutuhan yang anda butuhkan selama menyusuri Objek Wisata Pegunungan Karst Makassar tersebut, selamat menikmati indahnya ciptaan Tuhan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.