Pantai Terbersih di Indonesia

Pentingnya Menjaga Kebersihan Pantai

Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi wisata pantai yang luar biasa terkenal dengan pantainya yang indah dan termasuk kategori pantai terbaik di dunia. Menikmati semilir angin pantai sambil memandangi hamparan pasir putih dan ombak yang bergulung-gulung bisa menjadi salah satu cara untuk menyegarkan pikiran. Sayangnya, pemandangan yang indah tersebut dirusak oleh sampah-sampah yang dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak peduli dengan lingkungan. Sedang asyik-asyiknya berjalan di atas pasir putih di pinggir pantai tiba-tiba kita menemukan botol minum, botol kaca, sampah plastik yang tentu saja hal tersebut merusak pemandangan sekaligus merusak ekosisem laut yang ada di pantai tersebut. Sebagai wisatawan yang cerdas seharusnya kita lebih peduli akan pentingnya menjaga kebersihan di pantai dan tidak membuang sampah sembarangan di laut.

Pantai Terbersih di Indonesia

Berikut ini beberapa pantai terbersih di Indonesia, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mengunjunginya:

  1. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu yang lokasinya berada di Sumba telah dinobatkan sebagai Pantai Terbersih Terpopuler di tahun 2016 dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia. Pantai ini bisa ditempuh dari kota Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur sepanjang 30 kilometer. Pantai berpasir putih memiliki ombak yang menantang dan terjamin kebersihannya karena dikelola oleh sebuah resort internasional, Resort Nihiwatu. Ombak di pantai inis angat cocok untuk berselancar karena bisa mencapai ketinggian hingga 6 meter. Kegiatan lain seperti snorkeling, memancing, berperahu ke daerah teluk juga bisa kita lakukan di sini.

  1. Pantai Ora, Maluku Tengah

Setelah Pantai Nihiwatu, Pantai Ora dinobatkan sebagai pantai terbersih dan terpopuler kedua di Indonesia. Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku tepatnya berada di ujung barat Teluk Sawai dan di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Pantai ini memiliki pasir putih dan air lautnya sangat jernih dan tenang. Selain itu, Pantai Ora terkenal dengan dengan kekayaan terumbu karang, biota laut, dan aneka spesies ikan. Terdapat fasilitas penginapan yang mengambang di atas pantai jika kita ingin menghabiskan waktu beberapa hari di sini. Selain itu, kita juga bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling, wisata alam, wisata kuliner, berenang, berjemur, hingga menjelajahi gua yang terdapat di pantai.

Baca juga:  Kunjungi Tempat Wisata Baru Di Malang 2018 Terupdate
  1. Pantai Papuma, Jember

Setelah Pantai Ora, pantai berikutnya yang dinobatkan sebagai Pantai Terbersih Terpopuler adalah Pantai Papuma. Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Wuluhan, Jember, Jawa Timur. Pantai ini sangat populer dan rama dikunjungi para wisatawan apalagi ketika libur nasional maupun weekend tiba. Ekosistem pantai di tempat ini masih terjaga keasrian dan kebersihannya. Pemandangan alam yang begitu mempesona apalagi ketika matahari tenggelam menjadi momen indah yang ditunggu para wisatawan.

  1. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng merupakan wisata pantai yang berada di semenanjung barat daya Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan termasuk ke dalam Kabupaten Sukabumi. Pantai ini menjadi salah satu pantai terbersih di Indonesia. Air di pantai ini memiliki ciri khas yang jernih dan menjadi surganya para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Kita pun bisa menikmati berbagai macam keindahan alam seperti Konservasi Air Terjun, Geopark, alam, budaya, dan tentu saja wisata pantai. Meskipun letaknya tersembunyi, pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat penginapan dan restoran, MCK, dan mushola.

  1. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Bagi penggemar karya-karya Andrea Hirata, tentu tidak asing lagi dengan Belitung dengan keindahan alamnya yang mempesona. Pantai Tanjung Tinggi yang diapit oleh dua semenanjung Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam ini berjarak 31 kilometer dari Tanjung Pandan dengan luasnya 80 hektar. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih, air laut yang tenang dan jernih serta yang menjadi ciri khas lainnya adalah batu granit besar di sepanjang pinggir pantai. Ukuran batu granit ini pun beragam dari yang kecil hingga besar dan momen yang paling dinanti adalah ketika matahari mulai tenggelam di Pantai Tanjung Tinggi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.