Pantai Ngebum – Pesona Pesisir Pantai Utara yang Eksotis

Wisata pantai memang selalu menjadi pilihan destinasi banyak kalangan masyarakat. Bukan tanpa alasan, mereka lebih memilih pantai karena suasana di pantai memang cenderung sangat sejuk. Hal tersebut disebabkan karena adanya angin yang berdesir dari laut. Tak hanya itu, alasan utama mereka lebih memilih berwisata ke pantai adalah karena ingin sekalian mandi. Seru-seruan bersama keluarga di pinggir pantai, ditemani ombak yang sesekali menerpa menjadi kegiatan istimewa yang kerap dijadikan quality time oleh sebagian orang.

Pantai Ngebum Kaliwungu

Pantai Ngebum Kaliwungu | Sumber: youtube.com

Salah satu wisata pantai yang wajib anda kunjungi bersama keluarga adalah Pantai Ngebum atau Pantai Ngebom yang berlokasi di pesisir pantai utara. Pantai ini masuk ke wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya Lokasi Pantai Ngebum ini berada di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Batasan Pantai Ngebum langsung dengan laut Jawa pada bagian utara kota Semarang dan Kabupaten Semarang di bagian timur, kabupaten Temanggung bagian selatan, dan Kabupaten Batang di bagian barat. Nama pantai ini diberi nama dengan Ngebum atau Ngebom yang mirip dengan nama pantai di Pekalongan. Sejarahnya tidak begitu jelas, mengapa ini bisa terjadi. Selain pantai ngebum, masyarakat sekitar juga menyebut pantai ini dengan Pantai Mororejo, sebab pantai ini termasuk wilayah sebagai tempat mata pencaharian masyarakat Desa Mororejo.

Lokasi Pantai Ngebum bisa anda jangkau dengan melewati beberapa jalur yang mudah untuk dilewati, baik dengan motor ataupun mobil. Bagi anda para traveler yang mencari Rute Menuju Pantai Ngebum anda bisa memulai perjalanan dari arah Kota Semarang, jalur ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja. Beberapa alternatif jalur yang dapat dilewati ialah dari Tugu menuju ke Mangkang kemudian Kota Kaliwungu, lalu Jalan Laut terus ke Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) di sebelah kiri sebelum jalan naik terdapat belokan ke kiri yang mengarah langsung ke jalan kecil menuju Pantai Ngebum. Anda disarankan untuk berhati-hati, jangan tergesa-gesa berbelok. Ketika anda sudah terlanjur melewati belokan, sekitar 10 meter kemudian ada beberapa belokan ke arah yang lain.

Jalan menuju lokasi pantai lumayan bagus, hanya saja masih ada beberapa titik yang masih menunggu perbaikan. Beberapa menit menyusuri jalan ini anda akan melihat panorama yang indah seperti hutan bakau, tambak, dan pabrik kayu lapis Indonesia serta pabrik rimba partikel Indonesia yang besar di sisi kanan  dan sisi kiri jalan. Setelah anda melewati jalan laut anda akan masuk ke Desa Mororejo, hanya dalam beberapa saat anda akan segera berada di ujung Pantai Ngebum.

Baca juga:  Lubang Kalam Sawahlunto - Wisata Sejarah Yang Wajib Anda Kunjungi

Memasuki pantai ngebum anda hanya cukup membayar Harga Tiket Pantai Ngebum sejumlah Rp.3000,- saja. Sangat murah sekali bukan? Saat anda sudah melewati pembelian tiket, sekitar 100 meter kemudian petualangan anda akan berada persis di ujung pantai Ngebum. Jika anda membawa kendaraan pribadi, anda cukup membayar Rp.2000,- untuk motor. Keindahan alam akan segera anda nikmati saat memasuki pantai ini.

Saat sudah lelah bermain di pantai ini, maka jangan khawatir sobat. Sebab, Pantai Ngebum banyak menyediakan kuliner khas pantai. Ada beberapa penjual jagung bakar di pinggiran pantai dan juga ada beberapa penjual makanan dan minuman lainnya. Banyak aktifitas yang bisa anda lakukan di sini, seperti jalan-jalan menyusuri bibir pantai dari ujung barat hingga timur sambil menikmati hembusan angin pantai. Anda juga bisa mengajak teman-teman anda bermain bola, duduk santai di kursi warna warni sambil menikmati ombak laut Pantai Ngebum ini.

Meskipun pantai ini tidak memiliki pasir pantai yang putih seperti pantai-pantai lain, namun Pantai Ngebum menawarkan keindahan lain berupa pasir pantai yang cenderung  gelap dan kecoklatan. Di beberapa titik pasir pantai ini sudah agak menghitam, sebab banyak pengunjung yang melakukan aktifitas pembakaran di sini. Namun, pantai ini sebenarnya tergolong bersih  walaupun masih ada beberapa sampah plastik yang berserakan.

Puncak keramaian pantai ngebum ialah pada saat Hari Minggu pagi. Pada waktu tersebut pantai ngebum bakal dibanjiri para penjual pakaian dan souvenir pantai serta beberapa pedagang yang menjajakan kuliner khas pribumi. Anda tak perlu cemas dengan Fasilitas Di Pantai Ngebum yang sudah terbilang cukup memadai. Setibanya di pantai anda bisa bertemu dengan penjaga pantai, menyewa pelampung untuk berenang, menyewa perahu karet atau speedboat untuk menyisir pantai, serta tersedianya kursi santai yang bisa anda gunakan untuk duduk menikmati desiran angin laut yang sepoi.

Jadi, bila kamu kangen suasana pantai, berada di sekitar Kaliwungu, atau sedang melewati Pantura menuju Semarang. Mampir saja ke Pantai Ngebum. Banyak cara untuk menikmati Pantai, Saya lebih memilih datang sore, meniti pantai ketika senja tiba. Syahdu.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Ngebum. Jika anda berada di sekitar Kaliwungu atau punya kesempatan berlibur, tidak ada salahnya jika menyempatkan berkunjung kesini. Jika anda memiliki kesempatan, maka tidak ada salahnya jika anda meluangkan sedikit waktu sebelum bermain untuk mengumpulkan sampah-sampah plastik yang berserakan. Selamat berlibur, dan tetap jaga kebersihan serta kelestarian lingkungan dan objek wisata sekitar anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.